Mancing Bagan Mania Dongkrak Pariwisata

Pak Efendi dan Pak Yunus memberikan arahan kepada anggota MBM

Pak Efendi dan Pak Yunus memberikan arahan kepada anggota MBM

Mancing Bagan Mania (MBM) pada tanggal 6 September 2015 untuk sekian kali menggelar acara lomba bagan dengan jumlah 80 lebih group bagan peserta dengan dua ratus lebih angler. Banyaknya peserta lomba tentunya tidak lepas dari kinerja pengurus MBM yang makin dekat dengan anggotanya. Pada lomba kali ini mendapat support dari Sumber Mulia Group (Kamikaze).
Lomba mancing bulanan MBM memang telah dirancang dengan baik oleh pengurus MBM maka tidak heran bila lomba mancing yang diselenggarakan selalu ramai dan meriah.
Menilik kemeriahan MBM tidak terlepas dari Ketuanya yaitu Efendi SH. Sejak Tahun 2013 yang lalu Efendi SH, ketua sekaligus sesepuh Mancing Bagan Mania memberikan pengertian soal mancing bagan. Efendi terus blusukan dan tiada henti “menularkan virus-virus” mancing di bagan. Ia bukan hanya mempromosikan mereka yang belum mancing dibagan untuk mancing dibagan saja. Ia juga mengajak angler yang sudah mancing bagan bagan untuk bersatu, mengembangkan potensi lokal sebagai daerah kunjungan wisata pantai Tanjung Kait, Kabupaten Tangerang Banten.

Pak Efendi (duduk) mempromosikan mancing bagan

Pak Efendi (duduk) mempromosikan mancing bagan

Ajakan dan upaya Pak Efendi SH, untuk mengembangkan pariwisata mancing bagan disertai pengorbanannya material, waktu dan tenaga patutlah diajungi jempol. Ia blusukan ke berbagai daerah untuk satu tujuan persatuan angler dalam wadah Mancing Bagan Mania (MBM) dan ikut membangun sector pariwisata serta menambah penghasilan masyarakat pesisir.

Semangat inilah yang membuat Pak Efendi SH, tidak tanggung tanggung, setelah menjalani pengembaraan yang jauh sekitar, Bagan Tanjung Kait, Bagan Radar, Bagan Mauk, Bagan Ketapang, Bagan Kronjo, Bagan Karang Serang, Bagan Tanjung Pasir, Bagan Kamal, Bagan Sungai Tahang sampai menyambangi Bagan Binuangeun di Pandeglang Banten. Akhirnya Persaudaraan para pemancing bagan terbentuk dengan nama Mancing Bagan Mania (MBM) pada tanggal 30 mei 2013.

Efendi SH Ketua MBM Marcus Berita Mancing dan Yunus Wakil Ketua MBM

Efendi SH Ketua MBM Marcus Berita Mancing dan Yunus Wakil Ketua MBM

Memang dalam perjalanan MBM tidak semulus yang dirasakan olehnya, banyak tantangan yang justru menambah semangatnya untuk lebih menaikkan citra para angler bagan di kawasan pantura ini dari citra angler ecek-ecek di bambu reyot manjadi angler yang sadar lingkungan, peduli sosial, dan rasa persaudaraan yang tinggi.
Hampir setiap bulan MBM selalu mengadakan even bulanan, untuk memberikan rasa persaudaraan yang kuat bagi para angler bagan, memberikan pengetahuan tentang tips and trik memancing ikan-ikan besar di bagan pantura, memberikan pengetahuan dan teknologi sederhana saat memancing dibagan, bahkan memberikan ruang untuk bersosialisasi melalui dunia maya dengan membentuk group Mancing Bagan Mania (MBM). Group ini juga dijadikan sebagai wahana perlombaan dan mengajak anggotanya untuk melek teknologi melalui jaringan internet, caranya adalah memberikan laporan hasil pancingan saat lomba bulanan, maupun tahunan melalui gadget masing masing.

maju terus MBM

maju terus MBM

Di masyarakat sekitar Tanjung Kait, utamanya para pemilik bagan sudah banyak merasakan manfaat group Mancing Bagan Mania, yang salah satunya adalah meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar, mulai dari para pemuda yang biasa memarkirkan kendaraan, pencari umpan, penjual sembako, penjual umpan berupa udang, cumi, ikan hidup seperti belanak maupun bandeng, penjual nasi uduk, penjual gado-gado, dan lain-lain. Sudah merasakan keuntungan yang di dapat saat lomba bulanan maupun lomba tahunan yang menyedot peserta hampir 400 orang saat perlombaan.

Melihat manfaatnya besar terhadap masyarakat dan pariwisata maka sudah semestinya Pemda Kabupaten Tangerang melihat perihal positif dari MBM. Inilah adalah salah satu jawabannya, perhatian pemerintah Kabupaten Tangerang khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Tangerang dan aparat di sekitar pesisir pantai utara Tangerang untuk lebih mendekat kepada para angler yang sejatinya sudah memberikan kontribusi peningkatan jumlah pengunjung wisata pantai utara Tangerang, karena tujuan pariwsata adalah memberikan kesenangan kepada para pengunjung, kalau pengunjung senang tentunya jumlah wisatawan yang mengunjungi daerah tersebut akan bertambah, pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan para pelaku usaha sekitar pantai utara Tangerang.
Oleh karena itu dukungan pemerintah dan aparat setempat untuk mengelola kawasan wisata mancing bagan pantai utara Tangerang bisa terwujud, dan hubungan antara para pelaku usaha perairan dan pantai dengan para angler yang notebene adalah wisatawan semakin baik. Tidak ada yang merasa dirugikan atau di anak tirikan.

Lomba tahunan dan bulan selalu ramai dan banjir hadiah

Lomba tahunan dan bulan selalu ramai dan banjir hadiah

Upaya angler MBM untuk meningkatan pariwisata dan mendongkrak penghasilan sector usaha nelayan bagan dan dagangannya patut kita dukung bersama. Saat inilah mulai mendorong persatuan angler MBM dengan menyamakan visi dan misi meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pariwisata Mancing Bagan Mania pantura Kabupaten Tangerang.Mancing Bagan Mania Oke..!!***Tim Berita Mancing : Marcus/

Comments

comments

Comments are closed.