Spot Mancing Arwana Rawa Biru Merauke

mamik Slamet Guide Fishing

Mamik Slamet Guide Fishing

Hai pancinger semua, para Mancing Mania, Sahabat Mancing,  kali ini saya mau bercerita soal petualangan saya mencari Spot Mancing Arwana di Merauke. Kali ini saya bersama tim Mancing Mania Pak Dudit, Pak Joe Michael, Pak Ugi pengusaha restoran Nila Bakar. Dalam penjelajahan spot Arwana kami di pandu oleh Mamiek Slamet yang juga host acara mancing TVRI Merauke.

tim penjejajah rawa biru

tim penjejajah rawa biru

Oke saya mau soal kondisi Rawa Biru. Rawa Biru masuk dalam wilayah Distrik Sota dengan luas DAS (Daerah Aliran Sungai) 4.791,671 km2. Luas badan air aktualnya; 95 ha. Penduduk yang diam di wilayah DAS Rawa Biru bermukim dibeberapa kampung. Yakni, Rawa Biru, Yanggandur, Sota, Tomerau dan Kampung Kondo. Rawa Biru berada dalam kawasan Taman Nasional Wasur. Teridentifikasi sekitar 32 jenis burung hidup disini.
Sebagai sebuah kawasan dilindungi, Rawa Biru menjadi prioritas yang selalu dijaga. Taman Nasional Wasur (TNW) sendiri memiliki bidang tanah kering. Luasnya mencapai 413.810 hektar. Luasan tanah kering itu yang kemudian diabadikan menjadi sebuah Taman Nasional melalui Surat Keputusan Menteri KehutananRepublik Indonesia Nomor 287/Kpts-VI/1997. TNW pada bagian Utara dibatasi oleh Sungai Maro dan bagian Selatan berbatasan dengan Laut Arafura.

menembus tebalnya tebu rawa

menembus tebalnya tebu rawa

Rawa Biru termasuk dalam danau tadah hujan. Semua habitat yang hidup disana termasuk manusia bergantung padanya. Kerap Rawa Biru disebut pula sebagai penyangga bagi lingkungan dan manusia di Merauke.

dudit widodo dengan arwana rawa biru

dudit widodo dengan arwana rawa biru

Sarang Arwana dan Baramundi
Untuk mencapai desa rawa biru bisa ditempuh dengan mobil dari Merauke sekitar 3 jam. Kemudian melewati Pos Penjagaan RI – PNG.

Depan pos penjagaan perbatasa RI di rawa biru

Depan pos penjagaan perbatasa RI di rawa biru

Tepat di depi danau tinggal sebuah kampong dengan kepala Kampung Bapak Marwan. Kami menginap di rumah Pak Marwan. Sebelum memancing arwana Mamiek Slamet mengubungi 4 suku adat untuk meminta ijin memancing di Rawa Biru.

Pak Ugi dengan ikan arwana Rawa Biru

Pak Ugi dengan ikan arwana Rawa Biru

Ikan arwana di Rawa Biru agak sulit terpancing karena ikan-ikan sembunyi di semak-semak tebu rawa. Namun usaha yang tiada lelah untuk memancing. Kami casting diantara cekungan tebu rawa dan akhirnya ikan-ikan arwana babon bisa kami dapat dan kami rilis kembali. ***marcus widhi nugroho

Comments

comments

Comments are closed.