Kamis, 03 Maret 2011


Rahasia Mancing ikan Patin liar di Alam

Membicarakan ikan patin atau ikan jambal sepertinya tidak ada habis-habisnya, bahkan sering jadi topik yang disukai para freshwater wild angler. Ikan patin liar adalah ikan patin dari jenis Pangasius djambal, yang secara alamiah terdapat pada 3 sungai besar di Jawa yaitu sungai Citarum, sungai Bengawan Solo, dan sungai Brantas. Sedangkan di waduk tentu patin hanya terdapat di waduk yang membendung 3 sungai besar di atas dan anak-anak sungai yang berhubungan dengannya seperti waduk Jatiluhur, Cirata, dan Saguling yang membendung sungai Citarum. Waduk Gajah Mungkur, Pondok dan Pacal yang membendung aliran sungai Bengawan Solo, serta waduk Karangkates dan Lahor yang membendung sungai Brantas.
Bila ada ikan patin terdapat di luar ke-3 sungai tersebut, kemungkinan adalah ikan introduksi atau ikan yang dimasukkan, bahkan ada juga ikan yang lolos dari karamba apung atau kolam-kolam pemeliharaan dan hidup liar di sungai/waduk. Ikan yang dimasukkan ini jenisnya berbeda dengan ikan jambal yang secara alami hidup di alam. Jenis ikan yang dibudidayakan di kolam-kolam pemancingan atau di kolam budidaya adalah ikan impor asal Thailand yaitu Pangasius sutjii dan Pangasius hypopthalmus. Memang membedakan jenis-jenis ikan patin sangat sulit bagi orang awan, seperti halnya kita membedakan beragam tanaman padi tentu akan terlihat sama saja, walau sebenarnya berbeda. *** Eko Budi Kuncoro


Patin Sungai
Rumahnya di Kedung Sungai


Ikan patin liar melimpah di sungai saat musim hujan di lokasi yang relatif dalam, sedangkan saat kemarau hanya terdapat di lubuk-lubuk yang secara historis memang merupakan rumah bagi ikan patin. Sangat lazim bahwa ikan patin saat musim kemarau hidup di lubuk-lubuk tertentu dan orang desa secara turun-temurun sudah memahaminya.
Saat musim hujan, ikan ini menyebar bermigrasi secara massal dari lubuk-lubuk tempat musim kemarau bersembunyi dan bergerak ke arah hilir. Pada saat inilah ikan ini terlihat dengan jelas populasinya melimpah, terbukti dengan banyaknya pancinger yang “panen” ikan ini. Lokasinya bisa di sembarang tempat, asalkan lebih dalam dibanding rata-rata kedalaman sungai. Kalau musim kemarau mancingnya di lubuk-lubuk konvensional yang memang secara historis ada ikan patinnya, sedangkan saat musim hujan maka wilayah mancingya bisa lebih luas. Saat musim hujan baik mancing siang dan malam hari peluangnya sama saja dalam menaikkan ikan jambal ke pinggir sungai, tetapi saat musim kemarau tiba, mancing malam lebih berpeluang menaikan ikan ini ke darat.
Umpan yang dipakai bisa beragam mulai dari cacing, pellet, roti tawar, adonan pellet (pellet yang resepnya seperti mancing di kolam pancingan). Cara mancingnya bisa dengan berpelampung atau dengan cara mancing dasar, karena ikan patin mempunyai sifat bentopelagik (hidup didasar sungai, tetapi secara periodik/berinterval menyembul ke atas permukaan).*** Eko Budi Kuncoro

Tiga Spot Favorite Patin di Waduk


Mancing ikan patin di waduk atau danau dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu mancing di rumpon alami, mancing di sekitar karamba dan mancing di pinggir waduk.

a. Mancing di Rumpon Alami
Rumpon alami di waduk maksudnya banyak bekas pohon tumbang yang hanyut saat waduk terisi air dari Hulu. Di bawah pohon tumbang menimbulkan suatu koloni ikan yang berdiam di sekitar barongan. Lokasi ini berkah bagi pancinger dan petaka bagi penjala, karena menjala di barongan berakibat jala rusak parah. Saat waduk surut rumpon terlihat dan akan hilang saat waduk berisi penuh air.
Mancing di lokasi ini hanya dapat dicapai dengan perahu, karena biasanya lokasinya terletak jauh dari pinggir waduk. Ukuran ikan biasanya seragam dan waktu feeding time biasanya pagi, sore dan malam hari. Saat malam biasanya saat yang mendebarkan karena ikan patin jumbo berukuran diatas 2 kg sering bereaksi terhadap umpan yang kita sodorkan. Metode mancing sebaiknya dengan cara berpelampung, dengan dimulai dari kedalaman 1 meter. Bila tidak ada sambutan dapat diturunkan lagi 2 meter, terus berinterval sampai mencapai dasar waduk. Pada kedalaman dimana mendapat sambaran maka kedalaman tersebut harus dikunci dan seterusnya pada kedalaman tersebut akan mendapatkan strike ikan bertubi-tubi.
Posisi ketinggian air berpengaruh terhadap persentase strike. Semakin dangkal justru semakin sering strike karena ikan yang berkumpul di sekitar rumpon alami lebih banyak populasinya dibanding saat air tinggi menutupi atau menenggelamkan rumpon alami. Saat air tinggi seperti itu biasanya ikan menyebar kemana-mana karena nutrisi sedang melimpah-limpahnya.

b. Mancing di sekitar karamba
Mancing di spot karamba adalah mancing di sekitar karamba, bukan di dalam karamba. Di bawah karamba berdiam berbagai jenis ikan memanfaatkan rantai makanan berupa sebagian pellet yang jatuh ke dasar. Karena pakan melimpah maka menjadi lokasi yang banyak dihuni beragam jenis ikan termasuk ikan patin. Bahkan ikan patin di bawah karamba berukuran besar-besar, 2-10 kg. Saya sudah beberapa kali membuktikannya dan hasilnya pasti membuat tidurpun masih bisa tersenyum. Cuma masalahnya untuk mendapat akses mancing di karamba justru lebih sulit dibanding mendapatkan strike ikan patin itu sendiri, karena kita harus kenal dekat dan dipercaya pemilik karamba. Kesimpulan saya beberapa kali mancing di karamba, mancing malam peluangnya bisa 2-3 kali dibanding mancing siang, dan ukuran ikanpun bisa dipastikan mancing malam kebih besar ukurannya. Metode mancing yang efektif adalah mancing dasar, karena ikan hanya berkutat disekitar bawah karamba, tidak pergi kemana-mana.

c. Mancing di Pinggir waduk
Mancing di pinggir waduk juga mempunyai peluang, walupun persentase strike ikan patin masih dibawah mancing di rumpon alami dan di sekitar karamba. Sebagai catatan bahwa hunting ikan patin di pinggir hanya mengandalkan ikan yang sedang berjalan/bergerak mencari makan, bukan rumah ikan seperti kedua spot di atas. Sehingga “gamblingnya” lebih terasa.
Ada beberapa trick untuk mencari ikan patin di pinggir. Mancinglah dilokasi yang memang sering dipancing, lokasi ini biasanya agak dalam, walau di pinggir waduk. Lokasi yang sering dipancing biasanya rame akan pancinger kapanpun, baik siang atau malam. Lokasi ini pastilah bertaburan beragam umpan pellet di dasar waduk, sehingga menimbulkan bau yang merangsang ikan patin untuk mendekat. Selain lokasi ini akan menjadi semacam lokasi “tetap” bagi ikan untuk kembali lagi dengan tujuan feeding.
Biasanya ikan patin yang tertangkap berukuran kecil, sekitar 200-300 gram, walaupun sesekali ada ikan besar juga yang terangkat naik. Mancing dasar adalah satu-satunya cara yang paling efektif, karena umpan harus dilempar jauh ke depan. Sedangkan dengan cara mancing berpelampung niscaya akan berulang-ulang kembali menepi ke pinggir, terkena angin dan ombak sehingga menjauh dari target yang akan dibidik.***Eko Budi Kuncoro

25 komentar:

  1. mantap analisanya, namun patin ga suka makan pancing baang..., tapi makan umpan, jadi pastikan umpanmya rada gedean segede muncang lah.....sebab patin tergolong pada jenis ikan bermulut lebar xi..xi.xi pasti lebih muantap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, makasih
      semoga sukses saja.. - http://www.aslikerinci.blogspot.com/

      Hapus
    2. Mantap gan.......
      Postingnya sangat bermanfaat sekali

      Tambah Lagi donk Koleksinya gan...
      Biar Tambah Betah nongkrongnya hehe...

      Mampir di blog saya ya.......

      =============
      rt1.rw11.com
      rt2.rw11.com
      rt3.rw11.com
      ==============

      Tinggal copy paste di browser.
      Nanti bisa ketemu Pak RT dan Pak RW NYA lo.. hehe....

      Dijamin ga nyesel seumur hidup dech
      Banyak Tips dan Artikel Berguna Banget
      Di Blog saya Gan
      Salah Satunya :

      ====>> " RAHASIA JADI LAKI2 SEJATI " dibuka blak2an bro
      Ga Pake Teori2 basi, Langsung Jossss...

      ====>> ARTIKEL MASALAH STAMINA PRIA
      DLL.

      Terima Kasih Buat agan blog ini

      Salam Sukses aja buat agan....
      Semoga blognya tambah ramai
      dan iklannya tambah Banyak gan



      =======>>> Trima Kasih Gan

      Hapus
    3. tp jgn kaget, di beberapa daerah, ikan bisa tau itu pancingan, cara kibulin nya, pake kenur pancing nya yg tipis, dan sewarna dgn air.

      Hapus
  2. ampun deh mancing ikan patin liar, ikan patin tak mau makan pancing, jika anda mau mancing patin harus masang umpan pada mata pancing biar patin mau makan umpan pancing dan patin tersangkut di mata pancing. saya sering dapat patin dengan umpan : buah yukum, lemet singkong bumbu kunyit dsn bswang putih, ganggeng, pisang mengkel, kulit kelapa sawit yang sudah sangat tua (warna merah dan lunak) anda tinggal pilih.
    lain lagi mancing nila, sangat mudah. umpan bakso dan buah dingin, tinggalberkedip dan nila bisa diajak pulang.......haaaaaaaa haaaaaa
    jika anda tertawa saya ikut bahagia. tambah panjang umuuuuur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mau tanya buah yukum dan buah dingin apa ya?

      Hapus
  3. mantap... tu...
    pakai lempeng tepung dan tempe juga bisa buat mancing patin sungai yg liar..
    saya sudah membuktikanya

    BalasHapus
  4. sahabat mancing mania,, yang paling efisien adalah
    menggunakan Umpan Pisang Raja. dan Pisang Hijau,,,
    behhhh,,, mantap gan,, 100% dapet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Mas Faqih wahas cara ngaitkan umpan pisang ke mata pancingnya gimana biar gak lepas, kan pisang tuh lembek makasih



      Hapus
    2. Mancing PaTin pake BuTin pasti datang .......

      Hapus
  5. saya slalu strike ikan patin memamakai umpan tumbleg mun cek urang sunda tea mah...hasil'y memuaskn...bgus...cara'y bkin tumbleg itu...pke sagu yg brmrek sagu tani,.trus pewarna ku wrna mrah..d aduk dngan air satu gelas,udah ter aduk msukan k dlam plastik prpatan..lalu anget kn k atas panci yg brisi air pnas...

    BalasHapus
  6. Sudah di coba tpi tetap saja gagal gak mau makan saya juga bingung itu ikan segitu banyaknya pada ga mau nyambar umpannya malah pada ngeledek pada nimbul ke atas air

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan... sampe puyeng....historynya gak geser sama yang aku alamai.

      Hapus
  7. Mncing patin th kudu sbr biar byk ikan yg nenggak blm tntu dia mkn. Cz faktor air jga brpengaruh trhadap nafsu mkn si ikan pa
    tin

    BalasHapus
  8. Mancing patin tu emang susah..brbagai umpan ku coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kumpulin ikan nya yg susah, mancing nya ga susah. biasa nya harus pake BOM dl, alias penarik ikan, atau rumpon. kl di keramba, biasa saya pakai pellet di taruh di jala ikan ( yg buat ambil ikan di aquarium) di remdam sedalam 2 mtr di spot mancing pilihan saya.

      Hapus
  9. uink mah ku cacing kalung nu sagede curuk budak teu weuleh we nyamer juh kilo paling letik sakali ngangkat...

    BalasHapus
  10. Kunjungan Malam, sambil baca baca disini...

    BalasHapus
  11. mancing patin pake jembut warna merah aja =))

    BalasHapus
  12. joss ulasannya om eko,manstabbb...

    BalasHapus
  13. wuiihh mantaps gans, salam mancing mania.. sedikit berbagi juga gan saat mancing di situ http://santaiarea.blogspot.com/2014/07/tips-mancing-di-waduk-gajah-mungkur.html

    BalasHapus
  14. patin byk nya nyambar umpan malam, antara jam 10 sampai jam 2 pagi. kl ikan nya byk nyumbul, susah nyambar umpan. saya biasa mancing di keramba di jatiluhur. tips nya cari tmpt agak gelap, ga byk gerak, soal nya patin ckp sensitif dgn keberadaan sekitar. mancing nya plg byk 2 org aja, sendiri lbh bgs. umpan bebas, kl emg ada ikan nya, jempol kaki jg disambar....... hehehe.....

    BalasHapus
  15. buat yg doyan mancing, penasaran sama mancing, pgn coba mancing di keramba, blh kontak saya di g4nd3n45@gmail.com

    BalasHapus
  16. mantap gan, mampir back gan bikin iklan gratis http://www.bursapancing.web.id

    BalasHapus
  17. Salam kenal, aku dari malaysia, ingin berkongsi tips sikit, kalau ikan patin ni dia suka main dasar, kalau pakai pelampung memang susah nak makan, aku selalu dapat patin pakai umpan , dedak ayam, roti kosong yg dicampur perisa pandan atau strawberri sebab ikan patin diet dia ialah buah buahan yg manis, ingat ye, perisa bukan pewarna, perisa2 itu korang boleh beli di kedai buat kek atau kue, lagi kuat baunya lagi bagus, pakai mata bomb, di spring pakai dedak, di mata kail baru pakai roti kosong yg sudah digaul dgn perasa td, kalau salah tolong betulkan :) selamat mencuba, »rotinya dipotong petak2 kecil2 biar senang cucuk ke mata kail.

    BalasHapus