Tuna Gigi Anjing Petarung Tangguh


Apa lantaran gigi ikan ini mirip sekali dengan anjing, lalu banyak orang menamai ikan ini dengan nama dogtooth tuna atau tuna gigi anjing? Barangkali ya!. Yang jelas memang muka ikan ini seperti anjing herder. ikan ini memiliki tenaga yang sangat kuat bak anjing Doberman, dan di kalangan pacinger tergolong petarung tangguh.
 

Marcus W Nugroho dengan ikan tuna gigi anjing

Tuna yang memiliki famili scombridea ini mempunyai nama ilmiah Gymosanda unicolor. Selain berjuluk tuna gigi anjing, ikan ini juga kerap disebut tuna sisik (scaleeless) atau tuna  putih lantaran warna tubuhnya yang keperak-perakan dan nyaris tak bersisik. Di sekitar barat daya pasifik, ikan ini dijuluki kidu-kidu, atau dadori. Sementara nelayan menamai ikan ini dengan nama tongri singkatan dari tongkol tenggiri.
Ikan yang panjangnya bisa mencapai 180 cm ini sisiknya hanya terdapat di sepanjang garis lateral dan sedikit  di bagian depan tubuhnya.Kedua sirip punggungnya saling berdekatan. Sirip punggung yang kedua  ukurannya lebih panjang dan berwarna putih, sedangkan sisik lainnya berwarna kuning atau abu-abu. Bagian punggungnya berwarna biru gelap keunguan. Sepintas  tuna ini mirip narrow barred mackerel, tetapi kulitnya lebih tebal dan badannya tampak lebih gemuk.
Habitat
Tuna gigi anjing  di daerah tropis dan sub tropis. Ikan ini banyak dijumpai di daerah Indo pacific, sebelah selatan perairan Jepang, papua New Guini, dan daerah Timur juga selatan Indonesia.Ikan ini paling suka pada daerah berkarang, atau daerah berarus deras, namun terkadang ikan ini juga muncul dekat karang yang berada di dekat pantai.
Ikan sport fishing
Ikan ini tergolong petarung yang tangguh. Apa lagi ketika dipancing secara jigging tenaga ikan sangat kuat  bagaikan anjing doberman yang mengamuk. Bak torpedo dengan laju kencang ikan ini menyambar jig sehingga pancinger dibuatnya keblinger. Gile cing  tenaganya bak bulduzer. Pantas saja jika para jigger mengincar ikan ini sebagai target pancingannya.
Pantas saja ketika Pak Ismet yang memecahkan rekor nusantara yang menaklukan tuna ggi anjing seberat 72 kg  , dirinya diliputi rasa suka cita yang mendalam. Bak pahlawan yang memenangkan pertempuran. Rekor dunia untuk kategori all tackle  adalah seberat 131 kg. Woww kagak kebayang rasanya narik ikan dogtooth tuna seberat itu.***  marcus widhi nugroho

Comments

comments

Comments are closed.