Umpan Ikan Mas Jangka Panjang

telaga cibubur

Kali ini kami bertemu dengan pancinger yang dipanggil dengan nama Kakang. Om Kakang ternyata sering memborong juara di kolam2 pancing ikan mas. Om Kakang juga merupakan admin forum terbesar di Indonesia, Fishy forum.  Berikut ini dia menguak soal umpan.

Pada kali ini kita lanjutkan pembinaan umpan jangkan panjang. Pembinaan jangka panjang ditujukan untuk meraih target juara total dan juara induk dalam waktu yang lama. Waktu yang dibutuhkan sampai umpan kita jadi, bisa sangat panjang, mungkin seminggu, dua minggu atau sebulan bahkan mungkin lebih tergantung dari seberapa luasnya empang.

 

Pembinaan ini kalau sudah matang bisa menjadikan kita berkali kali juara, karena selama pemancing lain belum dapat menyaingi atau membajak komposisi umpan kita, selama itu pula kita berpeluang selalu unggul.

 

Tetapi tetap harus diingat umpan yang sudah jadi, tidak akan selamanya unggul, tetap harus dipersiapkan umpan binaan yang baru pada saat “umpan jadi” sudah mulai memudar akibat dari tingkat kewaspadaan ikan yang semakin tinggi terhadap umpan kita.

 

Pada prinsipnya pembinaan jangka panjang hampir sama dengan pembinaan jangka pendek, yaitu pembinaan melalui beberapa tahap, hanya saja pembinaan jangka panjang menggunakan umpan yang benar benar berbeda dengan umpan yang sedang tren.

 

Umpamanya umpan yang sedang tren beraroma wangi buah (nangka, strawberry, jambu biji, durian) maka umpan binaan menggunakan wangi kue (pandan, vanila, coklat dll) bisa juga ditambahkan dengan aroma amis dari choya, sari laut dll.

 

Yang harus diperhatikan disini, mutlak kita harus mengingat komposisi umpan binaan, karena setiap kali mancing komposisi ramuan harus tetap sama.

 

Sebagai permulaan umpan buatan selama sehari dua hari cukup ditempelkan di umpan bom, sedangkan umpan di kail tetap menggunakan umpan yang sedang tren, kemudian berlanjut dengan menempelkan umpan binaan di salah satu mata kail, setelah intensitas sambaran pada umpan binaan semakin sering baru umpan binaan digunakan sebagai umpan utama.

 

Pembinaan jangka panjang sangat membutuhkan kesabaran , tapi pada saat telah jadi, maka umpan kita akan menghasilkan sambaran baik ikan rame maupun ikan super. Semoga ada manfaatnya untuk rekan rekan.***Kakang – fishyforum

Comments

comments

Comments are closed.