Goyang Talang talang Queen Fish Bikin Senang

pemancing harus sigap untuk memenangkan pertarungan

pemancing harus sigap untuk memenangkan pertarungan

Ikan talang-talang atau queen fish saat terpancing akan bergoyang dengan membuat lompatan-lompatan akrobatik yang sangat spektakuler. Goyangan talang-talang inilah yang membuat senang para pancinger. Ketika aksi jumping terjadi maka andrenalin pancinger pun ikut terbawa emosi yang bikin happy.
Ikan talang-talang atau queen fish yang memiliki nama latin Scomberodes commersonnianus berada di habitat karang/ pasir dekat pantai dan biasanya dekat dengan muara atau tepian laut. Salah satu cirri yang menonjol dari ikan talang-talang adalah bintik-bintik hitam memanjang di sepanjang lateral line dan biasanya bintiknya ada 5 – 8 titik. Ini cerita benar atau tidak saya tidak tahu katanya ikan talang-talang bagi warga tiong hoa merupakan penjelmaan pahlawan china yang memiliki jurus lima jari, makanya banyak kawan-kawan saya tidak mau makan ini. Padahal dagingnya cukup enak ketika dimasak.

pemancing harus sigap untuk memenangkan pertarungan

pemancing harus sigap untuk memenangkan pertarungan

Hampir di seluruh perairan pantai di Indonesia terdapat ikan talang-talang. Dan distribusi penyebaran ikan talang memang meliputi hingga seluruh Indonesia, dan sampai laut pasifik barat. Jadi tidaklah heran bila banyak angler Indonesia yang tidak asing dengan ikan talang-talang serta goyangan akrobatik talang-talang.
Ikan talang-talang di perairan Teluk Jakarta rata-rata bobotnya hanya sekitar 3 – 5 kg, memang kadang ada juga ikan talang-talang yang terpancing di atas 8 kg. Namun untuk mendapat ikan sebesar itu biasanya sangat sulit.
Nah sekarang mari kita memburu ikan talang-talang sekaligus ingin merasakan sensasi goyangan ikan talang-talang. Jika anda ingin menikmati secara lebih nikmat pakailah joran light spinning bahan utama grafit yang bisa satu batang atau dua pasang. Kelas joran 6 lbs – 20 lb cukup asik untuk merasakan sensasi ikan talang-talang. Siapkan juga ril spinning dengan 2 – 12 bearing logam anti karat dimana wadah dan spul terbuat dari logam anti karat, pilih rasio 4-5:1. Untuk reel sebaiknya lebih besar satu kelas dari kelas kenur yang andai pakai.
Nah kenur monofilament cukup terasa cukup untuk menahan tarian lemadang. Untuk kail kami menyarankan menggunakan kail karbon ukuran: 2/0 – 3/0.
Menyiapkan rangkaian pancing
Ikan talang-talang biasanya di temukan dalam kelompok besar selalu bergerak liar hilir mudik dengan berenang sangat cepat. Kebiasaan bergerak liar itu bukan hanya sewaktu berenang bersama kawan-kawannya namun saat menyambar umpan pun akan bersikap sama yaitu liar.
Gerakan liar akan semakin menggila ketika kail tertancap dan mengait di mulutnya. Saking liarnya ikan ini akan melompat, menari di permukaan air baik ke belakang bahkan liar berenang ke depan dengan membuat tarian akorbatik yang funfastik.

Ikan talang memiliki aksi akrobatik saat terpancing

Ikan talang memiliki aksi akrobatik saat terpancing

Perilaku ini yang membuat para pancinger tercengang, sehingga telat mengantisipasi kenur tidak tegang justru kendor sehingga ikan talang-talang bisa melepaskan diri dari kail yang menyangkut di mulutnya. Gerakan-gerakan serba cepat ini membuat kita lupa mengantisipasinya.
Nah untuk mengantisipasi keadaan tersebut, selain joran sebaiknya selalu dalam keadaan dipegang tidak ditaruh dalam rod holder sehingga kita bisa menggulung ril saat kendor. Bila anda mancing dasar atau koncer akan mendapatkan hook sempurna sebaiknya kumis pancing tidak terlalu panjang alias pendek saja.
Menyiapkan Umpan
Untuk memancing ikan talang-talang anda perlu menyiapkan umpan alami seperti udang putih, ikan kembung, tembang, selar dan lain-lain. Bila menggunakan udang kaitkan kail menembus ruas terakhir dari kiri ke kanan. Tetapi jika umpannya memakai umpan dan saat arus lemah kaitkan kail di punggung ikan umpan dari arah kiri ke kanan. Tetapi bila arusnya cukup kuat sebaiknya kail ditembuskan dulu dari bibir ikan baru kemudian ditembuskan ke bagian perut atau punggung, juga dari kiri ke kanan.
Tehnik mengajar talang
Hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah kegagalan mancing talang-talang ialah secepatnya mengetahui saat ikan menyambar umpan, dan kenur menyangkut bagian kapal atau saling membelit dengan kenur pancinger lain di kapal yang sama.
Upaya untuk mengantisipasi yang paling efektif ialah dengan membatasi jumlah umpan yang di turunkan, kemudian bila salah satu umpan sudah disambar, umpan lainnya harus sudah diangkat.
Joran sebaiknya harus selalu dipegang pancinger sehingga setiap sambaran senantiasa akan terdeteksi. Ada baiknya untuk memburu ikan talang, pancinger harus selalu siap sedia sehingga bisa memantau setia sentuhan yang terjadi pada umpan yang kita pasang. Dan bila terjadi sambaran dan kail menancap dengan sempurna di mulut ikan maka kita bisa memusatkan perhatian reaksi ikan. Kemudian tundukan ujung joran dan gulung kenur secepat-cepatnya untuk segera mengarah ke kapal. Nah bila anda bisa mengendalikan ikan maka pompalah joran secara berirama.
Meski ikan sudah dekat kapal namun terkadang ikan ini membuat kejutan dengan membuat lompatan akrobatik dengan upaya melepaskan diri. Nah bersiaplah agar anda menang terhadap si penari talang-talang.***

Comments

comments

Comments are closed.