BARRAMUNDI TIME


Marcus Berita Mancing : i lke this fish

I like this fish.  First strike this fish run … barramundi always fight. Saya sangat suka mancing ikan barramundi. Dari pertama strike ikan it uterus berontak dan bertarung mati-matian dengan cara yang luar biasa. Ikan ini terus jumping.  Inilahyang disebut saat kritis oleh anglers. Dalam foto ini saya memancingnya dengan tehnik casting. Sejatinya banyak cara untuk memancing ikan barramundi ini dan selanjutnya akan kami jelaskan bagaimana si barramundi.
Barramundi  di Indonesia disebut dengan nama adalah salah satu predator besar, tumbuh hingga mencapai bobot 60kg. Barramundi dapat tumbuh mencapai 180 cm. dan mencapi usia kedewasaan ketika barramundi mencapai panjang sekitar 99 cm usia barramundi bisa mencapai 25 tahun. termasuk kedalam jajaran keluarga ikan yang cukup besar, barramundi merupakan perpaduan antara ikan yang hidup pada umumnya di air tawar dan air asin karena barramundi sangat cepat beradaptasi dari perairan air tawar ke air asin (laut). Rekor pribadi dalam trip yang kami lakukan bersama Pak Dudit Widodo dan Joe Mich hanya 22 kg, namun kawan saya dari daerah Pantura berhasil memancing ikan barramundi dengan berat 28 kg. Wooowww sebuah prestasi yang luar biasa.  

Ikan sangat cantik memiliki warna  perunggu sepanjang punggung, warna perak sepanjang sisinya,dan warna putih di bagian bawahnya. Kalo yang saya dapat warnanya agak unik warna krem dengan bercak-bercak gelap dan beberapa ditemui mempunyai warna kekuning-kuningan di bagian belakang dan sirip ekornya. Kebanyakan barramundi memulai kehidupanya sebagai jantan dan berubah menjadi betina ketika semakin besar

Area Habitat

Habitat hidup Barramundi berada di air payau terutama yang bersuhu air cukup hangat dan bersih disekitar muara.

Pak Doni tersenyum riang setelah berhasil mendapat barramundi
 Barramundi juga dapat ditemui di laut yang tidak jauh dari pantai, dekat bebatuan atau karang, dekat dekat dengan tonggak tonggak kayu di muara-muara sungai/kali, dalam tambak atau aliran air ke tambak, DAM, Jembatan dekat muara, Tikungan sungai, banjir kanal, anak sungai, daerah pengairan sungai dekat muara, terutama dengan banyak kayu pada dasarnya, bahkan sampai wilayah pedalaman sungai serta daerah daerah lain yang masih terhubung secara langsung dengan laut dan terpengaruh oleh air pasang-surut air laut.

Ringkasnya Barramundi melakukan migrasi dari air tawar ke air asin untuk bertelur, dan kembali berkumpul ke arah sungai karena memang barramundi atau kakap berhabitat disekitar muara dan juga karena kakap ini dapat beradaptasi dari perairan laut ke air tawar atau sebaliknya

Umpan

Udang (sebaikya udang putih) ukuran ± 10 cm, Ikan Belanak, Ikan-ikan kecil di muara, Minnow Deep Diving, Minnow Rattler, Popper, Soft Plastics, Surface crawler. Flies - Saltwater Baitfish.
lainnya - Trolling and spinning lures seperti Rapala minnows, Frog lures (umpan kodok), Bomber Long A's, Nilsmaster Spearheads, Killalure Terminator II's dan Cordell rattlers.

Alat perlengkapan memancing jenis ini:

• Joran: ukuran panjang 1-4 meter dengan spesifikasi joran jenis antenna / joran patah dua/tiga
Kualitas joran kaku untuk dapat menyentak kuat saat strike (kekuatan joran sebaiknya 15-30 lb)
• Line: 4 - 10kg utamananya senar dengan diameter 0.50 m/m.
• Gunakan Neckline diujung senar ± ½ meter(karena yg sering terjadi saat strike senar putus di ujung karena tarikan kuat saat strike dan sirip ingsang kakap tajam seperti silet )
• mata kail: No.6 - 9.(apabila menggunakan umpan udang atau ikan belanak hidup)
• Peralatan reel: Medium spinning atau baitcaster gear untuk lures dan baits(umpan buatan).
• Parang untuk membuka lahan mancing (biasanya pinggir sungai masih berupa semak belukar)
• Rokok 2 bungkus untuk teman mancing atau jaga jaga dari lintah atau pacet
• Minuman dingin atau hangat serta camilan untuk teman menunggu terjadinya strike

 

Joe Mich  memburu barramundi di Papua
Fishing tips

1. Apabila menggunakan udang hidup (sebainya udang putih).

2.  apabila memancing dengan pemberat timah usahakan posisi umpan pada ketinggian 75 cm s/d 1 meter di atas pemberat dan timah pemberat tidak boleh terlalu berat.
3. pakai timah daun /gepeng l gepeng dipilin (jangan sampai kencang) sehingga udang dapat bergerak bebas ketika umpan sampai bawah
4. waktu tepat :  mulai pasang atau saat batas teratas air pasang di sungai kondisi air bersih kehijauan, coklat muda (seperti air teh) atau kuning dan rasa air payau adalah saat yang tepat untuk memulai memancing barramundi.
5. Bulan : setelah musim hujan dari bulan april – mei dan periode sebelum musim penghujan antara bulan oktober sampai November
6. Lokasi : cerukan dari muara atau sungai yang cukup dalam dan luas atau di celah celah/tonggak kayu dan karang serta bebatuan.

7.   Saat hujan : mancing pada waktu petang dan malam hari adalah kondisi yang baik ketika barramundi sedang penuh berahi dan cenderung produktif. Pada saat ini barramundi melakukan perjalanan keara

Comments

comments

Comments are closed.