Teknik Mancing Dasar: Kakap Pertama Jangan Lepas…!

DSCN3110

Teknik mancing dasar tindakan pertama saat mengajar ikan kakap yang pertama jangan lepas.!

Ikan kakap hidup secara bergerombol dan yang besar menguasai teritorial perairan.  Ikan kakap jumbo selalu menguasai lokasi bagaikan  sang raja atau penguasa di teritorial itu.  Lantaran sebagai “penguasa”  ikan kakap jumbo selalu memakan terlebih dahulu semua makanan yang lewat, sementara ikan-ikan kecil bagaikan “rakyat” yang  memakan sisa-sisa makanan yang terlewatkan oleh sang penguasa itu.

Melihat gelagat ikan kakap jumbo selalu memakan makanan terlebih dahulu, maka diperlukan kehati-hatian saat pertama menurunkan umpan. Bila lokasi mancing sudah tepat maka dalam hitungan detik atau menit saat umpan di turunkan maka umpan anda akan dimakan ikan kakap jumbo yang ukurannya bisa mencapai 4 – 9 kg. lantaran yang memakan umpan yang pertama adalah ikan-ikan kakap jumbo maka anda harus hati-hati dan jangan sampai kenur putus dan ikan lepas.

Mengapa ikan pertama tidak boleh lepas? Saat ikan pertama terpancing rata-rata adalah “penguasa”, jadi tatkala, ikan pertama lepas, maka ikan tersebut akan ngamuk dan mengacaukan “rakyatnya”. Ikan yang lepas akan lari kesana kemari kesakitan sehingga ikan-ikan pengikutnya  ngacir untuk sementara ngumpet sampai kondisi dinilainya aman. Fenomena ngacirnya ikan kakap merah ini yang oleh para pancinger dikatakan dengan istilah “lapor kodim, ikan yang putus lapor kodim”. Ya mereka akan lapor kodim jika dirinya  telah di tipu pancinger dan kakap lain pun menyerukan agar hati-hati di atas ada pancinger sejati hahaha.***mrk/bm

Comments

comments

Comments are closed.