Aneka Ragam Teknik Nyumi

Siapkan capela mulai dengan size 3.5 inch - keatas, jika tidak ada ukuran jumbo biasanya sang kapten membawa dan bisa dipinjam. Idealnya trolling dilakukan pada malam hari ketika saat terang bulan. Karena cumi dengan ukuran besar mudah ditemui. Kecepatan perahu saat trolling tidak sama dengan trolling ikan, kecepatan trolling cumi sangat pelan dan max. 1 knot.

Tehnik Casting
Siapkan capela mulai dengan size no. 2.0, 2.5, 3.0, 3.5 (perbanyak size 2.5 karena size ini bisa menjangkau berbagai ukuran cumi mulai dai Baby, ABG, Jagger bahkan Monster). Sesuaikan capela dengan target cumi yang akan dicari dan biasanya jika capela besar cumi kecil akan ogah/takut ngebaham capela (terkadang ada juga yang nekat sih), tapi kalau pakai capela kecil tidak saja hanya cumi kecil yang mau ngebaham bahkan jagger dan monster juga sering memakannya. Tetapi terkadang mocel jadi butuh kesebaran dan keahlian.
Akan lebih bagus capela yg GID/fosfor untuk casting malam, jika tidak ada juga tidak masalah dan cari capela dengan type deep (dengan timah lebih berat) alias untuk air dalam.
Warna capela usahakan bawa yang dominan Orange, Pink, Blue n Green, Or kombinasi warna diatas tersebut.
Tehnik Casting Cumi ada 2 cara :
1. Tehnik Casting
Lempar jauh capela padd spot yang dituju ( tunggu min 5 detik & maks 10 detik tergantung kedalaman) kemudian retrieve pelan dan sesekali walk the dog secara beraturan.

2. Tehnik Yoyo
Lempar capela pada spot yang dituju (bisa jarak 1 m. dari perahu or lebih), kemudian usahakan capela menyentuh dasar laut terus gulung sedikit agar tidak nyangkut dan kedut2 saja (seperti ngotrek/main yoyo).***Als Jones

Comments

comments

Comments are closed.