Mancing Troling Menaklukan Si Ganas Marlin

cover 67Marlin terkenal memiliki tenaga yang luar biasa. Ketika ikan menyambar umpan biasanya diikuti dengan loncatan-loncatan akrobatik untuk melepaskan diri dari kail. Ganas dan liarnya ikan marlin ini membuat mania semakin tergila-gila untuk menaklukkannya. Soal teknik mancing ikan marlin ada banyak macam, di sini kami hanya membahas garis besarnya secara bersambung.
Untuk memburu marlin langkah pertama yang diperlukan adalah persiapan alat. Jika Anda ingin memburu ikan marlin, persiapan semua alat pancing secara perfet wajib hukumnya. Periksa semua alat mulai ril, kail di umpan, kili-kili dan alat-alat pancing lainya. Jika ada klaim kawat yang berkarat segeralah ganti. Ada sebuah pengalaman pahit yang dialami saah satu tim yang ikut Piala Presiden RI di Palabuhanratu bahwa ikan marlin besar lepas di depan mata hanya gara-gara klaim pada konahead karatan sehingga lider putus pada umpan. Jadi mengecek semua alat pancing untuk memburu marlin sangat perlu, jika anda tidak ingin menyesal kemudian hari.

 

Setelah semua alat diteliti lalukan test drag pada masing-masing ril. Caranya tarik kenur secara berulang untuk memanaskan ril. Setelah dipanaskan, kaitkan kenur kepada timbangan drag (catilon) lalu sentak secara kuat. Biasanya para mania/ pancinger  professional menyeting drag yaitu 30 persen kekuatan kenur utama. Mengapa setting drag perlu? Ya, hal ini untuk memberikan toleransi sergapan ikan (strike) agar kenur yang terhubung dengan ril bisa memberikan batas toleransi pada saat terjadi ketegangan, sehingga kenur tidak putus.

 

Setelah semua alat sudah disiapkan maka mania harus menjalin kerjasama yang bagus antara kapten kapal dan kru mancing. Sang kapten juga harus menguasai bagaimana mancing marlin secara baik untuk itu kapten sudahlah selayaknya menguasai musim, lokasi dan kapal itu sendiri. Sedangkan untuk kru kapal memiliki tugas yang banyak yaitu mulai mempersiapkan peralatan mancing, umpan, meneliti mesin kapal sampai melayani mania mancing. Masing-masing tugas harus dipahami benar, jangan sampai karena anda menyewa kapal lalu berlaku sok tahu hingga mengatur dan mengambil alih tugas kapten dan kru.

troling strike marlin

Tahapan berikutnya adakan kerjasama antar anggota tim. Mancing marlin itu adalah mancing per tim bukan peraorangan. Anggota tim yaitu meliputi mania mancing (anglers), kapten, kru kapal dan pemandu mancing (skipper). Seorang kapten harus tahu membawa kapal ke tempat yang menjadi lokasi marlin, seperti lokasi laut dalam lebih 70 m dengan struktur topologi dasar laut terjadi drof off atau sea mount (gunung bawah laut). Ciri-ciri lokasi lain adanya tanda-tanda alam seperti banyak burung yang menyambar ikan.
Sedangkan untuk kru memiliki tugas mulai sebelum berangkat menyiapkan keperluan untuk trip mancing meliputi umpan untuk mancing hingga logistik makanan. Kru mancing harus juga memastikan mesin dalam kondisi prima dan memberi laoran teknis kepada kapten. Setelah kapal berangkat, kru harus siaga di dek baik dalam kondisi panas dan hujan. Ia harus mengawasi umpan yang dipasang dan memastikan kondisi selalu baik Seorang kru juga betugas memeberikan makan dan minum kepada kapten dan mania mania mancing.

 
Seorang mania mancing harus selalu siap dalam segala hal. Pakailah selalu sabuk ajar di kala menunggu sambaran. Saat ikan menyambar, umpan mania haruslah selalu siap mengangkat joran dan tarung dengan ikan.

 

 

Setelah semua memahami tugas masing-masing, seorang kru kapal akan memasang umpannya untuk trolling marlin. Umpan yang biasanya digunakn mania mancing dalam memburu ikan marlin biasanya terbagi menjadi dua bagian yaitu umpan alami dan umpan buatan. Umpan alami yaitu berupa ikan yang menjadi makanan sehari-hari ikan marlin seperti lemadang, tenggiri, cumi-cumi, tongkol, julung-julung dan banyak lagi lainnya. Umpan alami biasanya disajikan kepada marlin baik secara hidup maupun dalam kondisi mati.

 

Jika dalam kondisi mati mania harus menjahitnya (rigging bait) untuk digunakan di permukaan (skiping) maupun di bawah air (swimming). Penggunaan umpan alami tentu saja berkaitan dengan speed trolling. Biasanya jika umpan hidup (live bait) kapten menjalankan kapal sangatlah pelan berkisar antara 2 – 3 knot. Umpan alami yang dijahit speednya bisa lebih cepat dibanding dengan umpan hidup.

 

Untuk umpan buatan yang menyerupai cumi-cumi. Banyak merek umpan yang menyerupai cumi di tanah air seperti konahead, marlin majig, pakula dan sebagainya. Dalam aplikasi umpan, mania professional tidak memdaukan antara umpan alami dengan umpan buatan karena masing-masing terkait speed trolling. Kecepatan trolling untuk umpan buatan berkisar antara 6 knot sampai 12 knot.

Setelah beberapa tehnik dasar anda kuasa mengenai persiapan dan pemiliha umpan yang terkait dengan speed trolling, teknik selanjutnya akan kami bahas dalam edisi depan, jadi simak terus Mancing Mania. (bersambung)*** marcus/mrk

 

Comments

comments

Comments are closed.