Fun Fishing Full Guyonan Di Tlocor

ikan mini penyelamat keboncosan

Hari ke 3 , sabtu 5 maret 2106 Setelah hadir dan mengikuti event Mimix Cup yang kebetulan juga di selenggarkan di Surabaya. Kita bersama team Mata Pancing kembali mengadakan trip untuk menambah liputan. Kali ini kita putuskan untuk melakukan fun fishing di Tambak Bandeng . Agar terkesan fun dan meriah kita sepakat mengadakan game . Kita sepakat bahwa yang strike pertama dan ikan berhasil landed adalah pemenanganya . Sebagai hukuman semua yang boncos berbaris memberi hormat kepada pemenang sambil menyanyikan lagu yang penuh semangat ...hahaha!
Setalah aba-aba di berikan kita semua langsung melempar umpan dan menunggu sambaran . Menit demi menit berlalu tak seorang pun mendapat sambaran . Wajah tegang nampak berjajar rapi, hahhahaa . Beberapa rekan beberapa kali menggulung senarnya untuk mengontrol apakah ada yang salah dengan umpannya ... wkwkkww.! Tiba-tiba umpan saya di sambar , strikeeeeeeee ... hahhahaa.. Sambil mengejek rekan-rekan yang lain dengan percaya diri saya berhasil landed ikan bandeng. Dan akhirnya saya bisa membalas semua rekan-rekan yang sudah 2 hari mengejek saya. Para boncoser mulai berbaris rapi dan bernyanyi sambil memberi hormat pada saya .. wakakakkakkakakakakakaa Saya bahagia , semua bahagia..

hukuman semua yang boncos berbaris memberi hormat kepada pemenang

Kembali ke belakang. Kamis 3 maret 2106 , pagi pagi sekali saya ( Fery nugroho ), Yohan dan Rachmad Wahjoe dan team Mata Pancing bersama sama meluncur keTlocor Porong kab sidoarjo . Tlocor merupakan tambak budi daya rumput laut yg sangat luas , tapi di karenakan harga rumput laut yang akhir-akhir ini turun drastis akhirnya banyak tambak yang di biarkan terbengkalai dan sebagain lagi di manfaatkan untuk budi daya udang dan ikan bandeng .

Setiba di Tlocor kita telah di tunggu oleh Pak Wayang Uwong dan beberapa rekan yang lain . Perjalanan di mulai dengan menyeberang Kali Porong dengan menggunakan perahu . Beberapa motor pun ikut di seberangkan karena akan kita gunakan untuk berkeliling di tambak .

menjelajah spot dengan motor

Setiba di seberang kita ramai-ramai menuju ke pengelola tambak untuk minta ijin mancing dan ambil liputan. Spot 1 , Air begitu jernih. Sebuah pertanda yang kurang baik menurut saya dan beberapa rekan. Karena target kita sang barramundi sangat sensitif dengan kondisi air dan pasang surut. Tapi tanpa ba bi bu kita langsung set alat dan mulai casting . Berbagai lure kita coba , tapi nihil .
Justru mbak Winiie sang host dan mas Ayong kameramen sibuk di pintu air untuk ambil gambar dengan kamera go pro. Ternyata ada sekeluarga barra sedang asyik berkumpul di tepi tambak di dekat pintu air. Tentu saja hal ini membuat kita semua makin gemes . Hanya penampakan tapi nggak ada sambaran hahhahahaha.
Tanpa menunggu lama kita coba pindah ke spot tambak yang lain. Perjalanan pindah spot tak kalah menarik karena kita harus melewati jalan yang sempit di antara tambak . Dan cukup licin karena semalam habis di guyur hujan. Walau harus ngepot kita tetap semangat . Spot 2, Masih kosong, walau tanpa henti kita bombardir dengan berbagai macam minow dan popper . Tepat jam 12 siang kita putuskan untuk menuju ke sebuah gubug untuk makan siang dan beristirahat. Karena cuaca di Tlocor bukan main panasnya. Sambil menunggu kiriman makan siang beberapa rekan ada yang asyik beristirahat . Ada pula yang iseng-iseng mancing menggunakan tegeg dengan umpan cacing . Tanpa di sangka sangka seorang rekan strike ikan bloso di area pintu air . Di sebuah kotak 1 × 2 mtr .. hahaha.

menunggu dengan sabar

spot kotak di pintu air sebagai alternatif strike

Langsung semua ikutan set alat . Dengan piranti kelas dunia semua umpan casting langsung di rubah dengan rangkaian dasaran dan umpan cacing .. hahhahaa .. strike bertubi tubi. Saya tak ketinggalan mendapat giliran strike ikan bloso , demikian juga mbak Winnie yg mendapat strike ikan juventus ( istilah rekan-rekan Surabaya) .. hahhaa Setelah puas dan Karena hari sudah menjelang sore da kita belum mendapat hasil ikan target maka kita putuskan untuk pindah spot ke lokasi di luar area tambak . Dengan kembali menyebrang perahu kita coba menuju ke spot bekas galian pasir yang konon juga di huni oleh mama barra .
Setiba di spot masing-masing langsung mencari posisi . Tak lama strike di awali seorang rekan dari Surabaya. Seekor ikan baby plaosan tergoda menyambar mini popper rekan tersebut . Dari sisi yang lain Yohan juga mendapat strike masih plaosan mini .. hihihi. Saya terus berusaha dan akhirnya, . strike ..! uppss tanpa menunggu lama ternyata plaosan mini dapat terlepas dari mini popper saya. Tentunya ejekan bertubi-tubi langsung mengarah pada saya. Terlebih tak lama berselang mbak Winnie juga mendapat strike plaosan mini juga, makin habis lah saya .. huhuhu. Di sisi yang lain mas Muhdi sang produser juga beberapa kali strike plaosan mini. Stike demi strike teman-teman dapatkan . Saya hanya bisa tersenyum kecut setelah beberapa kali mocel .. hiks hingga waktu habis saya , Rachmad wahjoe dan kuncen Tlocor, Pak Wayang Uwong yg masih bertahan dgn status boncos .. hahaha.

Mbak Winnie host Mata Pancing ikut senang dengan ikan kecil

Karena hari menjelang magrib maka kita putuskan untuk menyudahi trip hari ini. Jumat tanggal 4 maret 2016 . Karena kelelahan di hari pertama kita kesiangan tiba di spot ..hahahaa. Untuk hari ke 2 sang kuncen Pak Wayang Uwong telah menyiapkan spot andalannya Pulau Dem ( spot tambak rumput laut yang berada di sebuah pulau yang berada di tengah aliran sungai porong).

Perjalan hari ini di awali dgn kembali mencoba peruntungan di spot galian pasir kemarin . Dengan semangat kita semua mulai casting . Tapi pagi ini ternyata tak semanis sore kemarin , beberapa rekan mocel . Dan kisah seru di lanjutkan dengan adegan penyelamatan minow yang nyangkut di batang dahan di tengah spot . Yohan sang eksekutor langsung nyebur untuk menyelamatkan minow kesayangangnya ( pelit ya iya ) hahhaah .. Setelah minow berhasil di selamatkan kita langsung bergegas menuju ke pangkalan penyeberangan perahu menuju ke Pulau dem .

Terik matahari begitu menyengat setiba di spot kita langsung menuju ke sebuah gubug untuk makan siang sambil menyusun strategi dan menggali informasi ke mana sebaiknya tambak yang akan kita sambangi . Spot 1 . Sebuah tambak yg sangat luas , setelah menyebar mencari posisi kita langsung bombardir spot tsb dgn minnow-minnow andalan. Pak wayang uwong yg masih boncos dan panik karena terus di buli menghilang entah ke mana .. hahhahaa Mas wahjoe yg terus ngomel kepanasan memilih spot warung untuk ngopi.

Saya dan beberapa rekan terus mencoba peruntungan. Strike di awali seorang rekan sby ( nama nanya pak wayang uwong dulu ) Kembali baby plaosan landed . Lemparan demi lemparan tak membuahkan hasil . Hingga Yohan yang berada nun jauh di sana melaporkan telah landed baby barra ( modus ) hahhahaa .

kameramen mata pancing ikutan mancing

Dengan menunjukan bukti foto dia berekpresi njelei dengan baby barra. Spot 2 . Tambak bandeng , ikan bandeng dengan size jumbo berseliweran menggoda, tapi info bahwa di kolam tersebut terdapat mama barra memberi kita semangat untuk terus mencoba . Dengan sisa tenaga kita terus mencoba tapi hasilnya tetap nihil . Hingga suatu ketika mas Wahjoe menyatakan menyerah di dpn kamera .. hahhahahaa Lalu beliau menghampiri saya , dan ngedumel bahwa spot Tlocor memang istimewa panasnya. Sambil menunggu saya dan beberapa rekan yang masih mancing mas wahjoe mencoba lempar kembali , dan kali ini hanya ingin mencoba akurasi lemparan minow di bawah pohon-pohon tembakau , dengan cepat minow di gulung dan di lempar . Tiba-tiba tanpa di sangka-sangka, kembali seekor plaosan menyambar minownya. Jeduaaaar .. tepat di samping saya ...!

spot yang aduhai indahnya

spot Tlocor yang aduhai indahnya

Tak ayal ritual buli2an langsung di tujukan ke saya. Di tambah mbak Winnie yang asyik menggulung minow dan sudah berada tepat di bawah kaki dan hendak di angkat tiba2 di sambar baby plaosan hingga melompat . Makin habis lah saya di buli ...hahhaha Akhirnya trip hari ini kita akhiri dengan sesi foto-foto.***FERY NUGROHO