Sejarah Mancing

sejarah-mancing

Manusia  sudah memancing sejak 42.000 tahun Lalu. Hal ini ditandai oleh ditemukan artifak 39 ribu tulang ikan dan tiga batang pancing dalam gua batu kapur di Jerimalai, Timor Timur, menunjukkan bahwa manusia telah sangup memancing sejak 42 ribu tahun yang lalu.

 Menurut Sue O’Connor dari Department of Archaeology and Natural History di Australian National University, artifak-artifak tersebut ditemukan pada ketinggian 50 meter di atas permukaan laut. “Ini memberi kita banyak informasi tentang cara hidup di pulau yang sangat kecil tersebut, dalam perjalanan mereka ke Australia,” tambahnya.

Dilansir dalam berita Reuters (16/1/2012), O’Connor dan rekan-rekannya mempublikasikan penemuannya dalam jurnal Science. Mereka menemukan tulang-belulang dan kail di sebuah lubang penguji seluas satu meter persegi, dan berjarak 300 meter dari bibir pantai.

Kail yang ditemukan di gua itu, nampak terbuat dari cangkang Trochus, sejenis siput laut berukuran besar. Sedangkan pelacakan terhadap tulang ikan mengungkap setidaknya terdapat 23 spesies ikan. Jumlah tersebut termasuk dengan tuna, unicorn fish, parrot fish, trevallies, trigger fish, kakap, kaisar dan kerapu.***

 

 

Comments

comments

Comments are closed.