Munculnya batik Raja Ampat Terinspirasi Keindahan Laut

motif-batik-raja-ampat

Munculnya batik Raja Ampat ini tentu semakin meramaikan ragam motif batik di Indonesia.  Munculnya batik Raja Ampat Terinspirasi Keindahan Laut. Dengan ada motif batik Raja Ampat ini maka tidak hanya berperan sebagai warisan budaya, batik juga berperan sebagai sektor perekonomian bangsa yang dapat meningkatkan pendapatan dan tenaga kerja. Diharapkan, keindahan Indonesia Timur yang diekspresikan melalui kain batik ini bisa diterima oleh masyarakat global.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan batik Solo, Jogja, Pekalongan, Cirebon, atau Banyumas. Sebab, motif-motif batik Jawa tersebut merupakan warisan budaya leluhur yang menyimpan banyak sejarah dan filosofi. Namun seiring dengan berkembangnya kain batik di Indonesia, muncul jenis motif batik baru dari daerah yang bisa dibilang cukup jauh dari Pulau Jawa.

motif-batik-raja-ampat

Jenis motif baru ini adalah batik Raja Ampat. Berbeda dengan motif pada batik Jawa maupun batik Papua yang sudah ada sebelumnya, motif batik Raja Ampat memiliki keunikan tersendiri. Bahkan, sepertinya jenis ini bisa menjadi primadona baru untuk memperkaya warisan kain batik yang ada di Indonesia. Rupanya, keindahan alam di sana menjadi inspirasi untuk membuat batik Raja Ampat.

Yang mempopulerkan batik Raja Ampat adalah pasangan suami istri Chanry Andri Suripati dan Adriana Imelda Daat. Sejak tahun 2011 pasangan suami istri itu  pun berusaha mengembangkan batik Raja Ampat.

Motif yang digambar pada kain pun sangat mencirikan keberagaman biota laut Raja Ampat seperti kerang, ikan, bintang laut, rumput laut, cumi-cumi, hingga kupu-kupu. Motif ini jauh berbeda dengan motif batik Jawa karena bentuknya cenderung abstrak. Namun, batik Raja Ampat juga memiliki sejuta makna di baliknya. ***dari berbagai sumber

Comments

comments

Comments are closed.