Casting Talang Talang Queenfish With MLFC

DSCN8707

Talang talang Queend fish asik di casting

Ikan talang queenfish atau talang-talang adalah ikan pelagis yang hidup di karang-karang dekat pantai. Ikan ini paling banyak hidup dekat karang. Ikan talang queenfish yang memiliki nama latin scomberoides banyak di jumpai di perairan Indonesia sampai di wilayah pasifik. Ikan talang queenfish bisa mencapai sampai 120 cm atau sampai berat mencapai 11, 4 kg.
Casting Talang Queenfish? Nah saya mau bercerita mengenai trip kami bersama kawan-kawan Mancing Lestari Fishing Club (MLFC) dengan pancinger Budi, Bram Wijaja,Sen send dan Marcus BM. Kala itu Bram mengemukakan akan mancing casting dengan target tenggiri dan talang. Mengapa casting? Ya kala itu umpan alami untuk mancing tenggiri sangat terbatas dan tidak mungkin memancing dengan umpan lama dalam waktu satu hari penuh dengan. “Casting saja gak usah repot cari umpan,” kata Bram kepada Budiono dan kami pun sepakat dengan ide Bram untuk casting.

Bram berhasil casting Queend Fish

Bram berhasil casting talang talang Queend Fish

Bram lalu mengambil minnow singking dengan panjang 9 cm. Warna clear seperti anak kembung. Kami pun mulai memilih minnow selera masing-masing. Rata-rata yang kami adalah minnow clear atau silver seperti ikan-ikan kecil. Setelah selesai setting alat pancing, Kapten kapal mengarahkan ke titik spot karang yang kami sangka merupakan tempat tenggiri. Memang di depan kami ada beberapa kali sambaran ikan tenggiri yang memburu ikan kecil.
Melihat hal ini kami seperti tidak sabar segera melempar casting dengan minnow kesayangan kami. Bram wijaya dengan tekun memborbardir lokasi frenzy dan akhirnya ia berteriak girang. “Strike…!” katanya sambil menahan yang melengkung sangat seperti huruf C. Ia tersenyum dan menikmati pertarungan.
Salah satu keasikan casting Talang Queen fish adalah loncatan ikan. Ikan talang akan terbang jempalitan. Ikan talang dalam upaya melepaskan diri dari pancingan ia kana terus menerus meloncat diatas permukaan air. Di sinilah istimewanya casting talang-talang di banding ikan lain. Sesampai di dekat kapal pun ikan talang akan terus meloncat loncat yang jelas mengagetkan pancinger.
Bram tak kaget lagi akan karakter ikan talang. Semakin melompat Bram mengencangkan kenur. Jika kenur kendor maka kemungkinan kail terlepas dari mulutnya, kata Bram memberi tahu soal loncatan ikan talang dan cara mengatasinya. Hal yang sama juga dialami Budi yang juga merasakan sensasi casting talang-talang. “mantaap deh dancing fish…,” kata Budi senang.

DSCN8739

Budi sangat happy setelah berhasil mendapat talang talang queenfish

Benar saja tak lama kemudian ikan talang berhasil ia landedkan. Woww mantaap. Kami pun segera memulai casting talang queen fish dan beberapa kali kami berhasil landed ikan talang bercampur tenggiri.
Catatab kecil mancing casting talang, umpan yang dipakai adalah minnow dengan warna yang menyerupai anak-anak ikan yang menjadi makananya. Saat terjadi fighting maka angler harus fighting secara hati-hati karena dengan tiba-tiba ikan talang talang meloncat-loncat berjempalitan di atas permukaan air guna melepaskan diri dari pancingan. Bila saja sampai kendor kenurnya maka ikan talang akan lepas dan pancinger gigit jari hahaha. Oke selamat casting talang…!***mrk

Comments

comments

Comments are closed.