Persiapan Piranti Casting

castinglagi

Pancinger, para mancing mania, sahabat mancing ku semua, kali ini saya mau  membahas mancing dengan  teknik casting yang akan kami  ulas secara berkesinambungan, agar menyambung  baca setiap relative post agar bisa menyimpulkan tulisan ini.   Hal-hal yang perlu disiapkan untuk memulai mancing teknik casting antara lain menyiapkan Piranti Casting

JORAN/ROD

Joran yang biasa dipakai untuk mancing casting di sungai-sungai, danau, laut atau kolam biasanya menggunakan joran yang panjangnya 150-210 cm tergantung dari medan yang akan di jadikan tempat memancing, untuk rating line 10-20 lbs sudah lebih dari cukup (kecuali target berukuran besar, 2 kilo up, sangat memungkinkan penggunaan joran dengan rating line 20 lbs keatas), untuk wilayah yg luas seperti muara ataupun pantai (laut), biasanya joran panjang 210-300cm akan lebih efektif, karena pada lokasi2 tersebut memerlukan kemampuan lemparan yg lebih jauh.

Reel

 Untuk penggunaan reeL, pancinger bisa menggunakan reel spinning atau baitcasting, untuk casting di area seperti sungai, empang, tambak, danau dan lain lain. Reel yang dipakai bisasanya menggunakan ukuran 1000-4000 untuk jenis Spinning (makin besar reel, makin besar kapasitas line maka makin berat pula bobot piranti anda), dengan ukuran ini kita memerlukan senar/benang yang panjang dan diameternya sesuai dengan kapasitas line Spool masing masing kelas reel, Menggunakan Reel BaitCasting juga di recomendasikan untuk Tehnik Casting karena memiliki banyak kelebihan di banding dengan menggunakan Reel Spinning (tentu saja selalu ada juga kekurangannya) Reel Jenis Bait Casting biasanya lebih ringan dan memiliki daya lempar yang lebih jauh (long Cast) tanpa harus mengeluarkan power yang besar karena reel baitcasting memang di desain untuk membantu ringankan beban saat melakukan Cast dan Retrieve, dilain itu reel jenis ini mampu mengaplikasikan tehnik melempar yang dapat menembus rerimbunan semak dan medan sulit lainnya(skipping).

IMG_3732

Senar/Benang

 Senar atau benang yang banyak digunakan untuk casting di kolam, sungai, empang, danau dan air tawar lainnya biasanya berukuran diameter 0.23-0.35mm untuk monofilament dan untuk benang braided atau PE bisa menggunakan ukuran 15 - 20 lbs, braided sering menyebut juga dengan benang PE 1, PE 1,5 atau PE 2 (PE 1= 10 lbs, PE 2=20 lbs, dst) dengan kekuatannya masing-masing. pemilihan ini tergantung kemampuan kantong pemancing, tidak ada batasan ideal, monggo terserah, tapi kalau memang ada dana lebih bisa menggunakan benang PE yang tentunya berukuran lebih kecil tapi kekuatannya lebih besar dibanding menggunakan senar monofilament, pada saat melempar umpan juga lebih "smooth". casting pada air asin juga hampir sama, mono oke, PE yes, tinggal disesuaikan dengan luas area, target ikan dan tentunya budget yang tersedia.

Leader

Dalam mancing teknik casting, terlebih bagi yang menggunakan benang PE , Diperlukan pula leader yang dipasang dengan menggunakan simpul atau knot yang beragam diujung benang PE untuk diikatkan di Artificial lure. Fungsi leader ini sebagai pengarah PE saat casting, sebagai peredam kejutan saat anda strike karena benang PE tidak mempunyai sifat elastis maka dipasang leader yang mempunyai fungsi elastis, dan apabila hasil pancingan akan diangkat, pada leaderlah kita pegang untuk mengangkatnya. oleh karena itu leader sangat diperlukan. Untuk panjangnya, tergantung preferensi pemancing itu sendiri. Efisiensi leader dengan warna yang bening juga cukup baik hingga benang tidak terlihat oleh target (kamuflase line).

Umpan

Dalam mancing teknik casting ini umpan yang dipakai adalah umpan palsu (Artificial lure), umpan palsu ini adalah umpan yang dibuat mirip dengan bentuk ikan dan bentuk hewan lain yang biasa dimakan ikan, dengan warna yang bermacam-macam. Jenis umpan palsu ini juga bermacam-macam, ada yang menyebut minow, mini popper, spoon, stickbait, pencil bait, spinner bait, crankbait, froggie dari yang soft sampai yang hard dan lain lain, sesuai bentuk masing-masing. Umpan palsu ini ada yang diperuntukkan di permukaan air (top water lure) atau ada yang di kedalaman air (sinking), untuk umpan di permukaan contohnya mini popper, pencil bait serta frogi yakni umpan tiruan mirip katak. ukuran yang biasa dipergunakan mulai dari 3 cm s.d 7 cm tergantung target si pancinger( Teori : Big lure = Big Fish).***Foto: Marcus W Nugroho. Naskah : Adhi Fatah.

Comments

comments

Comments are closed.