Rabu, 26 Oktober 2011

Rasa penasaran beberapa bocah kecil ketika melihat ikan-ikan besar dari para pancinger yang ikut dalam banda Aceh Fishing Tournament. Salah seorang bocah terus menrus meminta mendekat dengan ikan-ikan tuna besar. “Pa…, aku pingin liat dari dekat ikan itu,” rengek sang anak kepada Bapaknya. Setelah bapak minta ijin panitia untuk mengantar anakanya mendekati ikan tuna besar. “hi.. ikan gede banget ya pak,” kata anak itu kepada Bapaknya.
Lain lagi dengan salah seorang bocah yang yang diajak ibunya mendekati ikan tuna besar namun si bocah itu justru ketakutam. “hiiii takut ma..” katanya seraya menarik mamanya untuk menjauhi ikan. Sang ibu harus merayu anaknya dan menjelaskan bagaimana tentang biologi ikan.

Pada waktu yang lain ada seorang bocah lari menerobos ring dan memegang-megang sirip ikan. Ia begitu kagum dan bertanya kepada orang dewasa yang kebetulan dekat dengannya. “Bang ikangede ya, nangkapnya gimana?”. Mendapat pertanyaan pemuda yang disampingnya kelabakan menjawab itu ikan dapatnya dipancing.
Dalam waktu yang hampir bersamaan seorang bocah menyerobot ke dalam dengan salah satu pancinger dari tim Magna. “aku mo lihat ikan pancingan Papa, ini yaa ikanya. Hiii gede banget,” kata si bocah tersebut sangat bangga. Sang Ayah pun kemudian bercerita bagaimana serunya mancing ikan besar di tengah laut.

Pelajaran yang dapat petik pada peristiwa di atas adalah jangan pernah menyepelekan atau melarang seorang bocah yang memiliki rasa ingintahu besar supaya mereka lebih dekat dengan dunia dans ekitarnya termasuk ikan. Kita justru harus mengembangkan imajinasi anak kecil apa yang dilihat dan apa yang didapat dari manicing , harapan kita kelak mereka paham betul hobi mancing .***

0 komentar:

Poskan Komentar