AEFC Gelar Turnamen Pelampungan Antar Group

D'MANCING asal Bandung yang meraih Juara Total terbanyak

D'MANCING asal Bandung yang meraih Juara Total terbanyak

Sekali lagi sebuah tournament mancing kolam yang cukup besar dan kreatif telah terjadi di lingkaran Jakarta, sebuah Event mancing pelampungan di kolam yang melibatkan banyak komunitas mancing di Jakarta dan sekitarnya, dan lagi lagi penyelenggaranya adalah komunitas Anak Empang Fishing Club, mereka tergolong rajin menyelenggarakan kegiatan seperti ini.
Dengan tema “ Mancing, bersahabat dan perduli sesama” komunitas anak empang yang di suport oleh Daiwa Hobby sport, DuraFlex, Umpan cap Djempol, Essence Diva, Kroto bond, Toko Agus Kroto dan beberapa produk minuman menggelar perhelatan mancing di sebuah empang ikan mas di lingkaran Cileduk Tangerang. Empang dengan kapasitas -+150 lapak ini sudah habis di Booking oleh para maniac mancing pelampung sebulan sebelum acara dimulai.
Panitia pelaksana yang di Komandoi oleh Agus kroto, Kang Ito, Yusi, Bawon aka Benggol, Agung dan tentunya di bawah binaan sang ketua komunitas Petrick Goana, bahu membahu bekerja keras agar event yang mereka selenggarakan ini berjalan dengan sukses. Mata mata lelah mereka yang kurang tidur terlihat sekali saat menjadi pelayan di kegiatan mancing ini. pak Jomon sang pemilik empang pun tidak kalah sibuk, selain melakukan persiapan pra event ia dan jajaran anak buahnya mendapat tugas untuk antar jemput peserta yang tidak tahu lokasi dan kendaraannya tidak bisa masuk lokasi pemancingan.

DOYAN MANCING group pemenang lomba Jersey terbaik

DOYAN MANCING group pemenang lomba Jersey terbaik

Sejumlah Piala untuk para juara (tentunya ada juga sejumlah uang untuk setiap kategorinya ), Piagam penghargaan bagi para Sponsor terjejer rapi di sebuah meja yang letaknya dapat dilihat oleh semua peserta. Big Banner untuk menjadi memorabilia kehadiran peserta membentang Rapi di sebuah dinding bangunan, dimana nanti para peserta tiap grupnya akan berfoto di sini sebagai tanda keikut sertaan mereka. Dan tercatat 24 group mancing ikut ambil bagian meramaikan event ini.
Event yang tergolong unik dan meriah ini tidak lepas dari kreativitas dan tangan dingin para panitia, selain penghitungan jumlah timbangan dan Doorprize yang sudah umum di setiap perlombaan, panitia pun memperlombakan jersey/kostum peserta tiap group yang hadir, dan tentunya hadiahnya sungguh menarik.
Sekitar pukul 09.00 WIB perlombaan pun dimulai, dengan Aba aba yang lakukan oleh moderator acara seluruh peserta langsung melemparkan umpan ke kolam, ada yang dekat dengan blower, ada yang di tengah bahkan ada yang persis di ujung joran mereka atau nge dek dalam istilah pemancing kolam ini. Dalam hitungan menit saja terlihat puluhan ekor ikan mas berukuran 3-4 ons berterbangan kena sentak oleh joran para peserta, rupanya ikan sangat lapar sesuai informasi pak jomon, bahwa ikan ikan ini sudah di lepas sejak kemarin dan di jamin akan langsung makan umpan saat peserta mulai melempar umpan.
Ikan sebanyak 1 ton (1000 kg termasuk ikan Induk) ini akan di lepaskan dalam 5 kali waktu agar ikan tidak memenuhi kolam dan akhirnya justru akan merusak kualitas air hingga ikan tidak makan, 200 kg setiap turun pun sudah sangat meriah dan seru menurut para peserta.

Proses penimbangan ikan

Proses penimbangan ikan

Hingga pada pukul 10.30 WIB moderator menghentikan event sekitar 15 menit dan meminta peserta untuk mengangkat pancingan mereka dan menyaksikan pelepasan ikan ikan Baboon atau induk sessi pertama. Sekitar 68 ekor ikan induk dengan bobot antara 2kg – 4,5kg berhamburan ke kolam dan membaur dengan ikan ramai. Para peserta terlihat begitu bernafsu demi menyaksikan ikan ikan gendut yang di tebar di hadapan mereka oleh panitia. Dan aba aba tanda lomba kembali dimulai pun berbunyi.
Luar biasa, ikan ikan induk yang baru saja masuk ke kolam tidak butuh waktu lama untuk makan umpan, kurang dari 10 menit sudah ada peserta yang berhasil menaikan induk, dan kejadian ini terus berlanjut, artinya ikan induk sangat sehat dan lapar. Kurang dari 1 jam sudah puluhan ekor ikan induk yang berhasil di naikan oleh peserta dan di timbang di hadapan panitia dan juri.
Sesekali waktu dalam beberapa sessi moderator melakukan undian Doorprize untuk para peserta yang beruntung, mulai dari undian nomer dari peserta yang belanja di stand pameran, doorprize ikan balap, ikan terkecil dan lain lain. Sesuai jadwal pada pukul 13.00 siang moderator kembali memanggil para ketua group untuk menjadi juri dalam kontes jersey terbaik. Seluruh ketua group ini akan memberi penilaian terbaiknya kepada jersey tia peserta event yang hadir dan menyerahkan jerseynya kepada panitia untuk di nilai. Proses penilaian berjalan santai tapi serius, karena semua jersey yang ikut di perlombakan bagus bagus makan proses penilaian memakan waktu cukup lama, para juri dadakan memperhatikan dengan seksama agar pilihannya tepat.

Para pemenang Doorprize yang beruntung

Para pemenang Doorprize yang beruntung

Para juri tetap yang dikomandani langsung oleh Petrick langsung menghitung point dari penilaian para juri ketua group tadi. Dengan teliti dan melakukan berulang ulang mereka mengkalkulasi perolehan angka setiap jersey cantik dan keren ini, hal baik tidak ada angka yang sama tingginya sehingga pada akhirnya para panitia ini tidak harus berdebat menentukan pemenang, karena perolehan point sudah bicara dan fix.
Segera saja moderator mengumumkan kepada seluruh peserta mengenai hasil penilaian juri terhadap jersey yang di lombakan, setelah hasil final di setujui oleh seluruh panitia. Untuk pemenag pertam lomba jersey terbaik ialah group DOYAN MANCING, pemenang ke dua dari group KOMSER dan pemenang ketiga dari group asal kota priyangan Bandung , D’MANCING.
Para pemenang dari lomba jersey ini maju ke depan untuk menerima penghargaan dan hadiah dari penyelenggara, yang mendapat kehormatan untuk memberikan secara seremonial adalah Adhi Fatah dari Berita Mancing, Rambe dari Kabar Mancing dan Bawon pengurus Anak Empang Fishing Club. Hal yang paling menarik disini, setiap jersey yang menjadi pemenang lomba jersey terbaik akan di lelang oleh panitia dan keseluruhan hasil lelangnya akan di gunakan untuk keperluan Sosial kemasyarakatan seperti menyantuni Fakir miskin dan Yatim Piatu, sungguh terpuji sekali niat baik kawan kawan ini. untuk Jersey D’MANCING berhasil di lelang sebesar Rp.250.000,- KOMSER Rp 200.000,- dan dan Jersey terbaik DOYAN MANCING tembus di angka Rp. 500.000,-.

Para Panitia penyelenggara setelah usai Acara

Para Panitia penyelenggara setelah usai Acara

Perlombaan pun selesai setelah panitia mengintruksikan para peserta untuk mengangkat pancingan mereka dari kolam, dan mempersilahkan para juru timbang melakukan penimbangan untuk ikan hasil pancingan dari seluruh team pemancing maniac ikan mas ini, Petrick Goana mengikuti langsung proses penimbangan hingga usai. Dan panitia pun mengumumkan para pemenang Utama dari event ini dengan Kategori sebagai berikut, Juara total Group terbanyak di sabet oleh D’MANCING dengan peroleh 122 ekor, Juara Total Induk Group di menangkan oleh ALUMNI dengan perolehan 8 ekor ikan induk, Juara Total perseorangan di raih oleh tuan rumah JOMON FC, Juara Induk terbesar perorangan berhasil di gaet oleh group MILIS dan juara ikan merah perorangan di menangkan oleh team RCTI FC. Seluruh pemenang mendapatkan hadiah sesuai ketentuan dan berfoto bersama dengan penguru AEFC sebagai Seremonial dan penghargaan.#adf - Adhi Fatah

Comments

comments

Comments are closed.