Barakuda Tralala

Barakuda

Sobat mancing mania ... saya mau akan memberikan kabar mancing di tabloid  atau majalah berita mancing soal pengalaman mancing barakuda.

Tiba-tiba reel menjerit keras, kreeetttt.... saya pun terkaget-kaget dan seketika itu saya langsung meloncat mengangkat rod troling. Saya pun mulai fighting mati-matian. Pertama saya berpikir ini yang makan pasti tenggiri karena karakter berenangnya  melesat bak peluru.

namun kami semua tercengang ketika melihat ikan dipermukaan sana adalah ikan barakuda besar. "Hahaha barakuda bro...!" teriak abk kapal meledek saya. "Sialan kirain tenggiri," kata saya sambil tetap menggulung engkol ril.

Ikan barakuda besar alias barakuda tralala berhasil saya naikkan ke kapal dan saya gendong seperti bayi. "Hidup barakuda tralala.." kata sambil tertawa riang.

Barakuda adalah ikan dalam kelas Actinopterygii   terkenal  dengan wujud yang menyeram dengan gigi sangat tajam bak gigi buto cakil dalam peawayangan hahahah. Ikan yang saya dapat panjang lebih dari 1 meter, konon ikan ini bisa mencapai panjang 3- 4 meter persis buaya.

Barakuda yang kecil sering disebut dengan nama alu-alu. Panggilan alu-alu dikarenakan bentuknya seperti alu penumbuk padi panjang lancip sehingga para nelayan dahulu menyebut ikan ini dengan ikan alu-alu. Ketika masih kecil ikan ini hidup bergerombol alias sholing fish. Ketika menjadi besar dan raksasa ikan bara kuda cenderung hidup menyendiri di sudut laut ini hahahaha... kayak lagunya  pambres. Yang besar hidup secara solitaire.

Bagi pancinger barakuda adalah terkenal ikan yang sering memotong kenur para pancinger dengan giginya.  Bisa dipancing secara dasar, koncer, dan troling.

Comments

comments

Comments are closed.