Membuat Umpan Mancing Konahead dari Potongan Besi

BUDI PEMBUAT KONAHEAD PELURU
Salah satu ciri mancing mania (pancinger/ pemancing)  kreatif adalah mania mancing  yang bisa mengubah barang yang tidak berguna menjadi bermakna. Adalah Budi Saputra mancing mania  asal Bandung yang sering melihat besi potongan kecil ditempat bengkel bubutnya, ia pun mulai memungut potongan besi dan membuat besi yang tak berguna itu diubahnya menjadi sesuatu yang berharga yaitu menjadi sebuah konahead.
“Pertama saya ambil potongan besi itu, lalu saya berpikir untuk menyulapnya menjadi kohahead,” cerita Budi Saputra Kepada Berita Mancing. Ia pun mulai memunguti besi dan menyortirnya besar kecilnya. Ia mengambil besi bulat dengan yang seukuran ibu jari orang dewasa.
Setelah besi-besi dikumpulkan ia menyeragamkan panjang potongan besi yaitu 5 cm. Setelah semua besi terkumpul , lalu Budi saputra mengambil bor besi untuk melubangi potongan besi itu. Satu persatu ia mengebor semua potongan besi yang telah disortirnya.

 

Sortiran besi itu kemudian dibentuk sesuai aksinya. Ada yang seperti peluru dan ada yang mukanya rata seperti layaknya popper. Untuk yang model lancip, Budi masih mengerjakan penggerendaan ujung besi agar menjadi lancip seperti peluru. Dengan ketekunan dan ketelatenan ia membentuk potongan besi menyerupai peluru.

 

 

Soal pemilihan muka konahead seperti peluru bukan tanpa pertimbangan. “Besi timah memiliki berat, jadi bila di air selalu tenggelam, maka salah satu cara mengubahnya menjadi umpan adalah membentuk mukanya. Ada yang lancip dan ada yang rata kayak popper chugger. Untuk muka rata dirancang beraksi untuk top water. Yang mukanya lancip maka aksinya meluncur seperti peluru,” jelas Budi.

KONAHEAD PELURU
Setelah semua konaheda di bentuk mukanya maka ia mengambil hologram yang mengkilat dan membalut membentuk mata serta bandanya. Untuk rumbai-rumbai (skirts), bisa didapatkan di toko pancing. Ia memadukan skirt yang berwarna warni lalu mengikat secara rapi di belakang umpan besi. Untuk lider ke rangkaian pancing, Budi lebih senang menggunakan wire dengan alasan target konahead itu adalah predator perenang cepat yang rata-rata memiliki kekuatan menyambar umpan. Dengan wire maka kenur tidak mudah putus. Nah sekarang umpan sudah menjadi umpan konahead yang aduhai cantiknya.

 
Dalam aplikasi untuk trolling, kecepatan umpan ini berkisar antara 8 – 12 knots. Target ikan yang memakan umpan ini adalah marlin, sailfish, tenggiri, alu-lau dan wahu. Dalam uji coba di daerah Binuangeun umpannya ini berhasil disambar seekor tenggiri besar.***mrk

Comments

comments

Comments are closed.