Mancing Udang Galah Penuh Berkah Di Sambas Kalbar

sampul fishing story option 2 - Copy

Wahyu

Musim hujan yang kerap mengguyur bumi kalimantan barat sepanjang akhir 2015 sampai februari 2016 dengan intensitas tinggi mulai berkurang memasuki maret, banjir besar sepanjang Februari di wilayah sambas kalimantan barat sudah mulai surut, warga bantaran sungai yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi pun mulai kembali kerumah mereka untuk melanjutkan hidup seperti biasa.
Banjir memang musibah yang sulit di hindarkan oleh banyak daerah di indonesia, bahkan kalimantan sekalipun, penggundulan hutan yang luar biasa luas untuk kebutuhan industri perkebunan mungkin menjadi salah satu penyebab banjir yang melanda, Berita mancing bukan ingin membahas cerita tentang banjir, sekedar pembuka dari cerita yang lebih menyenangkan untuk di baca ketimbang membayangkan kesedihan saudara yang tertimpa musibah.

RUBRIK FISHING STORY2_ Pujiastuti panen udang galah baboon1

Pujiastuti panen udang galah baboon

Tahukah anda bahwa setelah musim banjir berlalu di daerah sambas ini, mungkin juga di beberapa daerah lain ada berkah yang datang juga membanjiri bagi warga sekitar, ya berkah akan ikan yang populasinya melimpah ruah dan entah datangnya darimana, di sambas ini setiap musim banjir berlalu maka ribuan orang akan berbondong bondong memancing di sepanjang sungai, berbagai macam jenis ikan begitu mudah di dapat dan jumlahnya begitu banyak sekali.
Kali ini keluarga pemancing asal Ibukota kembali mencoba membuktikan fakta tersebut, tentunya setelah mengunjungi beberapa sahabat di sambas yang terkena musibah banjir, Achmadi bersama Pujiastuti membawa serta kedua Putranya untuk memancing Udang galah dan seluang di sungai sungai pedalaman sana. Ialah Robby putra sulung dan Wahyu putra kedua yang ikut dalam trip tersebut, ingin mengenalkan kedua putranya kepada alam dan ikan ikan yang pernah menghiasi perjalanan hidup Achmadi kecil sampai dewasa saat tumbuh di kalimantan dulu, menjadi alasan ia membawa kedua putra tersayang.

RUBRIK FISHING STORY2_ Robby begitu enjoy mancing udang galah33

Robby begitu enjoy mancing udang galah

Ini adalah moment yang sangat tepat bagi para pancinger udang galah atau si sepit biru yang terkenal enak dan memiliki harga yang lumayan mahal itu, pasca banjir mereka (udang galah) jadi begitu banyak dan rakus memakan umpan yang di gunakan oleh para pancinger. tentunya yang makan umpan bukan hanya udang saja, karena banyak sekali jenis ikan air tawar yang hidup di dasar sungai juga berebut mencari makan, namun pada musim seperti ini di dominasi oleh udang galah apabila kita menerapkan tehnik yang tepat.

 

RUBRIK FISHING STORY2_ Achmadi begitu bahagia mancing udang galah2222

Achmadi begitu bahagia mancing udang galah

Udang galah atau dalam bahasa latin di sebut Macrobrachium rosenbergii adalah jenis udang air tawar yang hidup di sungai sungai berlumpur, dangkal dan air yang belum terkena limbah. Udang galah memiliki nilai gizi yang tinggi untuk menjadi makanan konsumsi sehari hari namun juga memiliki kadar kolesterol seperti pada umumnya udang, namun tetap rasa nikmat udang galah memang tiada duanya sehingga ikan yang masuk kategory Arthropodha ini juga selain menjadi makanan pokok dan sumber gizi hewani juga menjadi penunjang ekonomi masyarakat nelayan sungai karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi, pada saat ini di pasaran nilai udang galah perkilo gram antara Rp. 135.000,- sampai dengan Rp. 175.000,-, betapa harga yang fantastis untuk menu makanan, akan tetapi banyak sekali penikmat kuliner yang berbahan udang galah.

Comments

comments

Comments are closed.