Hallo Berita Mancing, Saya Mancing Mania penggemar mancing di laut. Mau tanya soal mancing di rumpon. Bagaimana cara mengetahui keberadaan rumpon, apa bahan pembuatan rumpon dan bahan apa yang membuat rumpon awet. ? makasih dari Bagio Bekasi

20150611_124453

mancing di rumpon

Salam strike buat Pak  Bagio.... Untuk mengetahui lokasi rumpon kita harus menggunakan  GPS, dikala rumpon di tanam sebaiknya anda simpan koordinatnya dalam GPS.  Kalo dulu kala sebelum zaman GPS para nelayan menandai titik tersebut dengan tanda-tanda alam seperti posisi pulau dll namun cara ini tidak akurat.

Untuk bahan dasar untuk membuat rumpon adalah kerangkeng bambu atau kayu galam atau rumpon kapal rusak atau rakit dibenamkan dasar laut.

Pada prinsipnya  rumpon dibuat  dengan dua cara  macam yaitu tipe kerangkeng (segi empat) yang dianyam dari bambu atau pohon galam yang diikat dengan daun kelapa atau daun kedondong. Biasanya jenis ikan untuk rumpon ini adalah  kakap merah, kerapu, como,   dan ikan kuwe.

Tipe kedua adalah rumpon dari kapal rusak, drum atau besi siku. Rumpon ini lebih kuat dan tahan lama, namun tumbuhnya ikan agak lama. Biaya juga mahal.

Comments

comments

Comments are closed.