Mancing Cakalang

kapal untuk mancing cakalang

kapal untuk mancing cakalang

Ikan cakalang bagaikan tersihir terkumpul dekat kapal setelah ditebar ikan teri lalu pancinger dengan rod bambunya beraksi bak bik buk tiada henti narik ikan. Itulah indahnya mancing cakalang yang kami saksikan di laut Flores NTT.
Ikan cakalang (skipjack tuna) atau ikan tuna cakalang, Katsuwonus pelamis, merupakan ikan perciform menengah di keluarga tuna, Scombridae yang sudah terkenal keberadaannya di seluruh dunia. Tak heran bila sebutan ikan ini banyak macamnya. Ada yang mengenal dengan nama Aku, bonito Arktik, mushmouth, bonito laut, tuna bergaris-garis, atau ikan pemenang. Ikan ini bisa tumbuh sampai dengan 1 m (3 kaki) panjangnya.
Ikan cakalang merupakan ikan pelagis yang bisa cepat. Umum ikan ini berada di perairan tropis di seluruh dunia. Makanan aslinya ikan kecil, udang, cumi dan moluska. Namun ikan cakalang merupakan selalu dimangsa bagi ikan pelagis besar seperti hiu, tuna, marlin.

dengan joran bambu para nelayan menangkap cakalang

Ikan cakalang merupakan ikan komersial yang biasa ditangkap nelayan jaring kemudian dijual segar atau dibekukan bahkan dikalengkanan, kering, dan jadi ikan asin.

Nah ini kisah kami mancing cakalang di Flores bersama nelayan. Para nelayan memancing tidak perlu piranti mancing mewah dan umpan, mereka hanya perlu bambu, kenur dan kail khusus (barbless dan lengkungannya khas untuk cakalang.

Biasanya mereka berangkat mancing sebelumnya pergi ke bagan-bagan terlebih dulu, untuk membeli ikan kecil-kecil untuk umpan tebar. Setelah dapat langsung memburu cakalang. Ikan cakalang biasa bergerombol dengan banyak burung di atasnya. Nah di lokasi itulah para nelayan “panen” ikan cakalang. Para pancinger terus menerus menarik ikan.

para pemancing dan penebar ikan stand by

para pemancing dan penebar ikan stand by

Dalam mancing cakalang perlu sebuah tim, ada yang tugas mancing, ada yang menebar ikan teri, ada yang bertugas mencari lokasi biasanya nahkodanya. Yang paling tinggi bayarannya tuh disini bukan nahkoda, tapi tukang tebar umpan. Tukang tebar ikan pegang peranan penting untuk tetap menjaga school ikan tetap dalam formasi pancingan, dengan menentukan timing dan arah tebar.

Tukang pancing berjajar-jajar di tepi kapal. Posisi tidak boleh berubah-ubah, kalau sudah pakai joran bambu tangan kiri yah sudah tangan kiri itu saja tidak boleh ganti-ganti karena jika berganti 'sambitan' atau saling membelit dengan teman sebelahnya. Ikan diharapkan makan kail diatas air, maka ditariknya gampang meski berat 5 kiloan. Wooow cara mancing cakalang sangat seru sekali.***Marcus Widhi Nugroho

Comments

comments

Comments are closed.