Popping GT dan Tuna

IMG_7414Hai pancinger sejati, sahabat mancing, mancing mania kali aku berikan kabar mancing mengenai tehnik mancing giant trevally (gt) dan tuna. semoga artikel singkat mengenai popping untuk target ikan giant trevally/ GT (kuwe) dan tuna bisa menolong aktifitas mancing anda.

 

Joran
Ukuran joran umumnya spinning dengan panjang mulai 2,3 meter sampai 2, 75 meter. Pilih joran yang mempunyai backbone yang kuat tetapi bisa melempar umpan ke jarak yang diperlukan jadi strong but castable. Namun sekarang ini targetnya sudah menjalar ke ikan lain seperti mahi-mahi dan ikan lain. Demikian juga trend ini terus berkembang ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

IMG_7207

Mitsui popping giant trevally

Ril
Sampai saat in banyak produsen pabrik ril yang memproduksi big spinning reel, seperti itu Shimano, penn, Daiwa, dll. Untuk Shimano yaitu jenis Stella 8000HG dan Stella 10000 HG enak banget. Untuk Daiwa meluncurkan tipe Saltiga tipe 4500H, 600GT juga cakep. Dari tipe-tipe ril tersemua di atas adalah optimum karena high gear ratio. Tipe lainya ada, tetapi gear ratio-nya tidak cukup, mania mancing biasanya kerepotan menggulung kenur untuk mengakomodasikan kecepatan retrieve yang diperlukan untuk beberapa lure yang digunakan sebagai contoh ril tipe PG (power gear) seperti Stella 2000FA ataupun Saltiga 6500 Expedition.

Kenur
Kenur yang sering dipakai adalah PE line dalam bentuk braided atau fused. Umumnya line rating-nya disesuaikan dengan ukuran ikan yang menjadi target. Khusus untuk GT sebaiknya mulai dari PE 6 – 10 ataupun lebih, sedangkan untuk ikan yellowfin tuna bisa mulai dari PE 4-8, kalau untuk mahi-mahi ganya dengan PE 3-5 sudah cukup. Namun sekarang banyak angler yang main dengan PE kecil yaitu PE 2 - 3, katanya lebih asik dan berasa.

Lider
Lider biasanya dari monofilament yang disambung antara popper dan PE line dengan tebal disesuai dengan rating line yang digunakan. Terkadanmg kawat dan extra heavy monofilament lider digunakan banyak ikan yang bergigi tajam ataupun mengatasi abrasi.

IMG_0978

Tm Popper merupakan popper andalan para angler

Umpan
Umpan yang digunakan adalah popper. Ada beberapa tipe popper yaitu chugger seperti seafrog, big mouth dan lain-lain. Ada tipe pencil seperti surface cruiser.
Untuk umpan popper di Indonesia sekarang ini beredar perajin umpan popper yaitu seperti Toekang Mancing, dan banyak lainnya. Masalah selera dan keunggulannya yang menilai pancinger sendiri yang bisa menilai. Selamat berpopping ria.***

Comments

comments

Comments are closed.