Catatan Kecil IFTE Dari Dunia Hobby sudah Menjadi Sebuah Industri

dscn2132

Dari Dunia Hobby sudah menjadi Sebuah Industri.

Catatan kecil Semar Angler (Om Setyo dan foto Marcus) melihat dan mengamati event pameran mancing 4th IFTE 2016 di mall Gandaria City  pada tanggal 15 - 18 September  2016

Dulu semasa kecil kami mengenal mancing sebuah kegiatan yang simple dan praktis tidak ribet juga tidak neko-neko, hanya bermodalkan walesan/joran bambu, senur, dan mata kail. Harap maklum karena mancing kami waktu itu di tambak bandeng milik seorang teman, yang kami pancingi pun ikan Mujahir. Umpan yang kami gunakan cacing / lengki / cacing laut yang kami cari di bekas sawah terdekat arah menuju tambak, jadi hampir di kata semuanya serba gratis kecuali senur dan mata kail. Kemampuan kami dan teman-teman kecil kami itupun masih pada tahap bisa memancing dengan hasil yang memuaskan, kami belum tahu bagaimana teknik mancing apalagi pelestarian alam dan konservasi alam. Menjadi sebuah pengalaman dan kepuasan tersendiri untuk penghoby mancing jika bisa mendapatkan hasil pancingan yang banyak dan melimpah, pemahaman kami waktu kecil pun hanya berpikir bagaimana bisa mendapatkan hasil yang banyak.

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, perkembangan dunia mancing saat ini berkembang begitu pesat, dari teknik mancing; piranti mancing dan lokasi mancing, muladscn2031i mancing di kolam; di tambak; pinggir laut; laut dangkal sampai dengan laut dalam, semuanya sudah tersedia alat maupun pirantinya. Dari mulai yang bermerk sampai dengan tanpa merk pun ada, para penghobby tinggal menyesuaikan kebutuhan dan kondisi kantongnya.

Tak dipungkiri juga karena perkembangan informasi dan teknologi memberikan dampak yang sangat besar pada perkembangan dunia mancing dari informasi tentang teknik, informasi alat/piranti, informasi konservasi/pelestarian lingkungan, informasi keselamatan mancing dan lain-lainnya.

Dari dunia hobby mancing ini tidak terasa telah menjadikan sebuah mata rantai ekonomis yang saling berkaitan dan saling membutuhkan; dari mulai yang sudah disediakan oleh Sang Pencipta yaitu;
• alam semesta/laut; kolam; tambak;
• lingkungan/masyarakat penghoby/komunitas/group;
• produsen/importir, distributor, toko pancing; pengerajin alat pancing
• nelayan; perahu mancing; umkm
• media massa/media cetak/online/medsos;
• lapangan kerja; jasa; dan seterusnya, banyak bidang yang berkaitan.

Ada industri alat/piranti mancing ( joran/reel/senur/benang pe/mata kail/dll); ada industri kapal/manufacture; ada industri jersey/konveksi; ada industri umpan; ada industri media massa, media cetak, media online; ada industri jasa & pariwisata; ada industri alat keselamatan; posisi ini pun bebas di pilih oleh siapapun, dan memanfaatkan posisi tersebut sesuai dengan kemampuannya masing-masing, dan yang jelas telah memberikan dampak lapangan kerja untuk kita.

Mata rantai ini akan berjalan dengan seimbang apabila kesadaran semua pelaku kegiatan ini tetap berpikir secara jernih akan pentingnya kerja sama dan saling membutuhkan dari mulai konservasi alam / pelestarian alam dan keselamatan diri penghobby agar kegiatan hobby ini bisa tetap di lakukan sampai kapanpun.

dscn2061

ANDA ADA DIMANA dalam kegiatan hobby mancing ? sebuah pertanyaan yang mudah dengan jawaban yang sangat beragam, sesuai posisinya dengan karakter dan kesadaran maupun pemahaman masing-masing individu penghobby mancing, anda bebas menentukan pilihannya; bisa jadi memilih yang hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri; bermanfaat untuk kelompoknya; kami pun yakin pasti masih ada yang memilih bisa bermanfaat untuk orang lain ataupun untuk lingkungan dan dunia mancing kita.

Silahkan kita menentukan posisi kita masing-masing agar kegiatan hobby mancing ini bisa berjalan terus dan bermanfaat sampai anak cucu kita....

Jayalah Mancing Indonesia....

 

Comments

comments

Comments are closed.