Kaidah Dasar Mancing Dasar

Panen ikan putihan

sukses mancing dasar membuat kita senang

Hai para mancing mania, sahabat mancing, angler sejati kami berikan kabar mancing untuk anda yang ingin sukses mancing dasar di laut.

Bila anda ingin sukses mancing dasar (bottom fishing), paling tidak anda harus mengetahui kaidah dasar dari bottom fishing. Kaidah dasar inilah yang menjadi pegangan oleh pancinger-pancinger professional hingga kini. Tetapi perlu diingat meski sudah memiliki pengetahuan mancing, bukan langsung dijamin sukses. Mengapa? Karena mancing di laut dipengaruhi banyak hal seperti kuat lemahnya arus, angin, dan cuaca. Meski keberhasilan dipengaruhi banyak hal, namun paling tidak bila anda harus mengetahui kaidah dasar yang harus dimiliki dan dipahami oleh semua pancinger .

DSCN4483

Marcus Berita Mancing pun senang ketika mendapat ikan

Kuasai Alat Elektronik

Modal utama untuk mendapatkan hasil yang bagus Anda harus memiliki dua elektronik yaitu GPS (global position system) dan depth sounder. GPS bisa yang jenis handheld maupun stand up tentu saja sesuaikan dengan keuangan. sedangkan depth sounder untuk jenis 300 watt sampai 600 watt sudah cukup bagus.

Setelah memiliki kedua alat tersebut cobalah belajar untuk mengoperasikannya. Mula-mula hidupkan depth sounder dan GPS bersamaan. Mulai saat itu anda harus selalu memperhatikan depth sounder dan GPS mulai pada perairan.Bila sewaktu kapal berjalan menemui suatu struktur yang berubah dari datar kemudian menonjol ke atas seperti terumbu karang kecil (bukan karang besar), dimana terdapat benda-benda asing melayang di atas tonjolan maka Anda telah menemukan sarangnya ikan. Sarang ikan itu bisa berupa tandesan, rumpon, atau kapal tenggelam.

Bila anda menemukan sarang ikan tindakan selanjutnya rekamlah segera koordinat ke dalam GPS. Ulangani lagi dengan cara memutari dengan cara mencari lokasi yan telah kita plot tadi. Cara ini untuk menentukan keberadaan sarang ikan secara tepat.

pandai baca lokasi lewat elektronik

pandai baca topografi bawah laut ato lokasi lewat elektronik

Presisi Lego jangkar
Pekerjaan melego jangkar memang pekerjaan kru kapal. Namun bila anda ingin sukses anda harus juga mengetahui presisi matematis tentang lego jangkar. Perhitungan pertama setelah anda menemukan sarang ikan terlihat dalam layar depth sounder segeralah melempar plontang untuk menandai lokasi seeara akurat. Baru kemudian di plot ulang untuk mencari ketepatan hot spot.

Untuk melego jangkar Anda harus memperhatikan plontang dan juga melihat apakah arus kencang atau arus kendor. Lego jangkar yang baik apa bila umpan dari pancingan kita jatuh tepat pada muka arus yang berpatokan dengan plontang tadi ( nanti akan saya bahas soal plontan). Mengenai plontang ada 3 bagian yaitu plontang penahan arus dan dua plontang posisi dimana setelah kena arus sejajar dengan plontang pandu atau plontang utama. Jarak antar plontang berkisar 1,5 m – 2 m.

Nah, bila jangkar sudah dilabuh secara presisi, selanjutnya anda tinggal memancingnya. Usahakan bila umpan pertama yang anda turunkan dimakan ikan bertarunglah dengan hati-hati. Jangan sampai pertarungan pertama kalah dengan kenur putus. Terputusnya kenur membuat ikan panic lalu kalang kabut sehingga kawanannya kemungkinan dalam waktu pendek akan menjauh.

Comments

comments

Comments are closed.