Rock Fishing Duel Dengan Caru di Tebing Watu Karang

apri

Apri sangat happy

Di daerah Jogyakarta banyak angler yang memancing secara ekstrem alias kenthir karena mereka memancing ikan dari atas batu-batu karang (rock fishing). Mereka rela berjalan naik turun gunung lalu mendaki karang yang terjal di tepi jurang samudera. Setelah sampai di spot angler kenthir harus mengerti perhitungan gempuran ombak samudera yang menghantam karang. Ora wedi, no fear itulah yang dilakukan angler kenthir dari Jogya. Nah salah satunya angler kenthir itu adalah Mas Apri menulis untuk Berita Mancing. Ia bolak balik menang mendapat ikan caru dari atas tebing watu karang.
Gemuruh deburan ombak menggempur watu karang dengan semilir angin samudera jelas membuat saya ingin terus berada di sana. Jika musim bagus memang saya selalu mancing ke spot-spot memancing yang ada di wilayah Jogyakarta.
Kali ini saya berniat casting akan ceritakan mengenai pengalaman land base casting di tebing Panggang Wonosari. Untuk menuju ke spot Panggang itu saya harus berjuang naik turun tebing yang akhirnya saya sampai di tebing untuk main light casting.

happy

iwak mboke caru alias gt mama (giant trevally) takluk sama Apri

Saya mulai mengambil rod Storm monster yang dipadu dengan reel Penn Spinnfisher 4500. Saya menggunakan kenur braided PE 2 dan menggunakan lure storm thunder barra 21 gr dengan kail VMC 2/0. Nah rangkaian light popping selesai dan kini mulai saatnya beraksi. Uncaaaallll.
Saya terus mainkan lure storm thunder bara secara geal geol di air agar menarik perhatian ikan-ikan predator di bawah sana. Saya yakin bahwa umpan yang saya retrieve itu bakalan menggoda predator di bawah sana.
Disinilah puncak kepuasan terjadi. Tiba-tiba seekor ikan caru alias giant trevally membaham lure saya, haaap sekali telan langsung melengkung hebat. Saya hentak dan mulai menahan kuat-kuat rod. Pertarungan dengan light tackle memang terasa banget. Saya harus hati-hati agar bisa memenangkan duel maut dengan si embok caru hahaha… Iwak caru terkenal bandel dan tak gampang menyerah meskipun sudah terkait pancing dimulutnya.

iwak mboke caru kalah dengan saya

Data tackle Rod Storm monster yang dipadu dengan reel Penn Spinnfisher 4500. Saya menggunakan kenur braided PE 2 dan menggunalure kan storm thunder barra 21 gr dengan kail VMC 2/0

Pertarungan di atas watu karang berbeda banget dengan bertarung dari atas kapal atau lokasi land base lainnya. Saya harus berhati-hati dan berpijak di batu karang dengan kekuatan penuh. Kaki saya harus memasang kuda-kuda dengan kuat agar tidak terpeleset dan jatuh yang mengakibatkan kefatalan. Sikap hati-hati dan perhitungan yang jitu adalah hal yang harus diperhatikan tatkala angler berduel di atas watu karang. Bayangkan saja, berjalan biasa saja susah sekali apa lagi berduel dengan ikan monster caru alias mboke caru.
Sampai akhirnya ikan monster mboke caru berhasil saya giring mendekati batu karang dimana saya berdiri. Lalu saya pun mengangkat menarik ikan ke atas batu karang. Untuk landed caru ke atas bukanlah perkara yang mudah. Saya mati-matian untuk bisa melandedkan ikan caru itu ke atas batu karang yang tingginya lebih dari 40 meter dari permukaan laut.Disinilah letak puncak akk kepuasan tak terhingga bagi sya pribadi. Dengan alat light tackle berhasil landed mboke ikan caru alias GT mama seberat 18kg up.
Dengan suara lantang dan saya berteiak keras, Yesss… yesss… yesss mantaaaaapp....!!!***Apri Koresponden Berita Mancing dari Yogyakarta. pin bb 24c8007

Comments

comments

Comments are closed.