Mancing Tongkol Yuuuuk…!!

mancing tongkol

Ikan tongkol salah satu ikan paling populer

Hai pancinger…., Mancing Mania , Sahabat Mancing, kali ini kami mau memberikan Kabar Mancing soal mancing ikan tongkol, kalau di Indonesia timur dikenal dengan nama ikan cakalang yang memiliki nama skipjack tuna, ikan ini hampir semua Spot Mancing laut di Indonesia banyak di jumpai, maka tidak heran bila ikan ini sangat familiar dan popular. Masakan tongkol pun beraneka ragam mulai tongkol goreng, tongkol sayur kuning, sampai cakalang asap. “Wis jan komplit deh hehehe,” kata simbok yang sering masak tongkol
Saking populernya sampai anda mungkin tak berpikir bagaimana mana memancing ikan ini. Mungkin lantaran ikan ini kecil imut-imut lalu anda abaikan. Iya sih ikan gak sensasisional seperti kakaknya yellowfin tuna, dogtooth tuna.. padahal sama-sama tuna lho.. tongkol itu skipjack tuna.

ini baru keren

INI BARU KEREN

Salah satu kegemaran Berita Mancing saat trolling mencari ikan besar seperti marlin, layaran, tenggiri, wahu dan tuna, maka yang kami lakukan bersamaan adalah mancing tongkol. Hal ini kami lakukan persis tumpang sari seperti yang diajari bapak saya saat menamam padi dimana pematang ditamani kacang panjang dan cabai. Hal ini sama ketika saya trolling mencari ikan monster maka si sela-sela joran trolling super mahal itu maka kami menyelipkan trolling dengan menggunakan kelosan secara handline alias manual.
Cara membuat rangkaian mancing tongkol sangatlah mudah, dimana kita tinggal membuat pancing secara renteng atau rawai. Jarak antara kumis pancing satu dengan yang lain 1 depa (1,50 m).Panjang kumis 50 cm. Kail yang digunakan adalah kail cap kunci no. 7 yang diberi rumbai sutera. Bila untuk trolling sambil mancing tongkol (tumpang sari) maka kami hanya menggunakan 15 – 20 rangkaian, bila terlalu banyak bisa menyangkut kenur trolling lainnya.

kail no 7 di kasih rumbai

kail no 7 di kasih rumbai

Nah itulah pengalaman mancing ikan tongkol yang saya alami, namun sebenarnya mancing tongkol banyak variasinya. Seperti cerita kawan saya ini “Ketika saya ke pulau seribu tepatnya antara pulau panggang dan pulau pramuka, waktu tongkol boiling freenzy, di trolling pake bulu ayam jago warna putih, yang di ambil hanya bulu tengkuk leher nya saya di ikat pake benang hitam, sehingga kalo di air mirip ikan teri nasi, karena di daerah itu tongkolnya makan teri nasi. Rangkaiannya mirip kotrekan, pake kail cap konci aja nomor 9 cukup..... di trolling dengan speed dibawah 7 knot bisa..... kalo ada arus, gak usah trolling, di koncer aja biar rangkaian hanyut ke arah boiling, trus mulai di gulung atau di retrieve pelan-pelan aja. Beda kalo tongkol di daerah utara (pakis) makanannya ikan tembang..... boiling nya sedikit-sedikit.... bisa-bisa rencana ngoncer tenggiri, umpan tembang habis ama tongkol tuh,” kata kawan saya menerangkan.

kail no 7 di kasih rumbai

kail no 7 di kasih rumbai

Beda lagi pengalaman saya di daeha Larantuka NTT, ada khusus mancing ikan tongkol dengan mengunakan pancing bamboo, namanya huhate. Nah soal mancing cakalang ini pernah kami bahas khusus. Makanya baca Berita Mancing biar ga ketinggalan berita untuk anda pancinger sejati hahahaha….***Marcus Berita Mancing

Comments

comments

Comments are closed.