Amberjack Preman Karang Dalam

DSCN2254

Ikan amberjack terkenal memiliki tenaga yang luar biasa saat terpancing. Amberjack terpancing Marcus di Alor

Amberjack merupakan ikan yang berada di sekitar karang dan sangat gesit serta lincah dalam berburu makanan. Bagaiakan preman di tengah lautan ikan amberjack mengincar ikan-ikan kecil yang berada di balik karang. Kalau dilihat sepintas, jenis ikan yang masih family dari carangidae mirip seperti ikan kuwe- ada juga yang menyebutnya ikan kuwe batu. Amberjack, termasuk dari keluarga dari jenis ikan Jack yang lebih banyak dikenal dalam dua jenis Yakni Greater AmberJack (Amberjack berukuran besar) dan Lesser Amberjack (amberjack berukuran lebih kecil).

Greater Amberjack (seriola dumerili), merupakan ikan jenis The Jack berukuran besar. Umumnya memiliki sirip berwarna gelap memanjang dari hidung hingga dibagian sirip depan. dengan bobot hingga mencapai sekitar 20 kg atau kurang, kerap ditemukan didaerah karang berbatu hingga kedalaman 20 hingga 75 meter dalam laut.

Lesser Amberjack (seriola fasciata), memiliki proporsi mata yang lebih besar serta badan yang lebih tipis dibandingkan dengan Greater Amberjack. Berwarna hijau olive atau hitam kecoklatan dengan warna keperakan disisi bagian samping dan biasanya memiliki warna gelap kearah bagian atas.
Ikan amberjack bisa mencapai besar 10 kg dengan panjang mencapai 94 cm.

IMG_4515_1

Ibu Puji mendapat amberjack mendapat amberjack di Binuangeun

Habitat
Ikan amberjack Banyak ditemukan pada kedalaman 50 meter hingga 130 meter. Biasanya ikan amberjack berada di laut-laut lepas (off shore). Selain di karang-karang dalam, amberjack juga hidup di tubiran laut (wall) untuk mencari makanan.
Distribusi penyebaran
Ikan amberjack menyebar hingga laut atlantic, indo pasifik, Australia bagian selatan.

Comments

comments

Comments are closed.