Pengalaman Baru Seorang Garonger

COVER BM

Jon Robi, pemancing asal Lampung ini mencoba tehnik yang baru saja beliau pelajari. Ya, memancing dengan tehnik casting. Sebelumnya, beliau adalah penghobi tehnik tegeg dengan target ikan Baronang. Tapi siapa sangka, kali ini beliau mengajak saya, Adam & Evendi memancing dengan tehnik casting. Mangrove Jack menjadi ikan target Jon Robi. Yupzz... Jon Robi pun sukses mendapatkan ikan targetnya. Beliau sangat menikmati sensasi tarikan Mangrove Jack dan ikan-ikan lain penghuni muara lainnya.

Berawal dari keingintahuan lebih banyak tentang mancing, Jon Robi yang kesehariannya mengaplikasikan tehnik "nyobok" ikan Baronang sekarang beliau mencoba memperdalam tehnik casting.

COVER BM PILIHAN 2

Hari sabtu, 20 september menjadi awal ngeWild Jon Robi di sebuah muara ujung Banten ini. Berbekal dua set alat casting dan se-box umpan buatan dari bebagai jenis & merk Jon Robi mengajak saya dan teman-teman untuk casting dimuara.
Malam itu, kami mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk menuju spot muara. Dari jukung/ katir hingga alat pelindung diri seperti life jacket. Pagi menjelang kami bergegas meminta tekong/ tukang jukung untuk segera berangkat ke spot utama. Ya, pinggiran pulau dengan karang-karang dangkal biasanya banyak dihuni oleh berbagai spesies ikan-ikan karang seperti Giant trevally, Barracuda dan Kerapu. Lemparan demi lemparan pun kami mulai. Jon Robi yang ditemani oleh Adam Boediman, tanpa ragu mengayunkan joran casting ke titik yang dianggap potensial dan diikuti ayunan joran casting Adam. Saya dan Evendi agak jaga jarak casting dengan jukung yang ditumpangi mereka agar ruang lingkup casting kami lebih leluasa dan tidak begitu riuh di satu titik/ spot.

asikkk

mantaaap

mantaaap

Terlihat dari kejauhan Adam Boediman membuka peruntungan pagi itu, seekor kerapu karang berhasil ia taklukkan. Tak mau ketinggalan, Evendi yang satu jukung dengan saya membuka strike juga. Baby Giant Trevally membuat Jon Robi melongo saat ikan tersebut berhasil landed mulus oleh tangan Evendi. Jon Robi pun kelihatan kian giat casting dengan mimik wajah penasaran. Tak sia-sia juga Jon Robi berusaha keras. Umpan tiruannya berhasil menipu predator penghuni karang dangkal, Barracuda. Aksi saling meledek pun tak terelakkan antara Jon Robi dan Evendi. Saya hanya terdiam. Umpan yang saya lemparkan terus menerus belum juga menuai hasil.
Matahari mulai menampakkan sinarnya dan kami sesegera menuju ke salah satu muara.
Adam dan Jon Robi mulai memasuki muara. Saya perintahkan tekong untuk jaga jarak lagi, saat itu pula saya dan Evendi casting di sudut-sudut bibir muara. Tak menunggu lama umpan tiruan saya mendapatkan sambaran. STRIKE...!!! Seekor kerapu berhasil saya angkat ke jukung. Size yang lumayan untuk mengawali petualangan di muara.
Setelah dirasa jarak antara jukung yang saya tumpangi dengan jukung Adam cukup jauh segera saya menyusur masuk kedalam muara.

14141748_10205253011124301_8800134758700494293_n
Terlihat Jon Robi sedang berjibaku fight dengan penghuni muara. Luarbiasa, strike yang lumayan lama dan berhasil dituntaskan Jon Robi. Seekor Mangrove Jack big size yang menjadi targetnya itu berhasil ia dapatkan dengan casting perdanya. Raut gembira tak dapat ia sembunyikan. Belum selesai meledek saya dan Evendi, kami berdua strike bersama (double strike). Kali ini kerapu muara yang kami dapatkan, itu pun dengan size yang masih tergolong kecil. Setelah landed, ikan pun kami release kembali. Tapi bukan size yang jadi persoalan, melainkan bisa double di dalam muara ini sangat jarang terjadi bagi saya dan teman-teman.
Sepertinya keberuntungan sedang berpihak kepada kami berempat. Strike bertubi-tubi dengan berbagai spesies ikan muara begitu memanjakan petualangan kami semua. Kami saling bergantian menaikkan ikan MJ, kerapu, dan baby barracuda didalam muara. Kecuali saya, hehehhee... Satu pun tak mendapatkan strike MJ.

14224941_10205253009124251_4066752678786321708_n
Lelah terbayar dengan kepuasan batin. Jon Robi, lain tehnik lain target. Pada dasarnya segala tehnik itu merupakan wujud dari proses. Ya, proses untuk mendapatkan ikan. Dari sini kita bisa bercermin bawasanya siapa pun bisa mengaplikasikan berbagai macam tehnik mancing asal ada kemauan dan niat/ kesungguhan hati. Dan yang paling penting adalah, selayaknya kita tidak membeda-bedakan antar sesama penghobi demi terwujudnya satu tujuan (mancing), apa pun tehniknya.

Waktu cepat berlalu, strike demi strike kami lewati. Sore pun menjemput tanda kami harus mengakhiri casting hari ini. Dalam perjalanan keluar dari dalam muara sembari casting kami pun masih mendapatkan satu dua sambaran. Tapi sayang, ikan terlalu tangguh untuk ditaklukkan atau kami yang memang kurang beruntung. Ikan selalu bisa meloloskan diri dari mata kail kami yang menancap. Hingga akhirnya Jon Robi kembali membuat gaduh dua jukung yang beriringan. Strike kembali terjadi. Sepertinya ini akhir dari perjuangan kami, ikan Mangrove Jack big size berhasil dituntaskan perlawanannya dan landed sempurna di pangkuan Jon Robi. Mantaaap !

COVER BM
Untuk sore yang indah, bias-bias sang surya mulai tenggelam kami langsung kembali ke basecamp tempat kami istirahat dan berbagi cerita. Untuk alam semesta dan segala isi didalamnya yang mempesona, kami titipkan rindu untuk jumpa esok hari.
Puji syukur kami atas rezeki yang Tuhan limpahkan, untuk MJ dan batang-batang bakau yang kokoh, untuk tegarnya karang yang menawan. Untuk hari yang indah, semoga kami bisa mengulang kembali. Terima kasih. Salam, Wild Fishing.
Penulis: Lilik Gusnanta . Tinggal : Serang –Banten. Club : Banten Wildfishing

14225585_10205253003604113_6280864533080273159_n

Comments

comments

Comments are closed.