Rilis Ikan hiu Shark Thresher

DSCN5382

Setelah bertarung dalam 1 jam lebih akhirnya ikan hiu shark Threser  yang beratnya lebih 100 kg kami rilis. Sebelum rilis kami sempat foto2 dan bergaya.
Dalam catatan rekor dunia yang dibukukan International Games Fishes Assosiation (IGFA), tercatat penakluk ikan hiu shark thresher adalah D.L Hannah yang berhasil memamancing ikan hiu seberat 348 kg (767 lb 3 oz) di Bay of Islands , New Zealand pada tanggal 26 Pebruari 1983.
Ikan hiu Shark Thresher memiliki nama latinBonnaterre, 1788); / Alopias pelagicus Nakamura, 1935; / Alopias superciliosus (Lowe, 1840); / Alopias profundus Nakamura, 1935; Masuk dalam keluarga Alopiidae. Ikan ini memiliki banyak nama yaitu longtail thresher, pelagic thresher, Atlantic bigeye thresher, Pacific bigeye thresher, fox shark, sea fox, swiveltail, swingletail, thrasher shark. Sayangnya dalam kosakata nelayan Indonesia tidak ada sebutan khusus untuk hiu ini.

 

Untuk jenis pelagic thresher shark, A. pelagicus, and the Pacific bigeye thresher, A. profundus, banyak hidup disekitar sebelah barat laut di Samudera Pacific. Sedangkan untuk hiu jenis Atlantic bigeye thresher, A. superciliosus, occurs in the Atlantic. The longtail thresher, A. vulpinusyang sering, hidup pada perairan yang hangat hingga temperature yang dingin. Namun mereka semua merupakan bagian dari ikan pelagis (permukaan) yang sering hidup di sekitar karang maupun perbatasan antara bagian samudera yang dalam dan cetek. Untuk jenis hiu longtail and pelagic threshers biasanya hidup dekat permukaan dan untuk jenis bigeye threshers hidup di sekitar air yang dalam. Keunggulan ikan ini adalah memiliki mata besar yang sanggup melihat semua aktifitas di kedalaman.

DSCN5392

ikan hiu menjelang di rilis

Ikan hiu ini mudah dikenali karena memilik buntut yang panjang dengan body buntek. Bigeye Thresher Shark’, adalah jenis keturunan hiu besar yang dapat hidup sepanjang 18 kaki. Ini yang menyebabkan hiu Thresher menduduki posisi ke 8 hiu terbesar dunia. Hiu ini biasanya hidup di perairan laut khatulistiwa dunia. Hiu Thresher seringkali terlihat ‘ramping’ tetapi jangan tertipu oleh muslihat nya, karena hiu ini dapat mencapai berat hingga 1100 lbs (498.95 kg).
Hiu Threshers merupakan sspesies yang hidup secara solitary (menyendiri) untuk memburu makanan berupak kumpulan ikan kecil berkuran sedang yang hidup berkelompok (schooling fish). Ikan ini sering memangsa ikan tenggiri (mackerel), menhaden, cendro (garfish), needlefish and bluefish.

DSCN5398

ikan dilepaskan ke laut

Cirikhas hiu thresher dalam memburu mangsanya yaitu akan menamparkan ekor yang panjang itu pada kawanan ikan bergerombol, setelah ikan pingsan karena tertamparan ekor hiu maka, ikan tersebut akan menjadi santapan yang sedap oleh hiu ini.
Lantaran karakternya adalah menampar ikan terlebih dahulu sebelum menelannya, tidaklah heran bila umpan yang dipakai pancinger untuk memancing sering kali kail tertancap di ekornya. Ikan ini merupakan petarung yang aktif, pantang menyerah saat terpancing. Para pancinger memancing ikan ini umumnya dengan tehnik trolling layaknya memburu marlin, tehnik drifting (menghanyut), namun kadangkala tehnik mancing dasarpun juga bisa terjadi mendapat ikan ini. Namun demikian mancing dasaran biasanya tidaklah khusus mancing hiu ini namun dengan ikan yang lain. Tentang umpan yang biasa digunakan adalah umpan alami (baits) atau lures yang digunakan untuk memburu ikan marlin dan tuna pada umumnya. ***mrk

Comments

comments

Comments are closed.