Kopdar Maguro Pasiran Jogyakarta

Foto 1a

Jogyakarta memiliki kondisidari geografis pantai selatan yang unik. Pasir gumuk membentang berkilo-kilo meter dari daerah timur Parangtritis hingga sampai kebarat sampai perbatasan dengan Jawa Tengah. Kondisi pantai berpasir inilah menjadi lokasi mancing orang Jogya. Banyaknya pemancing yang mancing dipantai inilah mereka menyebut dengan nama mancing pasiran.
Mancing pasiran istilah kerennya surf casting yaitu teknik mancing ini dilakukan dari pantai dengan menggunakan joran yang panjangnya kira-kira 4m dan biasanya terdiri dari 3 pieces (potong) yang harus disambung jadi satu. Jorannya hampir seperti joran spinning atau popping biasa hanya jauh lebih panjang. Pemancing juga harus menggunakan reel yang berukuran cukup besar (biasanya model spinning kelas 4000 keatas).
Sebuah kebanggaan tersendiri pemancing jogyakarta mengadakan KOPDAR MAGURO PASIRAN JOGJAKARTA pada tanggal 21 Februari-2016 Pantai Pandan Sari . Kopdar yang mengambil tema “Saduluran Salawase Dab” yang diutamakan dalam kopdar ini adalah persaudaraan. Kopdar ini mendapat support dari berbagai komunitas di tanah.
Malam hari menjelang acara kopdar para pemancing berkumpul mengadakan doa bersama meminta keselamatan kepada Tuhan untuk lancarnya acara.
Pagi hari sebelum kopdar panitia membacakan aturan dan criteria kopdar.

Comments

comments

Comments are closed.