Lider Untuk Big Game Fishing

Mancing ikan-ikan besar seperti ikan billfish, tuna, dan hiu diperlukan kekuatan dalam memakai lider. Dari pengalaman pancinger yang gemar mancing big game bahwa lider untuk memburu ikan besar pada dasarnya ada dua jenis yaitu lider monofilament dan kawat (wire). Nah berikut ini bagaimana kiat memilihan lider berdasarkan target ikan serta piranti mancing.

Sering kali peristiwa ikan marlin yang kita dambakan lepas di depan kapal. Kejadian ini membuat pancinger shock dan bertanya apa yang salah? Nah salah satu yang wajib diperhatikan agar ikan tidak mocel di depan kita adalah soal lider.

Big game fishing adalah mancing di tengah laut dengan target ikan-ikan besar seperti billfish, tuna dan hiu. Karena targetnya adalah ikan-ikan besar maka juga diperlukan piranti mancing yang benar-benar prima. Selain piranti juga diperlukan kerjasama bagus antara pancinger, kapten dan kru.

Untuk memburu ikan-ikan besar salah satu yang wajib diperhatikan adalah kesiapan alat pancing. Jangan pernah menyepelekan masalah piranti mancing. Sudah banyak pengalaman pancinger yang mengalami penyesalan dengan lepasnya ikan, hanya karena sikap ceroboh tidak memeriksa semua alat pancingnya. Untuk itu jika anda berpikir untuk mancing big game fishing mulai saat itu juga anda harus memperhatikan alat seperti joran, ril, kenur, kili-kili, umpan bahkan lider pun tidak luput dari perhatiannya.

Khusus pada lider, banyak pancinger yang kurang berpengalaman mancing di tengah laut merasa bingung ketika akan menggunakan ukuran lider saat mancing. Agar Anda tidak ragu-ragu dalam memilih lider berikut ini kami berikan tips memilih lider bagi para penggemar mancing ikan-ikan besar. Tips pemilihan lider ini sengaja kami ambil dari majalah Marlin Magazine, sebuah majalah yang khusus mengupas masalah mancing marlin.

Target Spesies Tackle size Lider
Billfish besar 20 lbs ke bawah Mono kelas 200 – 300 pound atau wire 0.029.
Billfish besar 30 lbs ke bawah Mono kelas 200 – 400 pound atau wire 0.029.
Billfish besar 50 lbs Mono kelas 400 - 500 pound atau wire 0.038 / # 15.
Billfish besar 80 & 130 lbs Mono kelas 400 – 500 pound atau wire 0.040 / # 15.
Billfish kecil 20 lbs ke bawah Untuk sailfish mono 60 pound.
Untuk Marlin mono 80 – 100 pound.
Wire no. 5 dan 7.
Billfish kecil 30 lbs ke bawah Mono kelas 150 – 200 pound
Tuna kecil 20 lbs ke bawah Lider kecil sangat bagus. Biasanya mono 125 – 130.
Tuna kecil 30 lbs Mono 125 – 130 pound.
Large Yellowfin, big eye 50 lbs Mono 130 – 200 pound.
Large yellowfin, bigeye 80 lbs Mono kelas besar.
Giant bluefin 130 lbs mono kelas 250 – 300 pound.

Setelah anda memilih lider baik mono maupun wire barulah dibuat dipadukan dengan piranti lain yaitu kenur utama dan umpan. Harapan kami dengan tepat memilih lider untuk big game fishing bisa membantu mania dalam berburu marlin maupun tuna. Semoga bermanfaat. mrk (Sumber: Marlin Magazine)

Comments

comments

Comments are closed.