Pola Migrasi Ikan-ikan Sungai

rilis
Pancinger sejati keberadaan ikan perlu kita amati dan pelajari agar mengerti dan menjaga keberadaaannya. Nah berikut ini seorang pancinger dari Bandung yaitu Chandra dari Bandung Angler Team menuliskan untuk anda.

 
Beberapa kondisi yang ditenggarai menjadi pemicu (trigger) migrasi ikan beberapa jenis ikan penghuni sungai.

 
Naik/turunnya debit air, yang mana berkaitan dengan musim penghujan.
kejernihan air, kondisi air dari semula jernih menjadi lebih keruh (vice versa) juga dapat menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya migrasi.

 
Siklus phase bulan (moon phase), sampai saat ini saya belum menemukan keterangan yang jelas dan spesifik mengenai kaitan siklus bulan dengan migrasi ikan sungai.
Pada umumnya ikan bermigrasi ke hulu sungai dan atau ke anak-anak sungai pada awal musim hujan untuk berkawin. Dan pada musim kemarau ketika debit air menurun, mereka kembali ke sungai utama mendiami lubuk-lubuk dalam yang bisa mereka temukan.

 
Namun dari bincang-bincang dengan banyak teman pancinger, paray dan beunteur justru berkawin pada musim kemarau ketika debit air mencapai level terendah. Hal ini terlihat dari tangkapan ikan pada saat itu banyak yang berisi telur dalam perutnya, juga didapati terlihat banyak anak-anak ikan yang baru menetas.

IMG_5004

Tentunya faktor kegiatan masyarakat di lingkungan sungai mau tidak mau dapat mempengaruhi pola migrasi alamiah sang ikan, seperti adanya kegiatan penggalian pasir/batu di sungai yang menyebabkan perubahan kejernihan air sungai.
Demikian pula dengan adanya dam /bendungan/ irigasi membuat level air dam debit air tidak lagi mengikuti pola alaminya. Sampai tulisan ini dibuat saya belum menemukan hasil penelitian pola migrasi yang spesifik untuk jenis ikan yang spesifik pula, kebanyakan penelitian pola migrasi secara umum dan jenis ikan sungai secara general. *** Candra Sonjaya BAT Bandung Angler Team.

Comments

comments

Comments are closed.