Banda Aceh Fishing Tournament

A.PENDAHULUAN

Kota Banda Aceh adalah salah satu kota sekaligus ibu kota Aceh, Indonesia. Dahulu kota ini bernama Kutaraja, kemudian sejak 28 Desember 1962 namanya diganti menjadi Banda Aceh. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat segala kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya.

Kota yang telah berumur 802 tahun ini - berdasarkan Peraturan Daerah Aceh Nomor 5 Tahun 1988, tanggal 22 april 1205 ditetapkan sebagai tanggal keberadaan kota tersebut.Konon Cheng Ho pernah singgah di Banda Aceh dalam ekspedisi pertamanya setelah singgah di Palembang. Pada tanggal 26 Desember 2004, kota ini dilanda gelombang pasang tsunami yang diakibatkan oleh gempa 9,2 Skala Richter di Samudera Indonesia. Bencana ini menelan ratusan ribu jiwa penduduk dan menghancurkan lebih dari 60% bangunan kota ini.

Pasca tsunami, Aceh mulai mempersiapkan berharap hal untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Banda Aceh, untuk mencapai itu Banda Aceh bekerjasama dengan Aceh Besar dan Sabang (Basajan).
Posisi Banda Aceh yang berhadapan dengan laut Samudera Indonesia dan Selat Malaka, maka potensi perairan laut sangat besar sehingga sangat menarik para wisatawan minat khusus seperti para pemancing mania dan penyelam untuk mengunjungi dan melaksanakan hobinya di lokasi wisata tersebut.
Untuk itu dalam rangka pengembangan Destinasi Unggulan (Wisata Bahari) secara menyeluruh dimana masyarakat pesisir / nelayan, perlu dilibatkan dalam pengembangan kepariwisataan, yang tidak hanya ditempuh melalui penyusunan strategi dan pengembangan wisata bahari yang efektif dan efisien tetapi melalui penyelenggaraan event – event tetap di daerah objek wisata sehingga dapat menumbuhkembangkan kesadaran, kepedulian dan rasa cinta bahari kepada masyarakat yang ikut terlibat secara langsung dalam kegiatan tersebut.
Dengan dicanangkannya “Visit Banda Aceh Year 2011” Oleh Menteri Kebudayaan dan pariwisata RI,maka untuk Tahun 2011, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banda Aceh bekerjasama dengan Komunitas pemancing fishyforum.com, Tabloid Berita Mancing serta Para Sponsor, merencanakan untuk menyelenggarakan Turnamen Mancing Internasional, dengan nama : “BANDA ACEH FISHING TOURNAMENT”, yang memperebutkan Piala Wali Kota Banda Aceh dalam rangka mengembangankan Wisata Bahari dan mensukseskan Visit Indonesia Banda Aceh Year 2011.

B.PENJELASAN TURNAMEN

Banda Aceh Fishing Tournament merupakan turnamen mancing yang di laksanakan di perairan Aceh dengan batas-batas akan dilampirkan dalam peta area turnamen. Kategori hadiah dan besar hadiahnya, berupa Piala, Piagam dan Uang Tunai disediakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh.
Selain turnamen Banda Aceh Fishing Tournament diselenggarakan juga lomba Mancing ditanggul Pantai Ulee Lheu dengan nama “Banda Aceh Surf casting Tournament” yang bisa diikuti oleh masyarakat Aceh. Kegiatan ini akan kami dibukukan dalam rekor Muri dan aturan lomba akan diatur tersendiri.

CKETENTUAN dan PERATURAN TURNAMEN

a)TATA CARA MANCING
Peserta dibebaskan memilih cara mancing yang dipergunakan Trolling, drifting, jigging, casting, popping maupun mancing dasar secara hand line.

b) PIRANTI MANCING
•Pengunaan piranti / peralatan mancing dibebaskan, baik jumlah maupun ukurannya..
•Peserta bebas memakai piranti seperti joran (rod) dan penggulung Kenurnya (reel). Mancing secara Hand-Lining diperkenankan.
•Semua umpan dan piranti mancing wajib disediakan sendiri oleh peserta. Penggunaan umpan alami, umpan tiruan atau kombinasi diantara keduanya diperbolehkan. Dilarang mengunakan umpan berupa binatang mamalia dan reptil.
•Pada setiap klaim hasil mancing, pemancing wajib membawa ikan ke tempat penimbangan yang berada di basis turnamen.
•Pada setiap hasil mancing secara Catch & Release yang harus pula dibuktikan dengan rekaman camera, pemancing wajib membawa cameranya kemeja juri untuk membuktikan keabsahan hasil mancingnya. Juri berhak meminjam camera tersebut yang akan dikembalikan sebelum start mancing hari berikutnya. Ketidakjelasan dari rekaman akan menyebabkan hasil pancingan tidak diakui.

c)PESERTA TURNAMEN
•Peserta Turnamen diperhitungkan dengan dasar “TIM” dimana setiap Tim menggunakan kapal/perahu masing-masing.
•Jumlah pemancing dalam satu Tim maximum terdiri dari 4 (lima) pemancing dengan salah satu diantaranya menjabat selaku Ketua Tim.
•Tim Peserta wajib menggunakan Nama Tim dan beranggotakan pemancing yang sama sesuai dengan data awal pada Formulir Pendaftaran.
•Selama turnamen berlangsung kapal peserta dilarang membawa orang lain selain pemancing yang sudah terdaftar namanya kecuali pengamat atau dengan izin Ketua Juri.

d)SPESIES IKAN YANG DIPERTANDINGKAN
Adapun spesies ikan yang dipertandingkan adalah ikan kuwe, tenggiri, kurisi, kakap, tuna dan bilfish. Selain ikan tersebut tidak mendapat nilai.


e)KAPAL DAN PERLENGKAPANNYA

•Kapal peserta yang dipergunakan mengikuti turnamen wajib sudah laik laut dan juga memiliki Jaket Penyelamat sebanyak jumlah orang yang berada dikapal serta perlengkapan penyelamatan yang lain bila terjadi kecelakaan dilaut.
•Panitia tidak memeriksa keadaan dan perlengkapan kapal peserta dan tidak b
ertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi serta tidak dapat dituntut atas segala kerugian dalam bentuk apapun selama turnamen.
•Setiap hari turnamen kapal peserta harus berangkat dan kembali ke basis turnamen yang sudah ditentukan.
•Peralatan penting lainnya yang mutlak dibawa oleh setiap peserta turnamen adalah alat perekam gambar / kamera baik yang bergerak maupun tidak, berupa Video Camera Digital, dan atau Camera Digital yang akan dipakai untuk merekam peristiwa pada waktu dilakukan Catch & Release. Hasil Rekaman harus berisi Data Catatan Waktu /Time Stamp (tanggal, jam, menit) pada setiap gambar yang dihasilkan. Hasil rekaman yang sah harus bisa menunjukkan dengan jelas : Pemancingnya, Spesies Ikan dan situasi saat ikan sebelum dilepas kembali.
•Panitia akan membantu pengadaan sewa kapal bagi peserta yang tidak memiliki kapal sendiri dengan menyediakan daftar dari kapal-kapal yang bisa disewa disetiap lokasi Turnamen diselenggarakan.

f)BASIS DAN AREA TURNAMEN
Basis turnamen di dermaga Ulee Lheu (belakang kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwsata Banda Aceh.

Batas Area Turnamen yang tepat dan dilengkapi data koordinat akan diberikan oleh Panitia berupa Peta Area Mancing pada Rapat Tehnis Turnamen. .

g)KOMUNIKASI RADIO
•Panitia akan menempatkan seorang Pengamat (Observer) dari ORARI (Organisasi Radio Republik Indonesia) atau RAPI. pada setiap kapal peserta yang bertugas membantu penjurian dengan cara melakukan komunikasi Radio antara kapal peserta dengan Basis Turnamen.
•Setiap 3 jam Radio Kontrol Turnamen akan memanggil satu persatu kapal peserta untuk mengetahui posisi setiap peserta disaat itu.
•Peserta wajib melaporkan melalui radio setiap kali terjadinya peristiwa sambaran ikan (strike) hingga ikan berhasil didapatkan.
•Kapal Peserta tidak diperkenankan berangkat dari dermaga sebelum memuat seorang petugas Pengamat yang pada hari itu bertugas dikapalnya sesuai pengaturan Juri.
•Apabila terjadi gangguan komunikasi, Kapten Tim dan atau Kapten kapal diharuskan berusaha menghubungi kapal peserta lain yang terdekat untuk diminta bantuannya melaporkan kondisinya dan meneruskan laporan hasil mancingnya ke Basis Turnamen.

h)KEADAAN DARURAT
•Bila ada kapal yang mengirim signal darurat dengan kode May-Day …, May day atau SOS, yang berarti terjadi keadaan darurat yang mengancam jiwa dan kapal yang fatal, maka semua peserta diwajibkan untuk berhenti memancing dan segera memberikan pertolongan kepada kapal dan penumpang yang mengirim signal.
•Panitia bilamana merasa perlu karena alasan cuaca dan force majeure berhak menunda atau membatalkan turnamen apabila pihak berwenang menyatakan cuaca buruk dan membahayakan keselamatan para peserta.

i)DISKUALIFIKASI
•Melakukan cara mancing yang tidak sesuai dengan peraturan / ketentuan turnamen yang telah ditentukan dalam brosur turnamen ini.
•Peserta yang melakukan Catch & Release tidak bisa memberikan bukti rekaman hasil mancingnya kepada panitia atau bukti yang diserahkan ternyata tidak memenuhi syarat.
•Kapal yang datang terlambat di basis turnamen.
•Ikan dipancing dari luar Peta Area Mancing yang telah ditentukan.
• Peserta yang mendapat sanksi diskwalifikasi tidak berhak menuntut pengembalian biaya registrasi dan atau biaya lainnya ataupun menuntut ganti rugi dalam bentuk apapun.

j)PROTES
•Keputusan Dewan Juri mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.
•Bila terjadi beda pendapat dan perselisihan paham, setiap peserta dapat mengajukan protes secara tertulis kepada Ketua Juri melalui Formulir Protes disertai uang jaminan Rp. 200.000, yang akan dikembalikan bilamana protes tersebut bisa diterima, paling lambat 2 jam sebelum waktu turnamen berakhir disetiap basis serie turnamen dilangsungkan.

D.SISTIM PENILAIAN BAGI

Kelompok Billfish mendapat poin dari ikan-ikan yang berhasil di Catch & Release.

Kelompok Non-Billfish yaitu Tenggiri, Kakap, Kurisi ijo, wahu, tuna, Lemadang mendapat poin berdasarkan hasil penimbangan berat ikan yang diperoleh dengan bobot minimum 7 kg.

Apabila terdapat nilai yang sama, pemenangnya adalah Tim yang lebih awal menimbang di basis turnamen..

a.PENILAIAN BAGI KELOMPOK BILLFISH
•Nilai yang diberikan untuk Catch & Release kelompok Marlin adalah 100 (seratus) poin dan kelompok Layaran adalah 50 (limapuluh) poin tanpa memperhitungkan berat dari ikannya.

Peristiwa pelepasan ikan harus terekam camera, paling tidak harus terdapat gambar dari pemancingnya, spesies ikan dengan kail yang berada dimulut ikan, peristiwa ketika sedang melepaskan ikan dan kondisi ikan yang sudah dilepas dan masih hidup pada permukaan air

E.JUARA DAN HADIAH TURNAMEN
Besar Total Hadiah sebesar Rp 68 juta(Tergantung Pemda).
JUARA PERTAMA , merupakan tim yang berhasil mendapat ikan terberat dan tercepat (dari kategori spesies lomba) selama turnamen mendapat Piala , Piagam, Uang Tunai Rp 20 juta serta memegang Piala bergilir Wali ikota Banda Aceh.
JUARA KEDUA,adalah tim berhasil mendapat ikan speseis perlombaan yang kedua, mendapat Piala, Piagam dan Uang Tunai Rp 15 juta-
JUARA KETIGA adalh tim yang berhasil mendapat ikan spesies lomba terberat ketiga, mendapat Piala, Piagam dan Uang Tunai Rp 10 juta.-
•JUARA BILLFISH , poin tertinggi ikan Billfish mendapat Piagam dan Uang Tunai Rp 6.000.000,-
KAPTEN & KRU TERBAIK, adalah Kapten & Kru Kapal dari Juara I, mendapat Piagam dan Uang Tunai Rp 2.000.000,-
JUARA SPESIES Pertama adalah Tim yang memperoleh ikan terberat dari masing-masing 1 spesies utama kuwe, tenggiri, kurisi, kakap, tuna, mendapat Piala, Piagam dan Uang Tunai masing-masing sebesar Rp 2.000.000. sub total hadiah spesies Rp 10 juta
Juara Spesies Kedua adalah Tim yang memperoleh ikan terberat kedua dari masing-masing 1 spesies utama kuwe, tenggiri, kurisi, kakap, tuna, mendapat Piala, Piagam dan Uang Tunai masing-masing sebesar Rp 1.000.000. sub total juara spesies kedua Rp 5 juta

F. JADWAL TURNAMEN
•Jumat 22 April 2011
13.00 : Panitia dan Peserta Sholat di Masjid Raya Baiturahman
20.00 : Pengajian dan Doa bersama di basis turnamen sekaligus welcome dinner.
21.00 : Briefing Tournament

•Sabtu, 23 April 2011

09.00 : Start Mancing dibuka oleh Bapak (Pejabat setempat).
Minggu, 24 April 2011
12.00 : Batas akhir laporan hasil penimbangan. Lebih dari jam 12.00 panitia tidak terima ikan dari peserta.
12.00 – 13.00 : Rekapitulasi hasil lomba
13.00 – 14.00 : Penyerahan Hadiah
14..00 – 15.00 : Peserta luar kota Aceh persiapan ke Bandara.
15.00 – 15.30 : Tiba bandara
16.35 : Naik pesawat

G.PENDAFTARAN dan INFORMASI
Pendaftaran baru akan dianggap sah apabila telah mengisi formulir pendaftaran dengan disertai pembayaran uang pendaftaran.
Biaya Pendaftaran @ Rp. 1.000.000,- pertim.
Pendaftaran dan pembayaran untuk peserta ditutup tanggal 21 April 2011.

Tempat-tempat Pendaftaran :
1.Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh,
Jl Sultan Iskandar Muda Ulee Lheu, Banda Aceh.
Telepon Fax: 0651 – 24761.
Email: visit bandaaceh@yahoo.com
Contact person : Fami e Hp. 085260557755 atau email : fahmie_bna@yahoo.com

2.Kantor Tour and Travel
PT. Banda perdana Tour and Travel
Jl Panglima Polim No 75B
Tlp 0651 – 32325 Fax. : 0651 637686
Contak : Totok Julianto .

3. Redaksi Tabloid Berita Mancing
Jl Griya Bekasi Permai Blok G1 / no 3
Setu - Bekasi
Kontak : Marcus W Nugroho
Tlp : 021 - 90596182
Hp: 0821 1493 4423

H.AKOMODASI
Panitia melakukan kerjasama dengan hotel yang ada di lokasi basis turnamen

I.SEWA KAPAL
Foto beberapa Kapal Penangkap Ikan yang bisa disewa melalui Panitia
FOTO KAPAL HIU

Panitia dapat membantu sewa kapal untuk mengikuti turnamen berupa kapal kayu yang dimiliki oleh nelayan (kapal hiu) dengan ukuran panjang bervariasi sekitar 7 – 13 meter, lebar 2 – 3 meter, bermesin inboard Diesel Yanmar 24 atau 36 pk.

Biaya sewa kapal diberlakukan seragam yaitu sebesar atau berkisar antara Rp 3.000.000,- / serie turnamen selama 2 hari / lokasi. Sudah termasuk BBM solar sebanyak 100 (seratus) liter / hari.

Peserta wajib menyediakan sendiri segala peralatan untuk keperluan mancingnya yang dipasang dikapal seperti Penaruh Joran ( Rod Holder), Tiang penghela (Outrigger) dan lain sebagainya.

Mengingat keterbatasan jumlah kapal yang bisa disewa, maka kapal sewa akan diberikan sesuai urutan yang telah menyelesaikan prosedur pendaftaran dan pembayaran terlebih dahulu.

J.INFO PENERBANGAN
Peserta Turnamen dari luar daerah Aceh akan membutuhkan transportasi Pesawat Udara untuk datang dan atau kembali dari beberapa lokasi tempat turnamen dilangsungkan. Berikut Info mengenai Jadwal Penerbangan dari dan ke Banda Aceh . Klik masing-masing airline Garuda, Lion, Batavia

K.SEKRETARIAT TURNAMEN

Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh,
Jl Sultan Iskandar Muda Ulee Lheu, Banda Aceh.
Telepon Fax: 0651 – 24761.
Email: visit bandaaceh@yahoo.com
Contact person : Fami Hp. 085260557755 atau email : fahmie_bna@yahoo.

Hot Line : Direktur Turnamen : Bpk.Marcus Widi Nugroho ,
HP : 0821 1493 4423
Email : masmarkus@gmail.com

L.SUSUNAN KEPANITIAAN

Pelindung : Gubernur Aceh
Penasehat : 1. Walikota Banda Aceh
.
Ketua Pelaksana Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh
Reza Pahlevi

Bendahara : Sfat Disbudpar / WARGA ACEH

Direktur Turnamen : Marcus Widhi Nugroho
Wakil Direktur Turnamen : Fahmie
Sekretaris/ Juru catat : Marzuki Harahap

Ketua Juri / Koordinator : Adrianus Bratanata
Anggota juri : Fitra Jaya
Sumaryono

Sarana & Prasarana : Totok Julianto dan Verdiansyah
Koordinator Pengamat : Triaz + orang lokal
Koordnator juru timbang : Diyatno (bei) + panitia aceh
Koordinator Radio : Wawan Kurniawan + pantia aceh
Dokumentasi : Staf Disbubpar + panitia aceh
Medis : Puskesmas Ulee Lheu
Keamanan : Kapt. Agung

FORMULIR PENDAFTARAN
BANDA ACEH FISHING TOURNAMENT 2011
22 – 25 APRIL 2011

DATA PEMANCING
Nama Tim : ______________________
Pemancing 1 : (Ketua Tim) __________
Alamat : ________________________________
No. KTP : _________________________Email:___________________
Telephone : ____________________ Fax : ________________ HP : ________

Pemancing 2 : _________________________________________
ALamat : __________________________________________
No. KTP : _________________________Email:______________________
Telephone : ________________ Fax : ______________ HP : __________

Pemancing 3 : ________________
Alamat : _____________________________________
No. KTP : ___________________Email:___________________________
Telephone : ________________ Fax : _____________ HP : ________

Pemancing 4 : ___________________________________________
Alamat : ________________________________________________
No. KTP : _________________________Email:___________________
Telephone : ________ Fax : ________________ HP : ____________

PEMBAYARAN BIAYA PENDAFTARAN TURNAMEN
Biaya Pendaftaran (max 4 orang)/ TIM = Rp 1..000.000,-
Sewa kapal Turnamen Rp 1.500.000,-- x 2 Hari = Rp 3.000.000
Hotel yang perlu dipesan lewat panitia :

GRAND NANGRO 3 Hari x @Rp 300.000 x .... Room = Rp ……………….
TOTAL = Rp
Pembayaran telah dilakukan pada tanggal :
‪‪‬‬ •Tunai•Transfer Bank…………………………… Tanggal………

…………, tgl………………….

(………………………………..)Ketua Tim

Comments

comments

Comments are closed.