Merebaknya Teknik Casting di Indonesia

DSCN7379

Kopdar Castinger Nasional di Banjarnegara

Teknik casting pada 5 tahun belakangan banyak digemari angler Indonesia. Teknik casting tumbuh dimana-mana, baik angler yang tinggal di kota maupun yang tinggal di pedesaan makin menggemari teknik casting. Bahkan muncul sebuah wadah mancing yang langsung menunjuk teknik casting yaitu Forcasi (Forum Komunikasi Castinger Indonesia) dan juga group-group yang mengambil nama casting maupun castinger. Nah maraknya casting di tanah air, mari kita ulas mengenai casting.
Pertama dari semuanya, kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan yang namanya casting. Menurut kamus Bahasa Inggris-Indonesia oleh John M. Echols dan Hassan Shadily, arti casting yang diambil dari kata cast adalah kasta (masyarakat), Kalau dari arti kata, kamus definisi, kamus inggris, kamus Indonesia, yang dimaksud dari casting adalah "the act of throwing a fishing line out over the water by means of a rod and reel", yang kurang lebih artinya "aksi melempar senar pancing keluar menuju ke air dengan menggunakan alat rod (joran) dan reel serta lure (umpan buatan)”.

IMG_7889

Uncal bareng di Rawa pening

Bisa tarik kesimpulan bahwa inti dari casting adalah lempar 'something', yang sering kita sebut 'lure' atau umpan buatan. Dan ingat, yang terpenting adalah menggunakan rod dan reel, kalau tidak manggunakan rod dan reel (juga ada pembahasan lebih lanjut), berarti belum bisa dinamakan casting. Dan juga, casting termasuk dalam sportfishing, dikarenakan kita dituntut untuk terus menerus melempar dan menggulung benang sampai ikan berhasil 'nyangkut' di lure kita. Itulah yang membedakan casting dengan teknik tradisional (dasaran ) walaupun awalnya sama-sama cast (lempar).

DSCN7489

Kopi darat sebagai ajang mempererat tali persaudaraan

Lantaran teknik casting ini mengandung unsur olahraga maka teknik casting menjadi pilihan pancinger yang ingin meraih kesenangan mancing sekaligus rekreasi serta olahraga. Tiga tujuan inilah yang menginspirasi para pancinger bahwa memancing bisa menjadi unsur hiburan refreshing.
Merebaknya teknik casting tidak lepas dari perkembangan media social dan televisi. Dalam media social banyak angler yang mengupload soal hasil mancing dengan teknik casting dan di tipi Mancing Mania banyak menayangkan mancing casting serta popping. Kemudian di media social Facebook banyak pancinger membentuk komunitas serta klub mancing berdasarkan teknik mancing.
Terbentuknya komunitas mancing yang berdasarkan casting itulah yang membuat teknik casting juga merebak. Kemudian komunitas-komunitas casting dan para penggemar teknik casting ada sebuah kerinduan untuk saling bertemu dan saling bertatap muka membentuk tali persaudaraan diantara merekadan pertemuan mereka ini di namakan kopi darat atau Kopdar. Sampai saat ini dari hasil kopdar makin hari makin berkembang teknik casting. Soal teknik casting akan kami bahas dalam sub berikutnya. Simak terus Beritamancing.net***

Comments

comments

Comments are closed.