Turnamen Mancing Laut, Hari Jadi Kab Indramayu ke-487

DSC01998

Pesona dan potensi alam laut P Biawak, Gosong Tengah serta Candikian sebagai salah satu destinasi mancing di lepas pantai Utara ( L Jawa, red ) perairan Indramayu, sudah sejak lama diketahui dan diminati para pancinger dari berbagai daerah di tanah air.
Pada bulan-bulan tertentu saat kondisi laut tengah kondusif dan datangnya musim ikan, ketiga pulau-pulau karang kecil yang dikenal sebagai KepRakit ( BoompjesEil ) ini, tidak hanya ramai oleh nelayan pencari ikan semata. Tapi juga disambangi para pancinger dari berbagai daerah, yang ingin memuaskan hajatnya bertualang mancing di sekita rperairan ketiga pulau kecil ini.
Tak jarang para pancinger tersebut menghabiskan waktu selama 2 - 3 hari di pulau yang hanya dihuni satwa Biawak dan seorang penjaga mercu suar ini, dan menjadikannya sebagai base camp guna mewujudkan impian untuk dapat bertarung dengan ikan-ikan target buruan seperti: Layaran ( Sailfish ), GT, Tenggiri, Barakuda dan lain-lain, sambil berwisata alam.
Apalagi dalam 3 tahun terakhir, berbagai turnamen mancing dengan beragam tema digelar di sekitar diperairan Kep Rakit ini. Karena itu tak heran, jik a daya tarik memancing di perairan Kep Rakit ( P Biawak ) kemudian menjadi sebuah fenomena, yang mendorong tingginya antusias medan kegandrungan para pancinger untuk bertualang mancing di perairan Indramayuini.

Zagan Team Jakarta, Juara I & II Species Barracuda.

Zagan Team Jakarta, Juara I & II Species Barracuda.

Melihat fenomena tingginya antusiasme dan kegandrungan para pancinger untuk beraktifitas mancing diperairan sekitar Kep Rakit, maka pada kesempatan menyambut Hari Jadi Kab Indramayu yang ke 487,untuk kedua kalinya masyarakat dan Pemkab Indramayu menggelar turnamen mancing laut akbar diperairan sekitar P Biawak, P Gosong dan Candikian ( Gugusan Kep Rakit ) pada hari Sabtu 15 November 2014 lalu.

Adanya turnamen mancing laut ini, sudah tentu disambut positif berbagai kalangan masyarakat, pancinger dan nelayan di Indramayu. Hal itu sangat wajar, mengingat harapan dan keinginan mereka agar perairan Indramayu menjadi salah satu destinasi mancing di pantai utara Jawa Barat, akhirnya dapat terwujud.
Apalagi ditambah adanya dukungan dari disporabudpar, Pertamina, Seturada FT dan mantan WakaPolres Indramayu Bapak AKBP Andree Ghama Putra SIK. Maka tak pelak lagi, responpositif bukan hanya datang dari masyarakat setempat saja.Tapi juga mengundang animo yang begitu tinggi, dari para pancinger / komunitas mancing luar daerah Indramayu seperti : team WJWFA dari Bandung, BAC Bekasi, Zagan Team Jakarta, Jack Angler Team Jakartadan Cirebon Angler, untuk mendaftarkan diri sebagai peserta turnamen mancing di Indramayu ini.

DKP FC Indramayu, Juara I Spesies Tenggiri.

DKP FC Indramayu, Juara I Spesies Tenggiri.

KepadaBM, KaDisporabudpar Kab Indramayubpk Budi Karyadi, Kegiatan turnamen mancing ini adalah salah bukti, bahwa perairan Indramayu memiliki potensi yang sangat besar dibidang Wisata Bahari khususnyaWisataMancing.
Karena itu selaku Ka Disporabudpar, dirinya akan selalu berusaha keras agar kegiatan turnamen mancing ini dapat diselenggarakan secara rutin dan sukses seperti yang diharapkan masyarakat Indramayu.
Namun demikian p Budi Karyadi juga mengingatkan, agar masyarakat tidak berlaku masa bodoh terhadap usaha keras yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan keinginan masyarakatnya. Salah satu caranya adala hdengan menjaga ekosistem perairan, agar ikan-ikan yang menjadi target pancingan dapat tetap terjaga kelestariannya, serta mampu mengundang minat lebih banyak pancinger untuk beraktifitas di perairan Indramayu.

Sementara Kacung dari Seturada Fishing Tackle selaku pelaksana turnamen mengatakan kepada BM sebagai berikut :

“Tujuan utama di selenggarakannya Turnamen Mancing Hari Jadi Kab Indramayu ini adalah, dalam rangka turut berpartisipasi dalam membangun, menghidupkan serta meningkatkang a rah industry kepariwisataan daerah di sektor Wisata Bahari khususnya Wisata Mancing.
Selain itu, kegiatan turnamen ini juga merupakan salah satu bagian dari upaya untuk mempromosikan P Biawak kepada publik, sebagai lokasi kegiatan Wisata Bahari khususnya Wisata Mancing dan wisata pengetahuan yang layak untuk dikunjungi oleh masyarakatluas “ jelas Kacung.

Glabed Jaya FT, Juara II Species Tenggiri.

Glabed Jaya FT, Juara II Species Tenggiri.

Seperti pada beberapa turnamen sebelumnya. Pada turnamen berhadiah total sebesar Rp 16.000.000 kalI ini, juga berlangsung meriah. Tercatat, sebanyak 23 team / klub mancing dari dalam dan luar Kab Indramayu, telah terdaftar sebagai peserta turnamen untuk memperingati Hari Jadi Kab Indramayu ini. Di antaranya tampak, Team WJWFA 1 & 2 dari Bandung, team BAC FT – Bekasi, Jack Angler – Jakarta, Zagan Team – Jakarta, Hooky Team – Cirebon dan Cirebon Angler dari Cirebon.
Kemeriahan turnamen pun semakin memuncak, tatkala diketahui bahwa para personil team dari luar daerah ternyata sarat dengan pengalaman diberbagai kancah turnamen mancing ting kat Nasional. Ditambah lagi dengan keikutsertaan mantan WaKapolres Indramayu AKBP Andree Ghama Putra SIK yang ternyata juga seorang pehobby mancing. Maka tak salah, jikaTurnamenMancingExplorasiHariJadiKabIndramayuke 487 ini, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan pemancing di Indramayu.

Namun demikian, ada satu hal yang berbeda dari penyelenggaraan turnamen mancing kali ini. Yaitu, keberangkatan peserta tidak hanya dilakukan dari PPI Karang Song sebagai pusat kegiatan, tapi juga dilakukan dari beberapat empat lain seperti, desa nelayan Limbangan dan Majakerta.Hal itu disebabkan, adanya perbaikan di s ekitar muara S Song.

Akhirnya, dari hasil perburuan para peserta yang berlangsung sehari penuh tanpa lelah ini, diperoleh susunan pemenang sebagai berikut :
• Juara Tenggiri terberatI : DKP FC, Indramayu – Tenggiri 8,7 kg - Rp3.000.000,-
• Juara Tenggiri terberat II: Glabed Jaya FC, Indramayu- Tenggiri 7,5 kg -Rp 2.000.000,-
• Juara GT terberat I: BAC Fishing Team, Bekasi - GT 2 kg - Rp 3.000.000,-
• Juara GT terberat II: Geger Lintang FT, Indramayu - GT 1,35 kg – Rp2.000.000,-
• JuaraBaracudaterberatI : Zagan Team, Jakarta – Baracuda3,5 kg - Rp3.000.000,-
• JuaraBaracudaterberatm II : Zagan Team, Jakarta – Baracuda 2,3 kg - Rp 2.000.000,-
• Juara Total Ikanterberat :- Rp 1.000.000,-
• ABK terbaik :- Rp1.000.000,-
♣♣♣ M I s k a n d a r Z

Comments

comments

Comments are closed.