THE 7TH KASAL CUP BIG GAME FISHING TOURNAMENT


THE 7TH KASAL CUP BIG GAME FISHING TOURNAMENT
83 Tim Memperebutkan Piala Kasal

Pada tanggal 10 – 12 Juni 2011, Tentara Nasional Indonesia menggelar turnamen “The 7th Kasal Cup Big Game Fishing Tournament” di Tanjung Lesung, Ujung kulon- Banten. Turnamen yang memperebutkan Piala Bergilir dan Piala Tetap Kepala Staf Angkatan Laut merupakan perhelatan akbar ditahun ini. Ada 83 tim jumlah peserta yang terdiri dari dua bagian besar yakni: Profesional berjumlah 23 tim, dan tradisional terdiri dari 60 tim. Pancinger sejati bertarung habis dan mengerahkan seluruh kemampuan baik secara tim juga skil individu masing-masing. Semua berlomba mancing dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas untuk menjadi juara. Kali ini “The 7th Kasal Cup Big Game Fishing Tournament” benar-benar special memberikan warna yang dapat menjangkau seluruh pancinger sejati baik dari kalangan professional juga tradisional, jumlah peserta lomba menunjukkan bahwa event ini sungguh dinanti-nantikan alias bergengsi. Secara seremonial turnamen ini terbilang sangat sukses, meriah dan eklusif.
“The 7th Kasal Cup Big Game Fishing Tournament “di buka oleh Irjenal Bapak…., yang di dampingi oleh Laksma Herry Setia Negara, Laksma Arief Rahman dan Brigjen (Mar) Chaidier Patonnory, saat Bapak Irjenal… menekan tombol sirine pertanda dibukanya turnamen, langit di sekitar Tanjung Lesung menjadi penuh hiasan kembang api. Letupan kembang api bersahutan dengan sorak- sorai semua orang yang menyaksikan memancarkan wajah senyum dan bahagia moment turnamen ini sungguh luar biasa. Semua larut dalam suasana “pesta” suka cita bagaikan menyambut “pesta” pergantian tahun. Apa lagi dimeriahkan suara emas Bapak laksma Heri setia Negara yang melantunkan lagu “surti” dari Zambrud membuat semua orang sangat menikmati suasana kala itu. Ini sentuhan tersendiri yang disuguhkan untuk memeriahkan acara pembukaan The 7th Kasal Cup Big Game Fishing Tournament. “One more again…! Satu lagi…” teriak semua orang agar Bapak Jendral bintang satu ini kembali melantunkan lagu.

Menjelang malam Bapak Brigjend TNI Mar Chaidier Patonnory memberikan pengarahan dan briefing kepada semua peserta turnamen. Sebagai Direktur turnamen, Bapak Brigjend TNI Mar Chaidier Patonnory menjelaskan secara detil aturan dan peratuan turnamen kepada semua peserta.
Pelepasan Peserta Tournament oleh Wakasal
Sabtu pagi jam 04.00 (11 juni), meski kabut tipis menyelimuti pantai Tanjung Lesung, namun semua aktifitas sudah ramai bergerak, baik peserta maupun abk hilir mudik menggunakan rubber boat untuk menggantar pancinger ke kapal masing-masing, yang memang berlabuh di luar dermaga.
Ketika pukul 06.00 tepat Wakasal menembakan pistol suar dan langsung diikuti tembakan salto dari pasukan khusus TNI AL serta tembakan kembang api di udara. Serentak 83 kapal peserta mancing menyambutnya dengan membunyikan klakson menandai pelepasan peserta mancing. Satu persatu bergerak bagaikan parade kapal, berbaris sangat rapi dan teratur. Dengan persiapan dan penuh semangat serta wajah yang menyimpan sejuta harapan akan mendapat tangkapan yang super gede hari ini para pancinger sejati tancap gas melaju menuju spot masing-masing yang dianggap sebagai sarang ikan.
Bagaimana serunya turnamen kala itu terus kami pantau melalui radio yang melaporkan setiap kejadian dikapal peserta ke basis turnamen yang berada di KRI Banda Aceh dan Basis turnamen di Tanjung lesung. Dari laporan radio kami bisa mengetahui bahwa masing-masing kapal saling berlomba mendapatkan Ikan.
Malam hari pukul 22.00 saat kami sedang memantau jalannya turnamen dengan begadang, tiba-tiba kami dikejutkan :“turnamen base! baru saja tim garuda berhasil merilis ikan layaran, saat ini kami sedang larut dalam pesta suka cita atas keberhasilan tim garuda merilis ikan layaran,”lapor pasukan pengamat yang berada di atas kapal Garuda. Ucapan selamat langsung kami sampaikan kepada tim Garuda melalui radio. Semakin malam semakin seru, banyak tim yang mendapatkan ikan. Radio turnamen sangat sibuk mencatat semua laporan.
Sorak sorai Peserta Tradisional
Minggu 12 juni, merupakan puncak turnamen dari seleuruh rangkain kegiatan The 7th Kasal Cup Big Game Fishing Tournament. Pada pukul 11.00 merupakan finish turnamen untuk kategori tradisional dan untuk kategori professional tepat pukul 15.00.
Karena peserta mancing tradisional jadwal finishnya lebih cepat maka sejak pukul 09.00 dermaga Sagna Tanjung Lesung sudah penuh dengan kapal peserta turnamen kategori tradisional. Masing-masing tim sebanyak 60 tim membawa hasil pancingan untuk di timbang. Setelah ditimbang maka terlihat sudah siapa yang menjadi juaranya.(Untuk juara bisa baca di box juara).
Suasana penimbangan dan penyerahan hadiah sangat meriah yang dihadiri langsung oleh Bapak Laksma Kingkin Suroso dan Brigjen Mar Chaidier Patonnory. Saat sesi foto bersama dan penyerahan hadiah suasana sangat meriah dimana Pak Kingkin berteriak “Kasal Cup…!!!” langsung disambut semua orang dengan jawaban “Mantaaaaap….” Bagaikan berbalas pantun ala militer dengan ciri khas suara lantang. Sungguh suasana keakraban terasa hangat antara TNI AL dengan peserta lomba tradisional bagaikan satu keluarga yang rukun dan harmonis. Dalam pancaran wajah baik dari pihak penyelenggara maupun peserta lomba mendambakan dengan penuh harapan akan ada lagi event seperti ini tahun depan.
Puncak Kemeriahan
Jika para nelayan tradisonal memiliki gaya sendiri dalam menyambut puncak acara, lain lagi dengan gaya para pancinger profesional dimana mereka juga tidak kalah meriah. Sejak siang basis turnamen di Beach Club yang menjadi pusat kegiatan turnamen dikejutkan oleh perolehan ikan dari tim Insane FC1 yang menimbang banyak GT Mama. Decak kagum semua orang yang melihat dan mereka tertarik untuk mengabadikan moment luar biasa ini. (GT Mama menjelma bagaikan artis yang popular digandrungi fansnya ha…ha…ha…)
Suasana tempat penimbangan ikan sebagai basis akhir turnamen kala itu sangat sibuk dan ramai karena semua tim satu persatu mengantri untuk menimbang ikan hasil pancingannya. Setelah batas akhir penimbangan usai terjawab sudah siapa yang tampil menjadi jawara turnamen kali ini. (Selengkapnya baca box juara)
We are the champion
Detik-detik pengumuman juara merupakan akhir dari seluruh pencapaian lomba dan yang paling mendebarkan dan ditunggu-tunggu oleh semua tim karena ingin tahu siapa yang kelak menjadi juara. Kala panitia menyerahkan piala bergilir Kasal Cup dan Piala Tetap Kasal serta hadiah sebesar Rp 50 juta kepada juara pertama tim Insane FC1,dentuman tembakan kertas pita ke langit dan taburan kertas pita yang berwarna-warni turut mengucapkan selamat kepada sang pemenang diiringi lagu we are the champion menghantar kemenangan sang juara “The 7 Kasal Cup Big Game Fishing Tournament” di Tanjung Lesung pada 10-12 Juni 2011. Tak terhingga rasa syukur pada Yang Maha Kuasa atas kenikmatan yang diberi pada umat-Nya melalui alam persada yang bersahabat, laut, juga ikan yang menjadi sarana mempersatukan seluruh peserta dengan penyelenggara turnamen. Dan yang terlebih semua acara berjalan lancar dan sukses terutama keselamatan dan perlindungan-Nya bagi pemancing tradisional juga professional. Akhirnya kami ucapkan salut pada TNI AL semakin berjaya di laut.***chers

Comments

comments

Comments are closed.