Spot Rumpon “Gadjrut Lautselatan” Pelabuhan Ratu

Panen ikan kakap di spot rumpon

Panen ikan kakap di spot rumpon

Rumpon dalam bahasa kelautan atau istilah yang dikenal dalam dunia memancing biasa dikenal juga sebagai rumah ikan. Ada pula yang menyebut sebagai karang buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan sebagai tempat berkumpul ikan.
Rumpon merupakan rumah buatan bagi ikan di dasar laut yang dibuat secara sengaja dengan menaruh berbagai jenis barang di dasar laut. Banyak bahan yang bisa dijadikan material untuk membuat rumpon, seperti ban, dahan dan ranting dengan pohonnya sekaligus. Barang-barang tersebut di masukkan dengan diberikan pemberat berupa beton, batu-batuan dan penberat lainnya sehingga posisi dari rumpon tidak bergerak karena arus laut.

menggunakan dahan pohon kelapa1

bahan rumpon menggunakan dahan pohon kelapa

Komunitas yang tergabung dalam Gadjrut Laut Selatan rutin membuat rumpon, biasanya rumpon yang ditanam di sekitaran perairan Pelabuhan Ratu. Pemilihan Pelabuhan Ratu karena lokasi ini sebagai spot favorit para mania ketika trip dengan tim Gadrut.
“Saya banyak menanam rumpon di pelabuhan ratu, tujuan adalah membuat rumah ikan. Di sini kami bukan hanya mau enaknya saja yaitu memancing dan mengambil ikan tanpa peduli membuat tempat tinggal serta perkembangan ikan saja, namun kami merasa peduli untuk bisa mengembangkan bagaimana cara ikan itu ada dan berkembang biak. Salah satu cara adalah membuat rumpon sebanyak mungkin,” kata Pak ferry yang dikenal dengan Gajrut Pantai Selatan.

rangka rumpon

rangka rumpon

 

pancingers pose dengan hasil trip1

panen

Dengan banyaknya rumpon yang di buat Gadjrut Pantaiselatan maka para nelayan dan angler yang bergabung dalam komunitasnya tidak merasa kesulitan mencari ikan di Pelabuhan ratu. “Jika saya pergi mancing ke spot rumpon di pelabuhan ratu ada saja ikan yang dibawa pulang. Itulah untunnya memancing di spot rumpon, tidak harus membabi buta mencari lokasi ikan. Tinggal datang lalu mancing bawa ikan,” cerita Gajrut Pantaiselatan kepada Berita Mancing.***mrk

Comments

comments

Comments are closed.