Kerandang aka Toman Bunga Jadi Idola

TOMA BUNGA
Lantaran motif sekujur tubuhnya seperti dan bunga, maka banyak orang menyebut toman bunga, Kata Eddy Fishing kepada Berita Mancing saat menunjukkan ikan kerandang hasil mancing. Pak Eddy Fishing pemancing dari Ketapang Kalimantan Barat selalu bangga dengan terhadap ikan toman bunga ini.

EDDY FISHING TOMAN BUNGA

ikan toman menjadi dambaan pemancing

“Meski ikan ini hanya kecil dan maksimal paling 3 kg, tidak seperti toman yang bisa mencapai puluhan kg, namun ikan ini banyak di senangi pemancing Malaysia dan Asia, namun kalo di daerah asalnya tak banyak yang tahu bahwa ikan toman bunga banyak di incar para pemancing. Ikan toman bunga menjadi salah satu idola. Saya sering mengantar mereka yang ingin mendapatkan toman bunga,” cerita Eddy Fishing kepada Berita Mancing.
Kerandang atau serandang (Channa pleurophthalma) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Channidae (kerabat gabus). Ikan buas ini menyebar terbatas di Kalimantan dan Sumatera. Ada pula yang menyebutnya toman bunga atau selendang mayang. Dalam Bahasa Inggris disebut Ocellated Snakehead, merujuk pada pola bulatan-bulatan serupa mata di sisi badannya.

TOMAN BUNGA

Ikan toman bunga hasil yang dipancing Pak Eddy

Cara mancing

“Saya sering mendapat toman bunga dengan cara casting. Di ganggu pakai umpan mainan aja dan jika ikan itu ada pasti dikejar. Apa lagi kalo lagi bawa anak, lebih garang lagi,” kata Pak Eddy menuturkan bagaimana memancing toman bunga.
Distribusi ikan toman bunga
“Toman bunga Cuma hidup di Kalimantan barat dan Kalimantan Timur, keberadaan toman di luar pulau Kalimantan mungkin di bawa orang dan akhirnya menyebar Kerandang menyebar, kita harus bangga punya spesies endemic, Cuma dukungan dari pemerintah masih kurang. Lahan sawit dibuka terus Sumgai makin hari makin tercemar. Ikannya pun makin hari makin susah dipancing,” kata Eddy Fishing mengakhiri cerita tentang toman bunga**

 

Comments

comments

Comments are closed.