Ekplorasi Laut Lampung Bersama Cirebon Angler

ringgo

Cirebon Angler sebuah komunitas mancing yang berasal dari Cirebon. Zaky Zaman adalah motor dari club mancing Cirebon Angler, iq selalu mengajak anggotanya untuk melakukan trip-trip  mancing baik di kota Cirebon maupun luar kota Cirebon. Kali ini pada tanggal 14 – 17 Januari 2016 Cirebon Angler mengadakan trip menjelajah spot-spot di laut Lampung menggunakan KM Beridikari 9. Dalam trip diikuti sebanyak 12 angler yaitu Zaky Zaman, Imam Sulaiman, Berdikari, Ronny, Arif, Nana Supriatna, Pak Guru, John Ringgo,  Lingga, Aam, Joe Zone, Oyie permana, Orange, Eddy Toelang dan marcus BM. Kekompakan Cirebon Angler kali kami bahas dalam Berita Utama.

 

Semenjak kapal lepas sauh di dermaga Lempasing Lampung pukul 08.00, beberapa angler pun saling berbaku cerita di dek belakang kapal sementara beberapa angler memilih menikmati pemandangan gugusan kepulauan Lampung. Keindahan gugusan kepulauan Lampung dan indahnya perbukitan dataran Sumatera membuat mata kami tiada hentinya mengagumi indahnya alam ini. Perjalanan ke spot diperkirakan sekitar 7 jam  tentunya hal ini kami pergunakan untuk setting alat pancing dan sebagian istirahat. Beberapa angler membuka durian yang dibeli di jalan dan memakan durian bersama di atas kapal.  Usai makan durian Pak Hasyim abk Kapal Berdikari 9 mengeluarkan menu makan siang. Tanpa menunggu waktu lama kami semua menikmati makan siang di atas kapal Km Berdikari 9.

Tim Cirebon Angler didukung produk Shino

Tim Cirebon Angler didukung produk Shino

Habis makan siang kami sepertinya sudah tidak sabar untuk memancing dan kami pun menyiapkan umpan-umpan yang akan kami pergunakan untuk mancing.  Kurang lebih pukul 3 sore kapten memelankan kapal dan membunyikan klakson memberi tanda kepada abk agar segera melepas jangkar. Nah kini saatnya petualangan mancing dan eksplore mancing di laut Lampung kita mulai.

Sebagai titik spot pertama adalah spot Gosong Pasir. Spot gosong pasir adalah sebuah spot yang di bawahnya adalah karang luas sehingga banyak ikan-ikan di sana. Kedalaman spot Gosong Pasir sendiri bervariasi antara 40 – 100 m. Kapten Dartim berkeliling untuk memastikan titik spot yang akan di tuju. Ketepatan labuh jangkar merupakan perihal utama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Bak Mancing di Kolam

Bila para penggemar cast jig dimanjakan dengan ikan-ikan predator macam  ikan kuwe, ikan grenjobfish dan dogtooth tuna, lain halnya dengan penggemar mancing dasar dalam Trip ini.  Di dek kiri duduk ber jejer para angler yang menggemari mancing dasar yaitu Aam, Nana Supriatna, Pak Guru dan Pak haji, sementara di dek kanan duduk Eddy Toelang, dan saya dan dua satu abk.

Pak Zaky Zaman dengan wakung sawo jumbo

Pak Zaky Zaman dengan wakung sawo jumbo

Pelan namun pasti penggemar mancing dasar  kali ini dimanjakan dengan tarikan ikan kakap merah, wakung sawo,amberjack dan kurisi bali. Wow sungguh fantastik dimana kami terus menerus menarik ikan tiada henti. Tanpa terasa hamper setiap orang mendapat banyak sekali ikan.

Suasana mancing dasar kali ini benar-benar bagaikan mancing di kolam yang banyak ikannya. Sekali cemplung umpan langsung disambar ikan dan tidak perlu menunggu lama.  Sungguh benar lagunya koes plus bukan hanya kolam susu, kail dan jala cukup menghidupmu.

Ringgo Strike Mama Doggy

Impian untuk mendapat ikan besar atau yang disebut ikan foto nampaknya mulai terjawab. Tiba-tiba ketika ringgo sedang memainkan jignya, ia merasakan ada yang menarik sangat kuat pancinganya. “Hupp strikeee…!” teriak Ringgo menahan jorannya.

ringgo dapat doggy

ringgo dapat doggy

Ia mulai duel mati-matian dengan ikan di bawah sana. Ikan terus menerus meerjang dan membawa lari jig milik Ringgo. Kami semua merasa tegang melihat hal ini. Ikan apakah yang menyambar hingga kenur terus terulur dari reel.

Pelan namun pasti akhirnya Ringgo mulai menguasai pertempuran. Namun ikan tetap liar dan tidak mau mengalah begitu saja. Tiba-tiba ikan berbalik arah dan lari ke depan kapal, hal ini jelas membuat Ringgo kalang kabut dan mengikuti hingga sampai depan.  Upaya yang luar biasa dari Ringgo ini akhirnya membuahkan hasil. Seekor ikan dog tooth tuna muncul di permukaan. Dan ketika sampai di pinggir kapal salah satu abk berhasil mengganco dan mengangkat ke kapal.

hasil mancing yang luar biasa

hasil mancing yang luar biasa

Sorak sorak seluruh kapal KM Berdikari 9 yang telah berhasil mendapat ikan dogtooth tuna besar dan setelah sampai ditimbang beratnya mencapai 32 kg. Kami semua bersyukur pada Tuhan karena apa yang kami idam-idamkan mengenaik keberhasilan mancing dalam eksplorasi laut Lampung berjalan sukses.Pak Zaky Zaman sebagai motor dalam Cirebon Angler kali berbangga karena trip ke Lampung berjalan dengan sukses.  Kesuksesan trip yang di capai oleh Cirebon Angler bukan hal tak terduga namun telah dipersiapkan sebelumnya. Dimana pemilihan tanggal, pemilihan alat mancing dan kerjasama antara kapten dan angler yang bagus maka keberhasilan itu tinggal meraihnya. Selamat kepada Cirebon Angler makin maju terus.***mrk

 

Comments

comments

Comments are closed.