Ikan Seluang Bikin Hati Senang

 

DSCN4940 - Copy

Mencari kesenangan dan suka cita memancing tidaklah harus mendapat ikan super besar saja namun ikan kecil pun bisa membuat hati senang. Itulah yang dilakukan oleh Achmadi, Wahyu, Robby, Adhi Fatah, Marcus, Yahya di hulu sungai Sambas Kalimantan Barat. Mancing ikan seluang bikin hati senang.

Kami berhenti di persimpangan anak Sungai Sambas, lalu perahu kecil yang kami naiki itu kami tambatkan   ke rumah badong di pinggir sungai. Lalu kami mengeluarkan joran tegek dan mulai memancing ikan seluang. Beberapa warga desa bertanya-tanya kepada kami, “sedang mancing apa kalian?” tanya mereka. “mancing ikan seluang” jawab kami sambil tersenyum.

“Ikan Seluang? Ikan kecil itu? “kata mereka sambil tertawa melihat kami semua. Tentunya warga desa  tertawa melihat kami yang memancing seluang lantaran ikan seluang adalah ikan kecil yang bukan menjadi target untuk di pancing.  “kalo mau dapat banyak ikan seluang tinggal tebar jala. Sekali tarik dapat seember. Gak usah ribet di pancing segala,” kata warga itu tertawa melihat kami.

Namun nampaknya kami enggak perlu menjelaskan apa lagi berdebat untuk mendapatkan banyak-banyak ikan seperti warga desa, yang kami butuhkan yaitu strike mentul-mentulnya pancing tegek entul yang dibikin khusus oleh rachmat Wahyu dari Salatiga Jawa tengah.

 

Cacing langsung saya masukan ke kail super kecil. Kemudian kami mulai menempatkan di spot ikan seluang. Di depan dekat rumah badong itu kami melihat ikan seluang “mendidih” bercipak kecipik nimbul ke permukaan air. Pemandangan schooling fish ikan seluang ini sudah tidak kami temukan di kota Jakarta. Bagi warga desa hal ini adalah lumrah dan biasa, namun bagi kami yang sudah puluhan tahun merantau ke kota, menemui pemandan mendidihnya ikan seluang merupakan pemandangan yang luar biasa.

Pelampung terbawa arus sungai lalu undlup-undlup sleep, entul-entul. “Strike bro…!” teriak Achmadi tertwa riang. Wow ikan monster seluang sebesar dua jari gemuk di dapat oleh Achmadi. Selanjutnya Wahyu, robby, Adhi dan sayapun tidak luput dari undlu- undlup sleeeeep strike.

Dalam dua satu jam saja entah berapa puluh ekor ikan yang kami dapatkan. Kami bagaikan anak kecil yang sedang main saja. Kami semua merasakan betapa senangnya mancing ikan seluang.

DSCN4953 - Copy

Ikan seluang atau ikan seluang batu, begitu biasanya ikan ini di panggil oleh orang-orang di sambas atau Kalimantan Barat yang memiliki ukuran tubuh besar dari ukuran sesungguhnya yang kecil. Ukuran seluang di hulu sungai sambas tergolong monster yaitu 2 – 3 jari orang dewasa. Biasanya ikan seluang di hilir besarnya Cuma satu jari saja. Ikan ini bisa juga dikonsumsi karena rasanya yang gurih dan renyah jika digoreng sampai kering.

Klasifikasi dan Morfologi

Ikan ini mampu bertahan hidup sekitar 3-6 tahun dengan ukuran tubuh berkisar antar 5-17 cm. Termasuk dalam keluarga Cyprinidae, ikan ini merupakan bagian dari genus Rasbora. Selain jenis ini, dari genus yang sama di Indonesia juga ditemukan Rasbra bankanensis, yang juga merupakan seluang dari Pulau Bangka.

Ikan ini berbentuk pipih memanjang dengan sisik tipis. Ikan seluang  yang masih kecil memiliki warna putih keperakan dan di dua sisi tubuhnya terdapat garis berwarna kehitaman. di saat mereka telah tumbuh dewasa, warna ini memudar digantikan warna putih kekuning-kuningan. Saat fase perkembangbiakan, ikan ini suka menaruh telurnya menempel pada tumbuhan yang ada di air.

 

Habitat Alami Ikan Seluang

Habitat alami ikan seluang  batu adalah rawa berair atau sungai yang berarus tenang di hutan pedalaman di kawasan Kalimantan dan Sumatera,  Benua Afrika dan Asia Tenggara.
Jika ingin menemukan ikan seluang di tempat hidupnya yang asli, cukup mudah. Ikan ini suka berenang sampai permukaan air khususnya saat permukaan air sungai atau rawa meningkat, dan ketika curah hujan meninggi. Pada waktu seperti ini, mereka berenang ke permukaan untuk mengejar makanan. Saat musim kemarau tiba, atau suhu lingkungan meningkat, ikan ini lebih suka untuk berteduh dan berkumpul di bawah pohon. Suhu lingkungan yang paling baik bagi ikan ini sekitar 22-26 derajad Celcius.  

 

Pakan Ikan Seluang
Sifat ikan ini omnifora atau pemakan segala, sehingga mereka memakan berbagai macam makhluk hidup seperti lumut, zooplankton, crustacea kecil, cacing tanah dan serangga. Bahkan mereka bisa memakan telur mereka sendiri ketika stok makanan di lingkungan menurun.

Kandungan Gizi Ikan Seluang
Dibandingkan ikan lainnya yang mengandung kalsium, seluang batu memiliki kandungan kalsium jauh lebih tinggi. Sehingga, mengkonsumsi ikan ini sangat cocok bagi orang yang mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis jika dikonsumsi secara rutin.***

 

Comments

comments

Comments are closed.