Lemadang Goyang Pancinger Senang

Entah darimana kami akan gambarkan ikan lemadang ini. Oke, Anda pernah nonton konser dang dut Inul Daratista? Saat Inul goyang semua penonton terhipnotis goyangannya. Decak kagum dengan pandangan mata terperangah... haah... luar biasa. Semua penonton senang. Seperti itulah bila lemadang datang. Lemadang goyang pancinger senang hehehe.
Bukan karena besarnya, bukan karena kuatnya menarik kenur pancinger, aksi yang sangat membahayakan dari ikan lemadang saat terpancing adalah loncatan akrobatiknya.
Saat dirinya merasa terpancing ikan lemadang akan meloncat setinggi-tingginyanya sambil berjempalitan bagaikan pemain sirklus. Melihat hal itu biasanya pancinger bisa terpana dan tersihir goyangan lemadang. Wow... fantastik dan membuat hati pancinger diliputi rasa senang. Jangan cepat terpana loncatan akrobatiknya, bila ingin menaklukkan ikan lemadang sebab cara inilah salah satu trik untuk melepaskan diri dari pancingan.
Entah sudah berapa kali Berita Mancing (BM) menyaksikan aksi lemadang ini, sejak pertama kali kami melihat langsung pada tahun 1990-an. Jujur saja saat itu kami sempat terpana. Takala strike hingga kami berhasil menghajarnya mendekati kapal, “si cantik” lemadang terus bergoyang membuat loncatan demi loncatan. Persis goyang ngebornya Inul ha...ha...ha.Ckckckck... decak kagum terlontar dari mulut kami. “Woow ...keren banget,” . Fantastik. Itulah kesan pertama ketika melihat si lemadang meloncat di atas permukaan air. Gara-gara terpana hingga kami lupa mengabadikan moment si cantik lemadang dengan kamera. Pada trip mancing selanjutnya kami tidak ingin kecolongan, baik dalam bertarung maupun mengabadikan moment cantik dari lemadang.
Ikan lemadang (Coryphaena hippurus) yang terkenal juga dengan nama mahi-mahi, dorado atau pun dolphin fish merupakan salah satu ikan yang digemari pancinger. Aksinya yang eksotik inilah yang ditunggu para pancinger. Padahal aksi goyang lemadang merupakan upaya melepaskan dirinya dari kail yang menancap mulutnya. Justru saat terpancing inilah lemadang marah. Ternyata kemarahan lemadang menjadi moment yang di tunggu pancinger. Pancinger dan lemadang akan duel maut. Pancinger disihirnya dengan loncatan atraktif, tak lama kemudian pancinger dibuatnya ngos-ngosan nafasnya.

Lemadang termasuk salah satu ikan pelagis yang menghuni lokasi-lokasi di laut lepas dengan kombinasi warna di sisi tubuhnya kuning keemasan dengan berwarna-warni hijau dan biru, dan perut mereka adalah putih dan kuning. Warna-warna ini dapat berubah dengan cepat, ketika ikan mati yaitu berubah warna menjadi keperakan dengan bintik-bintik biru di panggulnya.
Dalam rekor dunia dari IGFA untuk rekor dunia all tackle seberat 39,91 kg, tertangkap pada tahun 1998 di Exuma, Bahama. Untuk rekor nusantara spesies lemadang seberat 15 kg yang terpancing di Ujung kulon oleh Antonius Tandun. Ikan yang sering terpancing rata-rata 7-13 kg (15-29 lb) , dan apa bila mendapat ikan lemadang lebih dari 18 kg (40 lb) adalah luar biasa.


Ikan lemadang banyak ditemukan di perairan terbuka di seluruh dunia terutama di perairan tropis dan subtropis dengan kedalaman sampai 85 meter, tetapi biasanya banyak dijumpai di kedalaman 37 meter.
Makanan ikan lemadang yaitu cumi-cumi, zooplankton, krustasea ,dan juga ikan terbang (ikan indosiar). Ikan lemadang bertelur di dalam arus laut yang hangat sepanjang tahun. Ikan lemadang kecil banyak ditemukan di antara rumput laut. Ikan lemadang adalah spesies hidup yang relatif singkat, dengan masa hidup hanya empat atau lima tahun. Lemadang adalah salah satu ikan yang paling cepat berkembang, dengan waktu penggandaan populasi minimum di bawah 15 bulan.
Pada generasi dahulu ikan lemadang sengaja ditangkap dengan pancing rawai yang biasa digunakan untuk ikan tuna dan ikan marlin. Dagingnya yang putih dan enak takala dimasak, maka ikan ini banyak digemari oleh penikmat makanan seefood, sehingga mengakibatkan ikan ini dicari oleh nelayan baik komersial dan rekreasi.Ikan lemadang hidup berada di perbatasan air dangkal dan air dalam. Ikan lemadang juga senang berada dalam sampah pohon atau daun kering di tengah laut, atau sekitar rumput laut.***

Comments

comments

Comments are closed.