Belida Jawa


Ikan belida jawa memiliki nama Notopterus, dengan nama ilmiah Notopterus Notopterus, dengan keluarga Notopteridae.
Ikan fresh water yang aslinya berada di Asia Selatan ini memiliki panjang maksimum 60 cm. Ikan belida jawa juga bisa menyelam hingga kedalaman 15 m. Cara hidupnya lebih menyukai sendirian (soliter).
Cara berkembang sama dengan ikan-ikan yaitu dengan bertelur di tempat yang tenang atau ditempat yang berair. Dimana ikan ini meyukai pH air 6 – 6,5 dengan suhu air 24°C - 28°C .
Penyebaran ikan Belida Jawa meliputi Asia, Indus, Ganges-Brahmaputra, Mahanadi, Krishna, Cauvery, and other river basins in southern India; Irrawaddy, and Salween; Meklong, Chao Phraya, Mekong dan sungai-sungai Thailand, Malaysia, Sumatra dan Jawa.
Ikan belida jawa termasuk ikan endimik asli Indonesia yang sekarang ini keberadaannya semakin langka karena semakin banyak pencemaran sungai dan penangkapan ikan yang berlebihan. Jika anda memancing ikan ini sebaiknya dengan cara cacth and release.
Ikan ini bisa dipancing dengan tehnik glosor, jeblug dan ngoncer. Umpan yang digunakan adalah ikan-ikan kecil, udang hidup. Habitat ikan ini berada di sungai besar, danau, dan setu.Ciri khasnya adalah lekukan dikepala tidak terlalu terlihat.***bm

Comments

comments

Comments are closed.