Destinasi Mancing GT Mama di Indonesia


Kecantikan Indonesia ternyata sangat membahayakan! Mengapa? Ya.., Keindahan pulau-pulau di wilayah NKRI yang berjajar dari Sabang sampai Merauke memiliki destinasi mancing yang tergolong mendunia seperti lokasi GT Mama misalnya. Di sini kami hanya menyajikan sebagian kecil dari sebagaian besar wilayah Indonesia yang terdapat GT Mama. Semoga dapat membantu Anda menemukan pertarungan dengan GT Mama.
1. Pulau Rondo dan RI Nol
Pulau Rondo berada di daerah Nangro Aceh Darusalam. Posisi Pulau Rondo terletak di utara pulau We (Sabang) secara geografis pulau Rondo berada di paling luar Indonesia ini banyak ditemuan GT berukuran 20 kg s/d 30 kg. Sesekali di daerah ini juga terdapat GT Mama. Selain Pulau Rondo di dekat Pulau Aceh terdapat mercusuar RI Nol merupakan lokasi GT ukuran sedang hingga GT Mama.
2. Ujungkulon
Ujungkulon merupakan lokasi GT mama yang paling dekat dengan Jakarta. Ikan GT yang paling sering di dapat adalah ukuran 15 – 20 kg. Sebenarnya GT mama di lokasi ini sudah banyak terpancing sejak tahun 1997-an hingga kini. Dekatnya destinasi mancing dengan kota besar seperti Jakarta membuat populasi GT teruama GT mama bekurang sekarang ini.
3. Gunung Kidul dan Pacitan
Daerah Yogyakarta terdapat lokasi mancing secara land base atau rock fishing yaitu daerah Gunung Kidul Yogyakarta terbentang ke timur hingga masuk wilayah Wonogiri dan Pacitan Jawa Timur. Dari catatan yang yang diterima Berita Mancing, meski lokasinya bertebing tingggi dan bebatuan karts yang tajam, tak menyurutkan semangat pancinger berburu GT dari atas tebing (rock fishing). Cerita tentang GT Mama tertangkap pancinger di Gunung Kidul hingga kini terus menggayut dibenak pancinger karangan .
4. Banyu Biru Malang Selatan
Gugusan batu karang atau dikenal Batu mandi di Banyu Biru - Malang Selatan ternyata menjadi tempat persembunyian GT dari ancaman nelayan. Hanya pancinger bernyali tinggi mampu naik perahu katir menyusuri tebing karang untuk memancing GT yang sembunyi dibalik ganasnya karang Banyu Biru Malang Selatan.
5. Bali dan Nusa Penida
Pulau Bali dan Pulau Nusa Peninda yang terkenal keindahanya ternyata banyak di huni GT mama. Bahkan keberadaan GT Mama di Bali sudah tersohor hingga manca Negara. Sekarang banyak operator mancing yang ditumbuh di Bali yang bisa mengantar pancinger mendapat Gt Mama. Nikmati tangguhnya pertarungan dengan GT Mama di Bali dan Pulau Peninda.
6. Pulau Komodo - NTT
Pulau Komodo yang tersohor kesuluruh dunia banyak terdapat ikan GT mama yang membuat pancinger dunia tergiur untuk datang ke sana. Bahkan di daerah ini salah satu lokasi yang sangat excellent. Lokasi jadi target perburuan GT mama di kancah pancinger dunia.
7. Pulau Lamalera dan Lambata -NTT
Pulau Lamalera yang luar biasa itulah kesan presenter Dudit Widodo dari trans7 dalam acara MMT7. Di daerah Pulau Lamalera dan Pulau lambata pulau terpencil di NTT yang sering disebut oleh Pak Dudit dan krunya sebagai “ujung dunia” terdapat GT Mama dengan ukuran 35 kg up. Kini Pak Dudit dan kawan-kawan kawatir keberadaan GT mama di sana semakin berkurang karena hot spot sudah diketahui pancinger Jepang dan mereka sekarang berduyun-duyun menyerbu kedua lokasi favorite tim MMT7. “Kami sepertinya gak rela lokasi “kampungnya Pak Dudit” di acak-acak, tapi itulah realita dan konsekuensi dari sejuta daya tarik GT Mama yang mana pancinger rela berburu sampai ujung dunia,” ujar Mike reporter MMT7 kepada BM.
8. Kupang, Alor dan Rote – NTT
Daerah Kupang juga merupakan lokasi mancing ikan Gt mama. Banyaknya ikan GT mama di Kupang maka banyak pancinger Jepang yang rela menyambangi daerah ini. Selain daerah Kupang juga terdapat lokasi GT mama yaitu Alor dan Rote.
9. Sumba Timur
Panasnya daerah Sumba Timur ternyata tidak membuat minat pancinger mundur untuk mendatangi pulau yang terkenal dengan sebutan pulau kuda liar ini. Justru karena terkenal dengan GT Mama lokasi ini sering disambangi pancinger.
10. Halmahera Utara
Halmahera utara, kota Tobelo,salah satu wisata mancing ikan GT Mama. Keberadaan GT Mama membuat semua warga senang jika ada pancinger asing datang kesana. Hal ini kami rasakan ketika untuk pertama kalinya kami berkunjug ke Halmahera Utara dan tim kami mendapat GT mama seberat 36 kg. Lokasinya yang sarat dengan sejarah perang dunai kedua seperti pulau Morotai, Pulau Lima dan disana juga terdapat hot spot GT Mama, membuat Halmahera Utara merupakan salah satu destinasi GT mama secara mendunia.
11. Banda Naira – Maluku
Belakangan ini kawan saya menjadi fishing operator di Banda Neira sering mengantar tamu-tamu dari manca negara untuk menikmati tarikan GT mama. Lokasi pulau yang terpencil di wilayah Maluku ini ternyata bukan hanya terkenal dengan biota lautnya yang aduhai indahnya. Bagi pancinger perairan sekitar Banda Naira bagaikan perawan cantik yang sedang mennggu kekasihnya. Pucuk di cinta ulam pun tiba. Kini ada salah satu operator mancing lokal yang bisa memberikan kenikmatan menarik GT Mama sepanjang trip mancing di sana. Kini cerita pencarian GT Mama di sana telah didengar pancinger dunia (uniknya pancinger lokal banyak tidak tahu) dan hingga kini banyak pancinger manca negara itu membuktikan sendiri duel dengan GT Mama dan ia mendapat sejuta cerita tentang GT Mama. ***mrk

Comments

comments

Comments are closed.