Daya Tarik Ikan GT Giant Trevally aka Kuwe Gerong

Ikan GT

Ikan giant trevally atau disingkat GT, terkenal memiliki tenaga yang bandel dan kuat, sehingga ikan jiti banyak digemari dan menghipnotis pancinger di seluruh dunia. Ikan yang juga di panggil nama kuwe gerong atau bobara memang terkenal menggoda setiap pancinger yang ada.

“Rasanya mancing ikan gt? Wow…, luar biasa rasanya, bukan karena cantik kami tertarik, bukan karena kaya kami terpesona. Namun si buruk mukalah inilah yang membuat kami gembira, hahaha..,” kata Wahyono produsen tm Popper menggambarkan bagaimana rasanya memancingikan jiti.

Ikan GT  di hormati lantaran tarikanya kuat

Ikan GT di hormati lantaran tarikanya kuat foto by marcus

Saat kail tertancap si jiti akan terus membetot kenur. Bak atlit tarik tambang, maka si jiti akan memiringkan tubuhnya dn terus berusaha berenang di balik karang untuk menggesekan kenur yang untuk memutuskan kenur pancinger. Tubuhnya yang gempal merupakan kelebihan dalam bertarun dengan pancinger. Daya juangnya yang tinggi ini cukup membuat pancinger ketagihan. Untuk menambah rasa ketagihan kami akan ulas soal memancing ikan GT

Ikan kuwe gerong atau paling popular disebut giant trevally (GT ) memiliki nama latin caranx ignobilis yang termasuk dalam family carangidea. Habitat ikan ini berada di coral, batu berkarang (rock reefs). Struktur coral dan batu-batu karang di banyak di jumpai dan ikan ini hampir tersebar dari wilayah Papua hingga Aceh.

Ikan GT  memiliki muka yang buruk dan menyeramkan. Matanya yang bundar besar dengan bentuk jidat yang nonong cukup menambah jelek serta seram penampilannya. Gigi-giginya sangat tajam dan kuat untuk memburu musuhnya.

Keangkeran GT ditambah dengan kulitnya yang tebal dengan gurat sisi berbentuk oval yang memanjang. Kesan kuat juga terpancar pada bentuk tubuh dan kepala yang besar bulat, ibaarat petinju ikan jiti ini adalah “mike Tyson” yang petinju berleher beton yang memiliki tubuh kuat dan sifatnya brutal.

Giti dipuja dan dihormati

Meskipun bentuknya sangat sangar menyeramkan, ikan ini sangat dihormati dan di puja pancinger. Para pancinger yang pernah bertarung dengan jiti pasti akan menghormati bagaimana rasa tarikannya . Kekuatan tarikan pertama saat menyambar umpan pun sngat dahsyat dan di saat strike pertama ini pancinger harus ekstra kuat menahan joran. Si GT akan membawa lari ke karang dan bila sampai ke karang makan kenur pancing akan riskan dari putus tergesek karang. Daya juang dan tarikannya yang kuat membuat ikan ini dihormati.

Para pancinger Negara Jepang paling demen mancing GT. Saking demen dan tergila-gilanya pancinger negeri sakura mereka rela melalang buana mancing popping ke Indonesia. Pancinger hanya menghormati tenaganya maka mereka banyak melakukan cacth and release.

Pertumbuhan jiti hamper sama dengan family jack trevally yang bisa mencapai 130 lbs (65 kg) lebih. Konon ada seorang diver yang menembak jiti dengan bobot sekitar 80 kg. Untuk catatan IGFA rekor dunia jiti pada tahun 1995 seorang pancinger bernama Rusel Mori berhasil membukukan rekor dunia dengan berat 65,99 kg. Sementara catatan Formasi rekor nusantara GT dipegang oleh Johan Sugiarto pada tahun 1994.

Comments

comments

Comments are closed.