Bertarung Menaklukan “Preman” Amberjack

IMG_4515_1

Ibu Puji berhasil menangkap preman amberjack

Para pancinger sejati, para Mancing Mania, rekan2 dan Sahabat Mancing ku semua. Kali saya mau bercerita bagaimana memburu ikan yang memiliki tenaga paling bandel saat berduel yaitu Amberjack. Kali saya bersama Pak Achmadi NA dan Bunda Puji Astuti memancing di laut Binuangeun dan menuju spot-spot ke karang-karang dalam di Wilayah Cihara bersama kapal Putra Sulung dengan kapten Suryadi.
Kapten Kapal Putra Sulung, Suryadi membentangkan peta laut kepada kami sebelum berangkat. “Kita mancing di spot istimewa di daerah Cihara. Sebuah tubiran laut dalam dengan ikan-ikan yang bisa menguras tenaga saat fighting, seperti amberjack, gt, ruby snapper dan ikan-ikan karang lainnya,” kata Suryadi kepada Marcus Berita Mancing. Mendengar penjelasan kapten kami semua langsung tenang menikmati perjalanan menuju ke wilayah cihara yang tak jauh dari muara Binuangeun.

IMG_4663_1

Pasangan suami istri pak Achmadi dan ibu Puji berhasil menangkap amberjack di laut Binuangeun

Jreeenggg… singkat cerita, tibalah kami di spot tubiran cihara. Tubiran atau wallsea merupakan habitat persembunyian ikan amberjack. Ikan amberjack adalah merupakan target kami dalam trip ini. Kami tahu bahwa untuk menaklukan preman amberjack tak semudah membalikan telapak tangan. Tindakan pertama adalah pemilihan lokasi yang tepat semacam karang dalam atau pada wall sea atau tubiran laut. Untuk itu diperlukan kepandaian dalam membaca topografi dasar laut melalui fish finder. Tanpa fish finder bagaikan mencari jarum yang jatuh dalam jerami hehehehe....
Kembali ke ikan Amberjack, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan target kami dikarenakan kekuatannya saat menyambar umpan serta fight melawan kekuatan piranti mancing.
Kali ini kami tidak main jigging karena tenaga kami bukan seperti anak muda meski saya tahu bahwa amberjack sangat efektif juga di pancing dengan tehnik jigging.Abk Km Putra Sulung menangkap amberjack dengan cara jigging dengan retrieve cepat.
Untuk mancing dasar saya menggunakan system koncer dalam dengan menggunakan umpan ikan. Tiba-tiba umpan milik Ibu Puji dihajar ikan sangat keras sekali. Saya salut dengan tenaga Ibu Puji yang duel mati-matian terhadap ikan. “pasti amberjack ni.., jika melihat karakter perlawanan yang tidak mau menyerah” kata Edy kru kapal Km Putra Sulung. Benar saja tak lama kemudian ikan amberjack besar berhasil dinaikan ke atas kapal. Yesss… mantaaap, teriak Ibu Puji ketika berhasil menarik amberjack. Salut deh. Saya segera memberi selamat dan Pak Achmadi suami ibu Puji memeluk dan menciumnya memberi selamat atas keberhasilan ibu Puji Astuti.
Mancing dilanjutkan. Kini giliran Pak Achmadi yang dumpannya di sambar ikan. Ia berjuang mati-matian bertarung dengan ikan. “jangan-jangan amberjack lagi…” kata saya. Benar saja dalam waktu puluhan menit ikan amberjack besar pun nongol di permukaan. “Amberjack…!” teriak abk dan berusaha landing fish ke atas kapal. Dengan keringat membasahi bajunya Pak Achmadi tersenyum rian. “Selamat ya pa..” kata ibu Puji memberi selamat kepada Pak Achmadi.

IMG_4681

saya berfoto dengan amberjack nan bandel

Dua preman amberjack penghuni karang dalam berhasil di tangkap. Nah di sini kami mau memberikan catatan kecil soal amberjack.
Dalam leteratur bahwa amberjack merupakan ikan pemangsa (predator) yang memakan cumi-cumi, ikan dan bahkan satwa air berkulit atau bercangkang keras. Namun dalam buku yang saya baca yaitu “Marine Fishes Of South East Asia” yang ditulis Gerry Allen ikan amberjack panjangnya bisa mencapai 94 cm dan beratnya hanya mencapai 10 kg. Pertanyaaan saya ketika saya google rekor amberjack ternyata tercatat lebih dari 10 kg dan tulisan Gerry Allen kurang pas karena rekor dunia ikan amberjack yang pernah ditangkap tahun 2004 di Perairan Meksiko dengan bobot 47 kilogram.***

Comments

comments

Comments are closed.